Alhamdulillah, wassholatu wassalamu ala Rosulillah, wa ba'du;
Bulan Ramadhan merupakan bulan Al-Qur'an yang mana didalam nya diturunkan ayat ayat Al-Qur'an, sebagaimana firman Allah Ta'ala :
شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ ﴿١٨٥﴾
" (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Q.S. Al-Baqorah :185)
Para Salafus-Sholih rahimahumullah sangat bersemangat untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an pada saat bulan Ramadhan.
Diriwayatkan dari Ibrahim An-Nakh'i rahimahullah berkata : " Dahulu Al-Aswad ibnu Yazid senantiasa mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an pada bulan Ramadhan setiap dua hari sekali, dan ia hanya tidur antara magrib dan isya' . Adapun diluar bulan Ramadhan ia mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an setiap enam hari sekali ".
Diriwayatkan dari Abdul Malik ibnu Abi Sulaiman rahimahullah berkata, dari Said ibnu Jubair, bahwasanya ia senantiasa mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an setiap dua hari sekali ".
وقيل: كان الخليفة الوليد بن عبد الملك يختم في كل ثلاثٍ، وختم في رمضان سبع عشرة ختمة
Dikatakan : " Dahulu Kholifah Al-Walid ibnu Abdul Malik senantiasa mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an setiap tiga hari sekali, dan mengkhatamkan pada saat bulan Ramadhan sebanyak tujuh belas kali khatam ".
وقال مسبِّح بن سعيد: "كان محمد بن إسماعيل البخاري يختم في رمضان في النهار كل يوم ختمة، ويقوم بعد التراويح كل ثلاث ليالٍ بختمة".
Dan berkata Musabbih ibnu Said : " Dahulu Muhammad ibnu Ismail Al-Bukhari selalu mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an setiap siang hari bulan Ramadhan sekali khatam, dan kemudian setiap tiga malam setelah tarawih juga mengkhatamkan ".
Sesungguhnya kesempatan pada bulan Ramadhan tidak akan terulang, dan bulan ini adalah bulan Al-Qur'an, maka sepantas nya seorang muslim untuk memperbanyak tilawah Al-Qur'an Al-Karim, sebagaimana keadaan para Salafus-Sholih terdahulu yang sangat besar sekali perhatian terhadap Kitab Allah Ta'ala, sebagaimana pula Malaikat Jibril mengajarkan Al-Qur'an kepada Nabi Sallallahu alaihi wa sallam pada bulan Ramadhan, dan Sahabat Utsman ibn Affan senantiasa mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an setiap hari sekali, dan sebahagian Salaf setiap tiga malam mengkhatam kan, ada pula yang mengkhatamkan setiap tuju hari, sebahagian mengkhatamkan setiap sepuluh hari dan membaca Al-Qur'an pada waktu sholat dan diluar sholat.
كذلك كان للشافعي في رمضان ستون ختمة، يقرؤها في غير الصلاة.
وكان قتادة يختم في كل سبع دائمًا، وفي رمضان في كل
ثلاث، وفي العشر الأواخر في كل ليلة.
وكان الزهريُّ إذا دخل رمضان يفرُّ من قراءة الحديث، ومجالسة أهل العلم، ويُقبِل على تلاوة القرآن من المصحف.
وكان سفيان الثوري إذا دخل رمضان ترك جميع العبادة وأقبل على قراءة القرآن
Demikian pula Al-Imam As-Syafi'i senantiasa mengkhatam kan bacaan Al-Qur'an pada bulan Ramadhan sebanyak enam puluh kali khatam, membaca nya diluar waktu sholat.
Al-Imam Qotadah rahimahullah mengkhatamkan setiap tujuh hari sekali, dan dalam bulan Ramadhan mengkhatamkan setiap tiga hari sekali, dan jika memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ia mengkhatamkan setiap malam sekali.
Al-Imam Az-Zuhry rahimahullah jika telah datang bulan Ramadhan berhenti dari mengajarkan ilmu Hadits, dan menghentikan majlis ilmu, dan hanya fokus tilawah Al-Qur'an dari Mushaf .
Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah jika telah datang bulan Ramadhan maka menghentikan segala bentuk ibadah, dan hanya fokus untuk membaca Al-Qur'an.
قال ابن رجب الحنبلي: "إنما ورد النهي عن قراءة القرآن في أقل من ثلاثٍ على المداومة على ذلك، فأما في الأوقات المفضَّلة كشهر رمضان، والأماكن المفضلة كمكة لمن دخلها من غير أهلها، فيستحبُّ الإكثار فيها من تلاوة القرآن؛ اغتنامًا لفضيلة الزمان والمكان، وهو قول أحمد وإسحاق وغيرهما من الأئمة، وعليه يدل عمل غيرهم، كما سبق"
Al-Imam Ibnu Rojab Al-Hambali rahimahullah berkata : " Adapun larangan untuk mengkhatamkan Al-Qur'an kurang dari tiga hari, hal ini jika dilakukan terus menerus, adapun jika bertepatan dengan waktu yang memiliki kehususan seperti bulan Ramadhan, dan tempat-tempat khusus seperti Makkah, bagi orang-orang yang bukan penduduknya, maka dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an, dalam rangka menggunakan kesempatan berada di tempat dan waktu yang utama, dan ini merupakan pendapat Imam Ahmad dan Ishaq dan para Imam selainnya, dan sesuai dengan praktik amalan mereka sebagai mana terdahulu ".
رمضان شهر الذكر والعبادة وقراءة القرآن
كان الإمام أحمد يُغلِق الكتب ويقول: هذا شهر القرآن.
وكان الإمام مالك بن أنس لا يفتي ولا يدرِّس في رمضان، ويقول: هذا شهر القرآن.
Bulan Ramadhan merupakan bulan untuk berdzikir dan ibadah serta membaca Al-Qur'an.
Imam Ahmad dahulu (jika memasuki bulan ramadan) maka menutup semua kitab kitab (yang ia ajarkan kepada para murid murid) dan seraya berkata : " Ini merupakan bulan khusus Al-Qur'an".
Dahulu Imam Ma'lik ibnu Anas tidak memberikan fatwa dan tidak mengajarkan (ilmu) jika telah memasuki bulan Ramadhan, seraya berkata (kepada para murid-murid nya) : " Ini adalah bulan khusus untuk Al-Qur'an ".
وقد احتضر أحد السلف، فجلس أبناؤه يبكون، فقال لهم: لا تبكوا؛ فوالله لقد كنتُ أختم في رمضان في هذا المسجد عند كل سارية 10 مرات.
Sebahagian dari Salaf menjumpai sakaratul maut, dan ditunggu oleh para putra putra nya dengan menangis, maka ia pun berkata kepada para putra nya : " Janganlah kalian menangis, demi Allah, aku telah mengkhatamkan Al-Qur'an di masjid ini pada setiap tiang yang berdiri sebanyak sepuluh khataman pada bulan Ramadhan ".
Dan dalam masjid tersebut terdapat empat tiang penyangga, sehingga ia telah membaca dengan khatam sebanyak empat puluh kali pada bulan Ramadhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar