Kamis, 21 Agustus 2014

TANDA~TANDA HARI KIAMAT

Alhamdulillah, was~Sholatu was~Salamu ala` Rasulillah, wa ba`du;

Beriman terhadap hari akhir dan apa yang terkandung didalamnya dari pahala dan siksaan merupakan salah satu rukun islam dan pondasi agama islam, dan disana terdapat tanda tanda yang menunjukkan kedatangannya.

Allah Ta`ala berfirman, " Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang? ".(QS. Muhammad 18).

Nabi sallallahu alaihi wa sallam senantiasa mengagungkan perkara hari kiamat, jikalau menyebutkan tentang nya, wajah nabi sallallahu alaihi wa sallam senantiasa memerah, lantang suaranya, besar kemarahan nya, dan senantiasa mengulang ulang pemberitaan tentang nya.

Allah Ta`ala berfirman, " Telah dekat datangnya hari kiamat dan saat itu telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: "(Ini adalah) sihir yang terus menerus". Dan mereka mendutakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya.  Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka beberapa kisah yang di dalamnya terdapat cegahan (dari kekafiran). Itulah suatu hikmah yang sempurna maka peringatan-peringatan itu tidak berguna (bagi mereka).  Maka berpalinglah kamu dari mereka. (Ingatlah) hari (ketika) seorang penyeru (malaikat) menyeru kepada sesuatu yang tidak menyenangkan (hari pembalasan).  sambil menundukkan pandangan-pandangan mereka keluar dari kuburan seakan-akan mereka belalang yang beterbangan. Mereka datang dengan cepat kepada penyeru itu. Orang-orang kafir berkata: "Ini adalah hari yang berat". (QS. Al Qamar 1~8).

Jika salah satu tanda kiamat telah datang, maka segera akan menyusul kemudian tanda tanda yang lainnya.

Allah Ta`ala berfirman, " Dan kepunyaan Allah-lah segala apa yang tersembunyi di langit dan di bumi. Tidak adalah kejadian kiamat itu, melainkan seperti sekejap mata atau lebih cepat (lagi). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu ".(QS An Nahl 77).

Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Tanda~tanda hari kiamat sekiranya salah satu telah datang, maka lainnya segera akan menyusul secara cepat ".(HR. Muslim).

Diantara tanda datangnya hari kiamat adalah dengan diutus nya nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam, sebagai mana diriwayatkan bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Diutus nya Aku dan tegak nya hari kiamat semuanya berdekatan, hampir hampir mendahului ku ".

Terlebih dengan diwafatkan nya nabi sallallahu alaihi wa sallam yang telah menggemparkan para sahabat radhiyallahu`anhum dimata mereka.

Diantara tanda dekat nya hari kiamat adalah munculnya banyak fitnah, bercampur aduk nya antara hak dan bathil, lenyapnya imam seseorang dengan begitu cepat.
Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Sesungguhnya dihadapan tegak nya hari kiamat dijumpai banyak fitnah bak layak nya malam yang gelap gulita, di pagi hari seseorang dalam keadaan iman, di sore hari ia menjadi kafir, di sore hari ia dalam keadaan iman, dan di pagi hari ia menjadi kafir ".(HR. Ahmad).

Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Sesungguhnya umat ini diberikan limpahan keselamatan di masa pertama nya, dan akan menimpa di akhir umat ini bencana dan keburukan yang niscaya kalian tidak menyukainya, muncul suatu fitnah, yang akan menjadikan sebelumnya lebih ringan dengan yang setelah nya, muncul fitnah hingga seorang mukmin berkata: ini kebinasaan, itu kebinasaan, maka barang siapa yang berkehendak untuk dijauhkan dari api neraka dan di masukkan kedalam surga, maka hendaknya ketika ajal menjemput nya hendaknya ia dalam keadaan beriman kepada Allah dan hari akhir ".

Diantara tanda dekat nya hari kiamat adalah banyak terjadi gempa, gempa di barat dan gempa di jazirah arab, dan berbicara nya bintang buas, dan muncul nya bintang melata yang amat besar mampu berbicara dengan para manusia dan mengatakan bahwa banyak para manusia tidak beriman kepada ayat ayat Tuhannya, dan waktu menjadi berdekatan, satu tahun terasa satu bulan, satu bulan terasa satu pekan, satu pekan terasa satu hari, satu hari terasa seperti satu jam, dan banyak dijumpai wanita dan sedikit lelaki, hingga seorang lelaki dikitari lima puluh wanita, dan muncul ya`juj dan ma`juj.

Diriwayatkan dari Zainab binti Jahsin radhiyallahu`anha, bahwa Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam suatu hari masuk kerumah nya seraya berkata, " Lha ilaha illallahu, celaka bagi orang orang arab, keburukan akan segera menimpa mereka, telah terbuka lobang ya`juj dan ma`juj sebesar ini, beliau melingkar kan telunjuk dan ibu jari nya ".(HR. Bukhari dan Muslim).

Diantara tanda dekat nya hari kiamat adalah hilangnya ilmu dan merajalela nya kejahilan dan kebodohan, hingga manusia tidak mengetahui kewajiban kewajiban dalam agama islam.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Akan tergilas agama islam sebagai mana digilas nya baju dengan pewarna, hingga manusia tidak lagi mengetahui apa itu sholat, apa itu puasa dan apa itu sedekah, dan diangkat kitab Allah pada suatu malam hingga tidak tersisa satu ayat pun dimuka bumi, dan dijumpai sekelompok orang tua mengatakan: Kami menjumpai moyang kita mengatakan kalimat ini," Lha ilaha  illallahu ", kemudian kita mengucapkan nya ".(HR. Al~Hakim).

Diantara tanda dekat nya hari kiamat adalah diterjang nya perkara perkara yang di haramkan, diminum nya khomer, banyak perzinahan, sifat kikir dan bakhil merajalela, banyak pertumpahan darah dan pembunuhan, hingga orang yang dibunuh tidak mengetahui apa alasan dirinya di bunuh, dan si pembunuh tidak mengetahui apa alasan ia melakukan pembunuhan, bahkan banyak dijumpai kesyirikan dan umat ini bergabung dengan kaum musyrikin dan umat ini menyembah berhala.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Tidak akan tegak hari kiamat hingga umat ini bergabung dengan kaum musyrikin, dan kabilah~kabilah dari umat ku  menyembah berhala ". (HR. Tirmidzi).

Diantara tanda dekat nya hari kiamat adalah munculnya dajjal, setiap nabi telah memberikan peringatan kepada umatnya tentang kemunculan dajjal, bahkan nabi sallallahu alaihi wa sallam senantiasa berlindung kepada Allah tentang keberadaan dajjal, hingga para sahabat mengira ia telah muncul.

Diriwayatkan dari sahabat An~Nawwas ibnu Sam`an radhiyallahu`anhu berkata, " Kami mengira bahwa dajjal muncul di rerimbunan kebun kurma, kemudian nabi sallallahu alaihi wa sallam bertanya, " Apa yang sedang kalian lakukan?, maka para sahabat menjawab, wahai Rasulullah, Engkau menyebutkan dajjal dan seolah olah melihatnya, maka kami mengira dajjal berada di rerimbunan kebun kurma maka kita pun menengok nya, kemudian nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Bukan dajjal yang aku kawatirkan bagi kalian, jikalau ia muncul sedangkan aku berada di hadapan kalian maka aku yang akan melindungi kalian, dan sekiranya ia muncul sepeninggal diri ku, maka masing masing melindungi dirinya sendiri, dan Allah akan melindungi setiap muslim sepeninggal diri ku ".(HR. Muslim).

Dajjal akan muncul dari sebelah timur hingga manusia berlarian menuju gunung, dan ia akan berjalan mengelilingi bumi serta memasuki semua tempat kecuali makkah dan madinah, dikarenakan Allah Ta`ala telah mengharamkan untuk memasuki keduanya dan telah di jaga oleh para malaikat, setiap kali berusaha memasuki nya maka ia dihadang oleh malaikat yang membawa pedang menghardik dan mengusir nya, dan madinah diguncang tiga kali guncangan dan setiap munafik dan kafir akan keluar untuk mengikuti dajjal, dan kebanyakan pengikutnya adalah para wanita.

Sesungguhnya dajjal memiliki fitnah yang sangat luar biasa, ia memiliki dua sungai yang berisi air dan api.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam berpesan kepada umatnya, " Sekiranya kalian menjumpai nya maka hendaknya memilih sungai yang di dalamnya terlihat api, dan masuk kedalam nya dengan memejamkan mata sambil menunduk~nundukkan kepala nya dan meminum nya, Sesungguhnya sungai api tersebut adalah air yang menyejukkan ".(HR. Muslim).

Dan sebaliknya, Sesungguhnya apa yang terlihat sungai yang didalam nya air oleh para manusia merupakan api yang akan membakar orang yang memilih nya.

Allah Ta`ala menguji manusia dengan munculnya dajjal, diberikan bagi nya kemampuan yang luar biasa hingga menjadi fitnah bagi siapa saja yang bertemunya, mampu mematikan dan menghidupkan, menjadikan bumi subur dan mengering, memerintahkan langit agar hujan maka tur turunlah hujan, dan mengeluarkan harta karun dari dalam bumi serta aneka gemerlap dunia bagi yang mau mengikuti nya. Sedangkan manusia yang tidak mau mengikuti nya akan di berikan paceklik dan kering serta memberikan siksaan.

Dajjal mengitari bumi selama empat puluh hari, satu hari seperti satu tahun lamanya, satu hari berikutnya seperti satu bulan, satu hari berikutnya seperti satu pekan, dan hari hari selebihnya seperti hari hari bisa, ia mampu berjalan secepat hujan yang ditiup oleh angin.

Adapun sifatnya, ia adalah seorang yang tidak pernah dilahirkan, pemuda yang gempal badan nya, berkulit merah, berambut lebat, matanya buta sebelah seperti buah anggur yang pecah, tertulis di jidat antara kedua matanya tulisan :  "KAFIR ", terbaca oleh setiap orang yang mukmin.

Berkata imam As~Safariny rohimahullahu, " Sepantasnya seseorang yang memiliki ilmu agar mengajarkan hadits hadits yang mengkisahkan tentang dajjal kepada para anak, para lelaki dan wanita, terlebih dimasa sekarang ini yang begitu banyak dijumpai fitnah dan kerusakan ".

Benteng dari fitnah dajjal adalah berpegang teguh dengan agama islam dan menguatkan iman melalui mendalami asma` dan sifat Allah sebagai mana tercantum dalam kitab Allah dan Sunnah rasulullah sallallahu alaihi wa sallam, dikarenakan dajjal adalah makhluk seperti lainnya yang butuh makan dan minum dan memiliki mata yang buta sebelah, sedangkan Allah Ta`ala tersucikan dari sifat yang semisal itu, karena Allah tidak akan terlihat oleh manusia sebelum datang kematian, adapun dajjal, semua manusia melihatnya, baik yang mukminin dan yang kafir.

Diantara upaya untuk membentengi diri dari fitnah dajjal adalah memperbanyak membaca surat Al Kahfi.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi dan sepuluh ayat terakhir dari nya, ia akan terlindungi dari fitnah dajjal ".(HR. Muslim).

Jikalau dajjal muncul di akhir zaman, akan terjadi banyak fitnah dan sedikit yang selamat dari nya kecuali orang yang mukmin, dan disaat itulah Allah Ta`ala menurunkan nabi Isa ibnu Maryam di timur damaskus disisi manaroh baidho` yang telah di tunggu oleh kaum mukminin, sedangkan dajjal berjalan mengarah baitul makdis sehingga bertemu dengan nabi Isa di wilayah babul ludd di palestina, dan disaat bertemu maka dajjal akan meleleh sebagai mana meleleh nya garam di air, dan  nabi Isa berkata, " Aku akan menancapkan tombak ku dan engkau tidak akan bisa menghindari nya ", maka setelah terbunuh beserta para pengikutnya, selesai sudah fitnah besar tersebut, dan segala puji hanya milik Allah, sebelum dan sesudahnya.

Dimasa nabi Isa merupakan zaman yang aman dan tentram lagi damai penuh kenikmatan sehingga bumi kembali subur dan hujan senantiasa turun dan Allah memerintahkan bumi agar mengeluarkan segala barokah nya, hingga di kisah kan seekor sapi dan onta menghasilkan air susu yang mencukupi satu kabilah dari manusia, dan dunia penuh dengan keadilan dan keamanan hingga seekor singa berdampingan dengan onta, harimau dengan sapi, srigala hidup berdampingan dengan domba, dan anak anak kecil bermain dengan ular dan aman dari sengatan yang berbisa dari nya.

Setelah nabi Isa tinggal di muka bumi selama tujuh tahun maka Allah mengutus hembusan angin yang dingin dari arah negri syam hingga tidak meninggalkan seseorang dimuka bumi yang memiliki iman walaupun sekecil biji sawi melainkan akan tercabut nyawanya.

Dan akan tegak hari kiamat disaat manusia tidak lagi mengucapkan kalimat " Allah, Allah, " dan terbit matahari dari barat, kemudian setiap manusia yang melihat nya akan beriman semua nya, akan tetapi disaat itu iman tidak akan berguna dan bermanfaat bagi suatu jiwa.

Allah Ta`ala berfirman, "Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula)".(QS. Al An`am 158).

Dan tanda terakhir tegak nya hari kiamat adalah munculnya api yang sangat besar dari arah negri yaman, yang akan menggiring para manusia ke padang mahsyar.

Sungguh janji Allah pasti datang tidak ada keraguan pada nya, maka barang siapa yang ia lalai disaat diberikan kesempatan maka sungguh ia pasti menyesali selama lamanya, waktu tidak akan pernah kembali, catatan amalan telah di gulung, dan orang yang berbahagia adalah seorang yang telah mempersiapkan bekal nya pada hari kiamat.

Sebahagian salaf berkata, " Mengherankan....seseorang bersedih diwaktu hartanya berkurang...., namun ia tidak merasa sedih sedikit pun disaat umurnya telah berkurang...".

Muhammad ibnu Sirin rohimahullahu disaat ajal menjemput nya ia menangis, dan dikatakan kepada nya apa yang membuatnya menangis, maka ia berkata, " Aku menangis karena menyesali waktu luang telah lewat, sedangkan amalku sedikit, dan surga sangat mahal.....".

                   ~~~®~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar