Rabu, 07 Agustus 2024

SYARAH USHUL AS-SUNNAH IMAM AL-HUMAIDY RAHIMAHULLAH TA'ALA





شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى

SYARAH USHUL AS-SUNNAH
LIL IMAM AL-HUMAIDY rahimahullah
(bagian 01)

Dijelaskan oleh Fadhilah Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaily hafizhahullah


Oleh: Ustadz Abu Usaid Zaki Rahmawan hafizhahullah Ta'ala. 

بسم الله الرحمن الرحيم 
الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم وبارك على عبده ورسوله محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam Semoga shalawat dan salam tercurah kepada hamba-Nya dan Rasul-Nya, Muhammad Dan juga kepada keluarganya dan seluruh sahabatnya

أما بعد، نحمد الله إليكم أن جمعنا في هذا اللقاء الطيب المبارك في رحاب هذا المسجد، مسجد الإمام البخاري، في لحظات معهد الإمام البخاري رحمه الله، ونسأل الله عز وجل أن يرزقنا وإياكم الإخلاص في القول والعمل وأن يثبت قلوبنا على طاعته.

Selanjutnya, kami memuji Allah karena mengumpulkan kita dalam pertemuan yang baik dan diberkati ini di lingkungan masjid ini, Masjid Imam Al-Bukhari, dalam momen-momen di Ma’had Imam Al-Bukhari, semoga Allah merahmatinya. Kami memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa untuk memberikan kami dan kalian keikhlasan dalam perkataan dan perbuatan, serta meneguhkan hati kami untuk taat kepada-Nya.

فنشكر الله على هذه النعم الغامرة التي منّ بها علينا معشر المسلمين إذ هدانا وأرشدنا وأقبل بقلوبنا على الإيمان به وطاعته وهذه النعمة العظمى قد لا يستحضرها كثير من الناس، ولكن لو تأملنا الحديث الذي جاء في الصحيحين أن النبي صلى الله عليه وسلم لما ذكر الجنة وأهل النار قال إن أهل الجنة في أهل النار كشعرة بيضاء في ثور أسود، أو كشعرة سوداء في ثور أبيض، أو كما قال عليه الصلاة والسلام. فهذه النسبة تجاوزت النسب المعروفة التي تسمى بالنسب المئوية، وهي أن تكون النسبة من مئة، واحد في المئة، أو اثنان في المئة، أو أقل أو أكثر. هذه لا تقاوم نسبة واحد إلى مئات الملايين، فهذه هي نسبة الإيمان في أهل الكفر. الإنسان قبل أن يُخلق، لو أنه قيل إنه سيكون خلق نسبة فيهم كشعرة بيضاء في ثور أسود، لربما يئس عامة الناس أن يكون هو هذا الناجي. ولكن لما استشعرنا منة الله علينا، وأن هدانا للإسلام وأرشدنا إليه وحببه لنا وزينه في قلوبنا، نأمل من الكريم كما هدانا للإسلام أن يثبتنا عليه، وأن نكون إن شاء الله من أهل النجاة.

Kita bersyukur kepada Allah atas nikmat yang melimpah yang telah diberikan-Nya kepada kita kaum Muslimin Karena telah memberikan petunjuk dan bimbingan serta mendekatkan hati kita kepada iman dan ketaatan kepada-Nya Nikmat yang agung ini mungkin tidak disadari oleh banyak orang, namun jika kita merenungkan hadits yang terdapat dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim bahwa Nabi Muhammad ﷺ  ketika menyebut surga dan penghuni neraka, beliau berkata bahwa penghuni surga di antara penghuni neraka bagaikan rambut putih pada lembu hitam, atau rambut hitam pada lembu putih, atau seperti yang dikatakan beliau. Perbandingan ini melampaui perbandingan yang dikenal sebagai persentase, yaitu perbandingan dari seratus, satu persen, atau dua persen, atau kurang atau lebih. Ini tidak sebanding dengan perbandingan satu dibanding ratusan juta, inilah perbandingan iman di antara orang kafir. Manusia sebelum diciptakan, jika dikatakan bahwa dia akan menjadi bagian dari perbandingan seperti rambut putih pada lembu hitam, mungkin kebanyakan orang akan putus asa untuk menjadi orang yang selamat. Namun ketika kita menyadari nikmat Allah kepada kita, bahwa Dia memberi kita petunjuk kepada Islam dan mencintainya serta memperindahnya di hati kita, kita berharap kepada Yang Maha Pemurah sebagaimana Dia memberi kita petunjuk kepada Islam agar meneguhkan kita padanya, dan semoga kita termasuk orang-orang yang selamat.

وظننا بربنا أنه ما أنقذنا من الشرك والكفر ليعيدنا فيه. علينا أن نحمد الله على هذه النعمة، أن هدانا لهذا الدين العظيم، وللأمل بكتابه الكريم، واتباع سنة نبيه صلى الله عليه وسلم، النبي المصطفى الذي اصطفاه الله على سائر الخلق، وجعله سيد المرسلين.

Dan kita meyakini bahwa Allah kita tidak menyelamatkan kita dari syirik dan kekufuran untuk mengembalikan kita padanya. Kita harus bersyukur kepada Allah atas nikmat ini, karena Dia memberi kita petunjuk kepada agama yang agung ini, dan untuk berharap pada kitab-Nya yang mulia, serta mengikuti sunnah nabi-Nya, Nabi yang terpilih yang Allah pilih di atas seluruh makhluk, dan menjadikannya pemimpin para rasul.

ثم الشكر بعد ذلك لمعهد الإمام البخاري، وعلى رأسه فضيلة مدير المعهد الشيخ أحمس الفائز على هذه الجهود الطيبة المباركة في إدارة هذا المعهد والعناية به. وكلما خدمت إلى المعهد، مع أن قدومي متتالي، وفي هذه المرة لم يمض إلا أشهر على الزيارة السابقة، نجد تطورًا جديدًا في هذا المجال. فنسأل الله عز وجل أن يجزيه والإخوة العاملين في المعهد خيرًا على ما يقدمون ويبذلون للإسلام. كما أشكرهم شكرًا خاصًا على إتاحة هذه الفرصة للالتقاء بالمشايخ المدرسين في هذا المعهد والخريجين في هذه الدورة التي نسأل الله تبارك وتعالى أن تكون مفيدة ومحققة لغرضها من التفقه في العلم وتدارسه بين طلاب العلم.

Kemudian ucapan terima kasih kepada Ma’had Imam al-Bukhari, khususnya kepada direktur Ma’had, Syaikh Ahmas Al-Faiz, atas upaya baik dan berkah dalam mengelola ma’had ini dan merawatnya. Setiap kali saya datang ke ma’had ini, meskipun kunjungan saya berulang, kali ini baru beberapa bulan sejak kunjungan sebelumnya, kami melihat perkembangan baru di pengelolaan ma’had ini. Kami berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa untuk membalas beliau dan saudara-saudara yang bekerja di ma’had ini dengan kebaikan atas apa yang mereka berikan dan lakukan untuk Islam. Saya juga mengucapkan terima kasih khusus kepada mereka atas kesempatan ini untuk bertemu dengan para syaikh pengajar di ma’had  ini dan para lulusan dalam daurah ini, yang kami mohon kepada Allah Yang Maha Suci dan Maha Tinggi agar bermanfaat dan mencapai tujuannya dalam mempelajari ilmu dan mengkajinya di antara para pelajar penuntut ilmu.

أيها الإخوة، العلم الشرعي هو مصدر الهداية والتوفيق، وهو طريق الاستقامة، وهو سبب النجاة. فمن أخذه أخذ حظًا واسعًا، كما جاء في حديث أبي الدرداء أن الأنبياء لم يورثوا دينارًا ولا درهمًا، وإنما ورثوا العلم، فمن أخذه أخذ بحظ وافر. وقد جاء في حديث معاوية رضي الله عنه في الصحيحين أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "من يرد الله به خيرًا يفقهه في الدين". 

Saudara-saudaraku, ilmu syar'i adalah sumber petunjuk dan keberhasilan, ia adalah jalan lurus, dan ia adalah sebab keselamatan. Barang siapa yang mendapatkannya, ia mendapat bagian yang besar, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Abu Darda bahwa para nabi tidak mewariskan dinar atau dirham, tetapi mereka mewariskan ilmu, barang siapa yang mengambilnya, ia mengambil bagian yang besar. Dalam hadits Muawiyah radhiyallahu anhu yang terdapat dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim, Nabi ﷺ bersabda: "Barang siapa yang dikehendaki Allah kebaikan baginya, Dia memahamkannya dalam agama". (HR. Al-Bukhari no. 3116 dan Muslim no. 1037)

قال ابن تيمية رحمه الله: "ومفهوم المخالفة أن من لم يفقهه الله في الدين لم يرد به خيرًا". وهذا ظاهر، فإن من لم يفقه في الدين قد يمضي الساعات الطوال في عبادة فترد لعدم موافقتها للمتابعة وللسنة، بل قد يمضي عمره وهو يظن أنه على هدى وهو على سبيل ضلالة. كما قال الله عز وجل: " ﴿الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا﴾ "؛ هذا أخطر ما يكون. إذا كان الإنسان يعرف أنه على خطأ يرجع ويتوب، ولكن الطامة الكبرى والبلية العظمى أن يكون على ضلال وهو لا يدري. 

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: "Dan pemahaman sebaliknya adalah bahwa barang siapa yang tidak dipahamkan Allah dalam agama, Dia tidak menghendaki kebaikan baginya". Ini jelas, karena barang siapa yang tidak memahami agama, dia bisa menghabiskan waktu yang lama dalam ibadah, namun ditolak karena tidak sesuai dengan tuntunan dan as-sunnah, bahkan dia bisa menghabiskan hidupnya dengan mengira bahwa dia berada dalam petunjuk, padahal dia dalam kesesatan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala: " Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” [QS. Al-Kahfi 104]
Ini adalah hal yang paling berbahaya, yaitu Jika seseorang tahu bahwa dia dalam kesalahan, dia bisa kembali dan bertobat, tetapi malapetaka dan bencana terbesar adalah dia berada dalam kesesatan dan dia tidak mengetahuinya.

وهذا لا يمكن أن يعرف بالعقل أو بتقليد الناس أو تزيين النفس من الرغبة في هذا الأمر وعدم الرغبة في ذاك، وإنما يكون هذا بأن يزن المسلم نفسه بميزان الشرع. ميزان الشرع لا يمكن أن يُوظف إلا بالعلم به، وأن تعرض ما لك من الأعمال الظاهرة والباطنة على الشرع. فما وافق الشرع مع أداءه على الإخلاص فهو مقبول، وما خالف الشرع فهو مردود، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم من حديث عائشة في الصحيحين: "من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد".

Ini tidak dapat diketahui dengan akal atau hanya taqlid meniru orang lain atau menghias diri dari keinginan dalam hal ini (karena sesuai selera) dan tidak ingin dalam hal itu (tidak sesuai selera), tetapi ini terjadi dengan menimbang diri dengan timbangan syariat. Timbangan syariat tidak dapat digunakan kecuali dengan ilmu tentangnya, dan Anda mengajukan apa yang Anda miliki dari perbuatan lahir dan batin pada syariat. Apa yang sesuai dengan syariat dengan keikhlasan, itu diterima, dan apa yang bertentangan dengan syariat, itu ditolak, sebagaimana yang dikatakan Nabi ﷺ dalam hadits Aisyah radhialahu’anha dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim: "Barang siapa yang membuat-buat dalam urusan kami ini sesuatu yang bukan darinya, maka itu tertolak". (HR. Al-Bukhari no. 2697 dan Muslim no. 1718)
 
===bersambung ----




شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى



جاء رجل في زمن النبي صلى الله عليه وسلم على النبي صلى الله عليه وسلم، ثم تنحى إلى ناحية في المسجد وصلى، والنبي صلى الله عليه وسلم يرقب صلاته. فلما جاء وسلم قال له النبي صلى الله عليه وسلم: "ارجع فصلِّ فإنك لم تصلِّ"، فأعادها مرارًا، الرجل يعيد الصلاة حتى قال: "والذي بعثك بالحق لا أحسن غيره فعلمني"، فتعلمه الصلاة. 

Pada zaman Nabi Muhammad ﷺ, datang seorang pria menemui Nabi ﷺ , lalu dia menyendiri di suatu sudut di masjid dan shalat, sementara Nabi ﷺ  mengamati shalatnya. Ketika pria tersebut kembali dan memberi salam, Nabi ﷺ  berkata kepadanya, "Kembalilah dan shalatlah lagi, karena engkau belum shalat." Pria tersebut mengulang shalatnya berkali-kali, sampai akhirnya berkata, "Demi Allah yang mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak bisa melakukan lebih baik dari ini, maka ajarilah aku." Maka Nabi ﷺ  mengajarinya cara shalat yang benar.


وهذا الحديث يعرف عند العلماء بحديث المسيء في صلاته. فنقول هذه عبرة لنا دائمًا، هذا الحديث فيه عبرة وموعظة.
إن الرجل يوم القيامة قد يقال له: "لم لم تزكِّ؟ لم لم تصم؟ لم لم تتصدق؟ لم لم تحج؟". فالنبي صلى الله عليه وسلم مُبلِّغ عن الله، قال له: "لم تصلِّ"، لم يقل صلاتك غير صحيحة، فنفى الاسم والحكم عن هذه الصلاة. يعني لم يسمها صلاة أصلاً، قال: "صلِّ فإنك لم تصلِّ"، لم يقل صلاتك ناقصة، لم يقل صلاتك فيها خلل، لم يسمها صلاة، "صلِّ فإنك لم تصلِّ"، كالذي لم يشرع في الصلاة أصلاً. وهذا دليل على أن هذه العبادات التي يؤديها الناس قد تكون من هذا القبيل، الذي يقال لصاحبه يوم القيامة: "لم تصلِّ، لم تزكِّ، لم تصم، لم تحج". النبي صلى الله عليه وسلم الرحيم الشفيق بهذه الأمة أن ينصح. والآن قبض النبي صلى الله عليه وسلم، وقلَّ الناصح إلا من رحم الله. فقد تصلي ويراك العلماء ولا ينبهونك إلى خطأ. فالعاقل يتسلح بسلاح العلم ولا يبقى تائهًا ينتظر أن يُوجَّه أو يُقال له: "إنك لم تصلِّ، أو لم تصم". 

Hadits ini dikenal oleh para ulama sebagai hadits tentang orang yang salah dalam shalatnya. Kita mengatakan bahwa hadits ini adalah pelajaran bagi kita semua, karena hadits ini mengandung pelajaran dan nasihat.
Pada hari kiamat nanti, seseorang bisa saja ditanya, "Mengapa kamu tidak membayar zakat? Mengapa kamu tidak berpuasa? Mengapa kamu tidak bersedekah? Mengapa kamu tidak berhaji?" Nabi ﷺ  sebagai penyampai dari Allah berkata kepadanya, "Mengapa kamu tidak shalat," bukan mengatakan shalatmu tidak sah, melainkan menafikan nama dan hukum dari shalat tersebut. Artinya, dia tidak menyebutnya sebagai shalat sama sekali, dia berkata, "Shalatlah karena kamu belum shalat," bukan mengatakan shalatmu kurang atau shalatmu ada cacatnya. Nabi ﷺ  tidak menyebutnya sebagai shalat, "Shalatlah karena kamu belum shalat," seperti seseorang yang belum memulai shalat sama sekali. Ini adalah bukti bahwa ibadah yang dilakukan oleh orang-orang bisa jadi termasuk dalam kategori ini, yang mana pada hari kiamat nanti dikatakan kepada pelakunya, "Kamu tidak shalat, tidak zakat, tidak puasa, tidak haji." Nabi ﷺ  yang penyayang dan penuh belas kasih terhadap umat ini memberikan nasihat. Dan sekarang Nabi ﷺ  telah wafat, dan jarang ada yang memberikan nasihat kecuali yang dirahmati oleh Allah. Mungkin saja kamu shalat dan dilihat oleh ulama, tetapi mereka tidak menegurmu atas kesalahanmu. Maka orang yang bijak membekali dirinya dengan ilmu dan tidak tetap bingung menunggu untuk diarahkan atau diberitahu, "Kamu belum shalat, atau belum puasa."

شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله يقول: "والذي استغنى بنفسه خير من الذي استغنى بغيره". إذا استغنيت في معرفتك لدينك بنفسك، خير من الذي يستفتي، لأنه قد يأتي عليك زمان لا تجد من تستفتي، ولربما استفتيت فوجدت خلافًا. فبأي قول تأخذ؟ ولهذا كان السلف يرون أن طلب العلم هو للنفس لا يُطلب العلم ليحدث به الناس. 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, "Dan orang yang mandiri dengan dirinya sendiri lebih baik daripada yang bergantung pada orang lain." Jika kamu mandiri dalam memahami agamamu, itu lebih baik daripada selalu meminta fatwa, karena bisa jadi datang waktu di mana kamu tidak menemukan orang untuk dimintai fatwa, dan mungkin saja kamu meminta fatwa tetapi mendapatkan perbedaan pendapat. Lalu pendapat mana yang kamu ambil? Oleh karena itu, salaf melihat bahwa mencari ilmu adalah untuk diri sendiri, bukan untuk menceritakan kepada orang lain.

الأصل في طلب العلم هو أن يتعلم لنفسه، كما قال مالك ابن دينار رحمه الله: "من تعلم العلم لنفسه فالقليل منه يكفي، ومن تعلمه لحاجات الناس فإن حاجات الناس لا تنتهي". لكن إذا حصل العلم فإنه ينفع إخوانه، يدعو إلى الخير ويوجه المسلمين إلى السنة والعمل بها.

Dasar dalam menuntut ilmu adalah belajar untuk dirinya sendiri, sebagaimana yang dikatakan oleh Malik bin Dinar rahimahullah: "Barang siapa yang belajar ilmu untuk dirinya sendiri maka sedikit darinya cukup, dan barang siapa yang belajar untuk kebutuhan orang lain maka kebutuhan orang tidak akan pernah berakhir." Namun jika ilmu telah didapatkan, maka ilmu tersebut akan bermanfaat bagi saudara-saudaranya, dia mengajak kepada kebaikan dan mengarahkan umat Islam kepada as-sunnah dan mengamalkannya.

فالمقصود هو شدة الحاجة إلى هذا العلم، وأن حاجتنا إلى العلم والفقه بالشرع أشد من حاجتنا إلى الطعام والشراب. لأن من فقد الطعام والشراب وهو مسلم ومات من الجوع أو العطش فهو في الجنة، مسلم مات عطشًا أو جوعًا. لكن من فقد العلم فقد السنة، فقد السنة رُدَّ عمله. 

Maksudnya adalah kebutuhan yang sangat mendesak terhadap ilmu ini, dan bahwa kebutuhan kita terhadap ilmu dan pemahaman syariat lebih besar dari kebutuhan kita terhadap makanan dan minuman. Karena barang siapa yang kehilangan makanan dan minuman sedangkan dia adalah seorang Muslim dan mati karena kelaparan atau kehausan, dia berada di surga, seorang Muslim yang mati karena kehausan atau kelaparan. Tetapi barang siapa yang kehilangan ilmu maka dia kehilangan sunnah, kehilangan sunnah berarti amalnya ditolak.

وبهذا يتأكد أهمية طلب العلم، والتفكر في شرع الله عز وجل الذي أنزله إلينا وخاطبنا به في الكتاب والسنة. ويضاف إلى هذين الأصلين إجماع علماء الأمة. إذا أجمعوا على أمر فهو حق. 

Dengan ini ditekankan pentingnya menuntut ilmu, dan merenungkan syariat Allah SWT yang diturunkan kepada kita dan berbicara kepada kita melalui kitab dan sunnah. Dan ditambahkan pada dua dasar ini adalah kesepakatan ulama umat. Jika mereka sepakat pada suatu perkara, maka itu adalah kebenaran.

والعلم الشرعي الممدوح ينقسم إلى قسمين: إلى علم من رب معبود، وإلى علم العبادة المشروعة. العلم الأول هو أشرف من العلم الثاني، وهو معرفة المسلم لربه تبارك وتعالى فيما أخبر الله به عن نفسه وأخبر عنه نبيه صلى الله عليه وسلم من الأسماء والصفات والأفعال وما يتنزه الله عنه من العيوب. 

Ilmu syar'i yang terpuji terbagi menjadi dua bagian: ilmu tentang Rabb yang disembah, dan ilmu tentang ibadah yang disyariatkan. Ilmu pertama lebih mulia dari ilmu kedua, yaitu pengetahuan seorang Muslim tentang Rabbnya Yang Maha Suci dan Maha Tinggi dalam hal apa yang diberitahukan Allah tentang diri-Nya dan diberitahukan oleh nabi-Nya ﷺ tentang nama-nama, sifat-sifat, dan perbuatan-perbuatan Allah serta apa yang disucikan oleh Allah dari segala kekurangan. 

وهذا العلم العزيز هو أنفع العلوم، وثمرته التوحيد. لأن من عرف ربه وحَّده وأخلص العبادة له. وما وُجد الشرك إلا للجهل بالله. فلو عرف الناس ربهم على ما جاء في الشرع، ولا أقول على الحقيقة، لأن معرفة الله على الحقيقة التي هو عليها من الكمال لا تحيط به القلوب ولا تدركه العقول، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم: "لا أُحصي ثناءً عليك".

Ilmu yang mulia ini adalah ilmu yang paling bermanfaat, dan buahnya adalah tauhid. Karena barang siapa yang mengenal Rabbnya maka dia akan mentauhidkan-Nya dan mengikhlaskan ibadah kepada-Nya. Dan tidak ada syirik kecuali karena kebodohan tentang Allah. Seandainya manusia mengenal Rabb mereka sesuai dengan yang datang dalam syariat, dan saya tidak mengatakan dengan hakikatnya, karena mengenal Allah dengan hakikat yang sebenarnya adalah kesempurnaan yang tidak dapat dijangkau oleh hati dan tidak dapat dicapai oleh akal, sebagaimana yang dikatakan oleh Nabi ﷺ: "Aku tidak dapat menghitung pujian kepada-Mu."

 لكن العلم الذي خُطبنا به هو معرفة الله بأسمائه وصفاته وأفعاله. فإن الناس لو عرفوا ربهم ما وُجد الشر، لأن مدخل الشرك وبابه الذي أغرى الشيطان اتباعه به هو الجهل بالله. لأن هؤلاء الذين يشركون يريدون نفع أنفسهم. 

Namun, ilmu yang disampaikan kepada kita adalah pengetahuan tentang Allah dengan nama-nama, sifat-sifat, dan perbuatan-Nya. Jika manusia mengenal Tuhan mereka, maka kejahatan tidak akan ada, karena pintu masuk dan jalan yang membuat setan menggoda pengikutnya adalah kebodohan tentang Allah. Karena orang-orang yang melakukan syirik ingin mendapatkan manfaat bagi diri mereka sendiri.

فهذا أصابه مرض، وهذا أصابه فقر، وهذا أصابته جائحة، يريدون أن يرفعوا هذا عن أنفسهم، فيلجؤون لمن؟ يقول قائلهم: "الأمور فعليكم بأصحاب القبور"، يعني اذهبوا إلى أهل القبور وادعوهم من دون الله. سبحان الله! أهل القبور هم فقراء في أنفسهم عن نفع أنفسهم. كما قال النبي صلى الله عليه وسلم: "إذا مات الميت انقطع عمله إلا من ثلاث". فهذا الميت هو فقير، ولهذا يوصي لأبنائه ويتخذ أوصياء على أبنائه القصر بعد موته. 

Jadi, ada yang tertimpa penyakit, ada yang mengalami kemiskinan, ada yang terkena bencana, mereka ingin menghilangkan hal ini dari diri mereka, maka mereka mencari kepada siapa? Ada yang mengatakan: "Masalah-masalah kalian, carilah orang-orang di kuburan," artinya pergilah ke kuburan dan berdoalah kepada mereka selain Allah. Maha Suci Allah! Orang-orang di kuburan itu sendiri adalah orang-orang yang tidak mampu membantu diri mereka sendiri.  Sebagaimana yang dikatakan oleh Nabi ﷺ : "Jika seseorang meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga hal." Jadi orang yang sudah mati itu sendiri adalah orang yang membutuhkan, oleh karena itu dia berwasiat untuk anak-anaknya dan menetapkan wasiat bagi anak-anaknya yang masih kecil setelah kematiannya.

فكيف يلجأ المسلمون إلى أهل القبور؟ يدعونهم من دون الله؟ هذا المعطل الذي أبطل صفات الله ما عرف ربه، إن الشيطان أملى عليه شبهة: "أنكم إن أثبتم الصفات فقد شبهتم الله بالمخلوقين". فقالوا: "إذا لا بد أن ننزه الله عن مشابهة المخلوقين"، فنفوا عن الله ما أثبت لنفسه، ونفوا عن الله ما أثبت له نبيه صلى الله عليه وسلم. 

Jadi bagaimana mungkin umat Islam mencari orang-orang di kuburan? Berdoa kepada mereka selain Allah? Orang yang mengingkari sifat-sifat Allah ini tidak mengenal Rabbnya, setan telah memasukkan syubhat kepadanya: "Jika kalian menetapkan sifat-sifat, maka kalian telah menyamakan Allah dengan makhluk." Maka mereka berkata: "Jika demikian, kita harus menyucikan Allah dari keserupaan dengan makhluk," maka mereka menafikan dari Allah apa yang telah ditetapkan-Nya untuk diri-Nya sendiri, dan menafikan dari Allah apa yang telah ditetapkan oleh Nabi-Nya ﷺ .


كيف تنزهون الله عما أخبر به عن نفسه؟ وأين التشبيه؟ أين التشبيه في إثبات الصفات لله عز وجل؟ هذا أمر تتركه العقول، إن اشتراك الموصوفين في صفات عامة وفي أسماء مشتركة لا يعني التشابه. فهل وجه الإنسان كوجه الجمل؟ وهل وجه الجمل كوجه القطة؟ وهل وجه القطة كوجه البقرة؟ كل هذه وجوه حقيقية، وهي متباينة. بل هؤلاء بنو آدم، وهم من جنس واحد، وجوههم مختلفة، تميز هذا عن هذا بوجهه. ملايين من البشر وجوههم لها خصائص مشتركة، ومع هذا بينهم تباين، فيتميز هذا عن هذا. وتميز وجه الإنسان عن وجه الجمل أعظم مباينة وأشد تمييزًا.

Bagaimana kalian bisa menafikan dari Allah apa yang telah Dia kabarkan tentang diri-Nya sendiri? Di mana letak keserupaannya? Di mana letak keserupaannya dalam menetapkan sifat-sifat Allah Azza wa Jalla? Ini adalah sesuatu yang melampaui akal manusia. Berbagi dalam sifat-sifat umum dan dalam nama-nama yang sama tidak berarti keserupaan. Apakah wajah manusia seperti wajah unta? Apakah wajah unta seperti wajah kucing? Apakah wajah kucing seperti wajah sapi? Semua ini adalah wajah-wajah yang nyata, dan semuanya berbeda. Bahkan di antara Bani Adam, yang berasal dari satu jenis, wajah-wajah mereka berbeda, membedakan satu dari yang lain dengan wajahnya. Jutaan manusia memiliki ciri-ciri wajah yang sama, namun mereka tetap berbeda, satu membedakan diri dari yang lain. Perbedaan wajah manusia dengan wajah unta jauh lebih besar dan lebih mencolok.

وتميز صفات الله عن صفات المخلوقين أعظم مباينة. ثم لو قيل لهؤلاء من باب المحاجة لماذا تعطلون الصفات؟ قالوا فرارًا من المشابهة. قلنا لهم هل تثبتون الأسماء؟ فإن كانوا يثبتون الأسماء كلها، شعرت أنهم ينفون بعض الصفات ويثبتون الأسماء. نقول أيضًا: الله له أسماء والمخلوقون لهم أسماء. فالله عليم، وفي المخلوقين من يتسمى بعالم وعليم. والله حليم، وفي المخلوقين من يتسمى ويلقب بالحليم. فهل هذه الأسماء، أسماء الله مشابهة لأسماء المخلوقين؟ يقولون لا. نقول إذاً يلزمكم فيما نفيتم بما أقررتم به من نفي المشابهة في باب الأسماء. فإذا كان له أسماء لا تشبه أسماء المخلوقين فكذلك له صفات لا تشبه صفات المخلوقين.

Begitu juga, perbedaan sifat-sifat Allah dengan sifat-sifat makhluk jauh lebih besar dan lebih mencolok. Kemudian, jika kita berdebat dengan mereka yang menafikan sifat-sifat Allah, mengapa kalian menafikan sifat-sifat-Nya? Mereka berkata untuk menghindari keserupaan. Kami katakan kepada mereka, apakah kalian menetapkan nama-nama? Jika mereka menetapkan semua nama-nama, jelas mereka menafikan sebagian sifat-sifat dan menetapkan nama-nama. Kami juga katakan: Allah memiliki nama-nama dan makhluk juga memiliki nama-nama. Allah adalah Al-‘Alim (Maha Mengetahui), dan di antara makhluk ada yang disebut alim atau alim. Allah adalah Al-Halim (Maha Penyantun), dan di antara makhluk ada yang disebut halim. Apakah nama-nama Allah mirip dengan nama-nama makhluk? Mereka berkata tidak. Kami katakan, maka kalian harus menerima penafian keserupaan dalam hal nama-nama seperti yang kalian akui. Jika Allah memiliki nama-nama yang tidak serupa dengan nama-nama makhluk, demikian pula Allah memiliki sifat-sifat yang tidak serupa dengan sifat-sifat makhluk.

فإذا كابر المخالف وقال: أنا لا أدرك الأسماء، ولا أثبت الصفات ولا الأسماء. 
قلنا له: هل تثبت لله ذاتًا؟ فلا بد أن يثبت الذات، لأنه إن لم يثبت الذات نفى الوجود. قال نعم، أثبت لله ذاتًا. قلنا: هل ذات الله كذوات المخلوقين؟ فالله له ذات، والمخلوقون لهم ذوات. فلا بد أن يسلم ويقول: ذات الله ليست كذوات المخلوقين. 

Jika penentang masih bersikeras dan berkata: Aku tidak memahami nama-nama, aku tidak menetapkan sifat-sifat maupun nama-nama. Kami katakan kepadanya: Apakah kamu menetapkan adanya Dzat Allah? Dia harus menetapkan Dzat Allah, karena jika dia tidak menetapkan Dzat, maka dia menafikan keberadaan. Dia berkata ya, aku menetapkan Dzat Allah. Kami katakan: Apakah Dzat Allah seperti dzat makhluk? Allah memiliki Dzat, dan makhluk memiliki dzat. Maka dia harus menerima dan berkata: Dzat Allah tidak seperti dzat makhluk.

نقول: يلزمك هذا في باب الأسماء والصفات. فإن كابر وقال: لا أثبت لله ذاتًا. قلنا له: هل تثبت لله وجودًا؟ فلابد أن يقول نعم، لأنه إن لم يثبت الوجود أثبت العدم، والعدم ليس بشيء. فلابد أن يقول: أثبت لله وجودًا. نقول: هل وجوده كوجود المخلوقين؟ فالمخلوقون موجودون، والله موجود، فهل الوجود كالوجود؟ قال: لا. قلنا: يلزمك هذا في الأسماء والصفات والذات. فإن كابر وقال: لا، أنا لا أشرك الوجود لأن إثبات الوجود يستلزم مشابهة. قلنا له: إن لم تثبت الوجود أثبت العدم، لأن من نفى الوجود يلزمه إثبات العدم. ففررت من تشبيه بالموجودات وشبهته بالمعدومات.

 Kami katakan: Anda harus menerima ini dalam hal nama-nama dan sifat-sifat. Jika dia masih bersikeras dan berkata: Aku tidak menetapkan Dzat Allah. Kami katakan kepadanya: Apakah kamu menetapkan adanya Allah? Dia harus berkata ya, karena jika dia tidak menetapkan keberadaan, maka dia menetapkan ketiadaan, dan ketiadaan bukanlah sesuatu. Maka dia harus berkata: Aku menetapkan adanya Allah. Kami katakan: Apakah keberadaan-Nya seperti keberadaan makhluk? Makhluk-makhluk ada, dan Allah ada, apakah keberadaan itu serupa? Dia berkata: Tidak. Kami katakan: Anda harus menerima ini dalam hal nama-nama, sifat-sifat, dan Dzat. Jika dia masih bersikeras dan berkata: Tidak, aku tidak menyamakan keberadaan karena menetapkan keberadaan berarti menyerupakan. Kami katakan kepadanya: Jika kamu tidak menetapkan keberadaan, maka kamu menetapkan ketiadaan, karena siapa yang menafikan keberadaan harus menetapkan ketiadaan. Maka kamu melarikan diri dari penyerupaan dengan yang ada dan menyerupakan dengan yang tidak ada.

=====bersambung



شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى



ولو قيل إن هناك تشبيهًا لكان تشبيه بالموجودات أعظم تنزيهاً من تشبيه بالمعدومات. لكن نحن ننفي عن الله المشابهة، مشابهة المخلوقين في كل شيء. فإن ركب المكابرة وقال: أنا لا أقول إنه لا موجود ولا معدوم. قلنا: إن قلت إنه ليس بموجود ولا معدوم فهذا هو الممتنع، لأنه يمتنع أن يكون الشيء هو موجود معدوم. فالأشياء إما أن تكون موجودة أو معدومة. ففررت من تشبيهه بالموجودات والمعدومات وشبهته بالممتنعات. وفي النهاية سلم الخصم في هذه المحاجة المتدرجة التي تدل على صحة معتقد أهل السنة في هذا الباب. الشاهد أن هؤلاء لم يعرفوا الله. من لجأ في حاجته إلى غير الله لم يعرف ربه، ومن عطل صفات الله لم يعرف ربه، ومن شبه الله بخلقه لم يعرف ربه، ومن توجه لمخلوق يريد نصره ويريد أن يمده بشيء لا يملكه إلا الله فقد أشرك مع الله.

Jika dikatakan bahwa ada perumpamaan, maka perumpamaan dengan hal-hal yang ada lebih mulia daripada perumpamaan dengan hal-hal yang tidak ada. Namun, kami menolak adanya keserupaan pada Allah, keserupaan dengan makhluk-Nya dalam segala hal. Jika seseorang bersikukuh dan berkata: Saya tidak mengatakan bahwa Dia tidak ada atau tidak ada. Kami berkata: Jika Anda mengatakan bahwa Dia bukan ada atau tidak ada, maka itu adalah hal yang mustahil, karena mustahil sesuatu bisa menjadi ada dan tidak ada pada saat yang sama. Segala sesuatu baik ada atau tidak ada. Jadi, Anda lari dari menyamakannya dengan yang ada dan yang tidak ada, tetapi malah menyamakannya dengan hal yang mustahil. Pada akhirnya, lawan mengakui dalam argumen berjenjang ini yang menunjukkan kebenaran keyakinan Ahlus Sunnah dalam hal ini. Faktanya adalah mereka tidak mengenal Allah. Barang siapa yang memohon kebutuhannya kepada selain Allah, maka dia tidak mengenal Rabbnya. Barang siapa yang menafikan sifat-sifat Allah, maka dia tidak mengenal Rabbnya. Barang siapa yang menyamakan Allah dengan ciptaan-Nya, maka dia tidak mengenal Rabbnya. Barang siapa yang menghadap kepada makhluk untuk meminta pertolongan dan sesuatu yang hanya dimiliki oleh Allah, maka dia telah mempersekutukan Allah.


وإن رجع إلى المخلوق في شيء يملكه المخلوق، فإن كان يعتقد أن المخلوق يستقل بهذا النفع فقد وقع في الشرك، لأنه ما من مخلوق يؤدي إليك شيئاً من المعروف إلا وهو من الله، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم لابن عباس: "واعلم أن الأمة لو اجتمعوا على أن ينفعوك بشيء لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك، وإن اجتمعوا على أن يضروك بشيء لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك، رفعت الأقلام وجفت الصحف". فهذا العلم العظيم العزيز، وهو أشرف علم يثمر التوحيد، ويسبر الإخلاص، ويثمر التوكل، ويثمر قوة اليقين، ويثمر الثبات على دين الله عز وجل حتى الممات.

Jika dia kembali kepada makhluk dalam sesuatu yang dimiliki oleh makhluk, dan dia meyakini bahwa makhluk itu memiliki manfaat tersebut secara mandiri, maka dia telah jatuh dalam kesyirikan, karena tidak ada makhluk yang memberikanmu sesuatu kebaikan kecuali itu dari Allah, seperti yang dikatakan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم kepada Ibnu Abbas: "Ketahuilah bahwa umat ini, jika mereka bersatu untuk memberikanmu manfaat dengan sesuatu, mereka tidak akan bisa memberimu manfaat kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tuliskan untukmu. Dan jika mereka bersatu untuk merugikanmu dengan sesuatu, mereka tidak akan bisa merugikanmu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tuliskan atasmu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering." Ilmu yang agung dan mulia ini, adalah ilmu yang paling mulia yang menghasilkan tauhid, mengukuhkan ikhlas, menumbuhkan tawakal, menguatkan keyakinan, dan meneguhkan keteguhan pada agama Allah عز وجل sampai mati.

والنوع الثاني: النوعية العلم، العلم بالشرع، وهو العلم بما شرع الله لنا من الأعمال الظاهرة والباطنة، نعلم حقائقها، وما تصح بها العبادات وما يبطلها من الأعمال. فنحقق الشروط والأركان والواجبات لكل العبادات، ونتجنب ما يفسد هذه العبادات مما يخل بشروطها وأركانها وواجباتها. وبهذا يتبين أن العلم الممدوح هو هذا العلم، علم بالرب، وعلم بالشرع. وما سوى ذلك من العلوم إما أن تكون من علوم الآلة التي هي وسيلة لفهم الشرع كعلم اللغة وعلم أصول الفقه وعلم أصول التحفيظ والمصطلح الحديث وسائر العلوم الآن التي تقرر على الطلاب هي من علوم الوسائل.

Jenis kedua: ilmu syar'i, yaitu ilmu tentang apa yang telah Allah syariatkan kepada kita dari amal-amal yang lahir dan batin, kita mengetahui hakikatnya, apa yang sah dengan amal tersebut dan apa yang membatalkannya. Kita melaksanakan syarat-syarat, rukun-rukun, dan kewajiban-kewajiban setiap ibadah, serta menghindari apa yang merusak ibadah ini dengan tidak memenuhi syarat-syarat, rukun-rukun, dan kewajiban-kewajibannya. Dengan demikian, terlihat bahwa ilmu yang terpuji adalah ilmu ini, ilmu tentang Allah, dan ilmu tentang syariat. Adapun selain itu dari ilmu-ilmu, mungkin itu adalah ilmu alat yang merupakan sarana untuk memahami syariat seperti ilmu bahasa, ilmu usul fiqh, ilmu usul tahfizh, ilmu musthalah hadits, dan ilmu-ilmu lainnya yang sekarang diajarkan kepada para siswa, itu adalah ilmu alat.

وأما العبادة فهي مقصودة لذاتها. ولهذا فيجب على طلاب العلم أن يعرفوا فضل طلب العلم ومقاصد العلم. ما هو المقصد الشرعي من طلب العلم؟ هو رفع الجهل عن النفس، وتحقيق عبادة الله تبارك وتعالى. ولابد أن تعين العلم المطلوب، وإلا سيأتي الإنسان في قراءة الكتب والتنقل بين التخصصات ولم يحصل العلم المطلوب. لابد من تحقيق الهدف. ما هو العلم الذي نطلبه؟ علم للرب تبارك وتعالى أو علم بالشرع. ولا تشغل الأمة ويشغل الطلبة بما يصرفهم عن هذا القصد. الآن الذين يشغلون الطلاب بالسياسة ومتابعة الأخبار، انشغل الطلاب بما حصل في البلد الفلاني وما حصل من الرئيس الفلاني والحرب التي وقعت في كذا. يشغلون الطلبة بهذه الأمور. ما هو نفع الطلاب؟ وانتفائهم بهذا؟ لا شيء إلا ضياع الأوقات.

Adapun ibadah, ia ditujukan untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, siswa ilmu harus mengetahui keutamaan mencari ilmu dan tujuan-tujuan ilmu. Apa tujuan syar'i dari mencari ilmu? Tujuannya adalah menghilangkan kebodohan dari diri sendiri dan melaksanakan ibadah kepada Allah تبارك وتعالى. Dan harus menentukan ilmu yang diinginkan, jika tidak, seseorang akan sibuk membaca buku-buku dan berpindah-pindah antara spesialisasi dan tidak mendapatkan ilmu yang diinginkan. Harus mencapai tujuan. Apa ilmu yang kita cari? Ilmu tentang Tuhan تبارك وتعالى atau ilmu tentang syariat. Jangan membuat umat sibuk dan siswa sibuk dengan apa yang mengalihkan mereka dari tujuan ini. Sekarang orang-orang yang membuat siswa sibuk dengan politik dan mengikuti berita, siswa sibuk dengan apa yang terjadi di negara tertentu dan apa yang terjadi dengan presiden tertentu dan perang yang terjadi di tempat tertentu. Mereka membuat siswa sibuk dengan hal-hal ini. Apa manfaat siswa? Dan apa manfaat mereka dari ini? Tidak ada kecuali membuang-buang waktu.

فينبغي لطلاب العلم أن يقبلوا على هذا العلم الشرعي، العلم الذي به تتحقق النجاة. وأما هذه الأمور الأخرى فلها أهلها. السياسة لها ولاة الأمر ومن يقوم بسياسة الأمة. في سائر الأمور الأخرى، كل مجال له أهله الذين يعنون به. سنتناول في هذه الدورة أصول السنة للإمام الجليل الحافظ الفقيه أبي بكر عبد الله بن الزبير بن عيسى بن عبد الله بن أسامة بن عبد الله بن حميد القرشي الأسدي الحميدي المكي. والإمام الحميدي من أجلة العلماء الذين أخذوا العلم عن كبار أئمة السلف، تلقى العلم عن سفيان بن عيينة، وغير ابن عياض، ومحمد بن إدريس الشافعي، ووكيع، وإبراهيم بن سعد، إلى غير ذلك من أئمة السلف. وروى عن الحميدي جماعة منهم الإمام البخاري في صحيحه، ومحمد بن يحيى الذهلي، وأبو حاتم وغيرهم. صنف الحميدي عدة مصنفات منها المسند والدلائل والرد على النعمان وكتاب التفسير. أثنى العلماء على الحميدي وأشادوا بمكانته العلمية وبمنزلته في العلم والفضل، فقال أبو حامد: "أثبت الناس في ابن عيينة الحميدي، وهو رئيس أصحاب ابن عيينة، وهو ثقة الإمام". وقال محمد بن إسحاق المروزي: "سمعت إسحاق بن راهويه يقول الأئمة في زماننا الشافعي والحميدي وأبو عبيد". وقال الحاكم: "كان البخاري إذا وجد الحديث عند الحميدي لا يعدوه إلى غيره". وقال ابن حبان: "كان صاحب السنة وفضل ودين". وقال يعقوب بن شيبة: "ما لقيت أنصح للإسلام وأهله منه". وقال الذهبي: "له جلالة في الإسلام". توفي الحميدي رحمه الله في مكة سنة تسعة مئتين، وقيل سنة عشرين ومئتين. ومن كتبه المشهورة أصول السنة، وهو هذا الكتاب الذي هو موضوع درسنا. 

Maka selayaknya bagi para penuntut ilmu harus menerima ilmu syar'i ini, ilmu yang dengannya keselamatan tercapai. Adapun hal-hal lainnya, itu ada ahlinya. Politik ada pada para penguasa dan yang mengurus urusan umat. Dalam hal-hal lainnya, setiap bidang ada ahlinya yang mengurusnya. Kami akan membahas dalam kursus ini tentang Usul Sunnah oleh imam besar, hafizh, dan faqih Abu Bakar Abdullah bin Zubair bin Isa bin Abdullah bin Usama bin Abdullah bin Humaid Al-Qurashi Al-Asadi Al-Al-Humaidi Al-Makki. Imam Al-Al-Humaidi adalah salah satu ulama besar yang mengambil ilmu dari para imam besar salaf, menerima ilmu dari Sufyan bin 'Uyainah, selain Ibn 'Ayyad, Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i, Waki', Ibrahim bin Sa'd, dan lain-lain dari para imam salaf. Ada ulama yang mengambil hadits yang diriwayatkan dari Al-Humaidi oleh sekelompok orang, di antaranya Imam al-Bukhari dalam shahihnya, Muhammad bin Yahya Ad-Dzahli, Abu Hatim, dan lainnya. Al-Humaidi menulis beberapa karya termasuk Musnad, Dalail, Rad 'ala An-Nu'man, dan Kitab At-Tafsir. Para ulama memuji Al-Humaidi dan memuji kedudukannya dalam ilmu dan kebajikan, Abu Hamid berkata: "Orang paling teguh di Ibn 'Uyainah adalah Al-Humaidi, dan dia adalah pemimpin para sahabat Ibn 'Uyainah, dia adalah imam yang tepercaya." Muhammad bin Ishaq Al-Marwazi berkata: "Aku mendengar Ishaq bin Rahawayh berkata: Para imam di zaman kita adalah Asy-Syafi'i, Al-Humaidi, dan Abu 'Ubaid." Al-Hakim berkata: "Jika Al-Bukhari menemukan hadits dari Al-Humaidi, maka beliau tidak akan beralih ke orang lain." Ibn Hibban berkata: "Dia adalah ahli sunnah dan kebajikan serta agama." Ya'qub bin Syaibah berkata: "Aku tidak pernah bertemu orang yang lebih jujur dalam Islam dan pengikutnya daripada dia." Adz-Dzahabi berkata: "Dia memiliki kedudukan tinggi dalam Islam." Al-Humaidi meninggal di Mekkah tahun 209 H, dan dikatakan tahun 220 H. 

وهذا الكتاب على وجازة عبارته واختصارها إلا أنه اشتمل على أصول عظيمة بينها الإمام الحميدي في هذا الكتاب. وعن الحميدي أخذ كثير من أهل العلم الذين صنفوا في كتب الاعتقاد في سرد أصول أهل السنة. فنبدأ بقراءة الكتاب ثم في التعليق عليه بما يفتح الله تبارك وتعالى به.

Di antara kitab-kitabnya yang terkenal adalah Usul Sunnah, yang merupakan subjek pelajaran kita. Kitab ini meskipun singkat dan ringkas, tetapi mencakup prinsip-prinsip besar yang dijelaskan oleh Imam Al-Humaidi dalam kitab ini. Dan dari Al-Humaidi banyak ahli ilmu yang menulis dalam kitab-kitab keyakinan tentang prinsip-prinsip Ahlus Sunnah. Kami akan memulai dengan membaca kitab ini kemudian berkomentar atasnya sesuai dengan apa yang Allah تبارك وتعالى berikan taufiq.

................



شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى






بسم الله،
 الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله. اللهم اغفر لنا ولوالدينا ولمشايخنا وللمسلمين أجمعين، آمين. 
قال رحمه الله: "أصول السنة: 

===================

حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوسَى قَالَ حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ قَالَ السُّنَّةُ عِنْدَنَا أَنْ يُؤْمِنَ الرَّجُلُ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ وَمُرِّهِ، وَأَنْ يَعْلَمَ أَنَّ مَا أَصَابَهُ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَهُ، وَمَا أَخْطَأَهُ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَهُ، وَأَنَّ ذَلِكَ كُلَّهُ قَضَاءٌ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ".

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, dan salawat serta salam kepada Rasulullah ﷺ. Ya Allah, ampunilah kami, orang tua kami, guru-guru kami, dan seluruh umat Islam. Amin. 
Beliau (rahimahullah) berkata: "Prinsip-prinsip Sunnah: Kami diberitahu oleh Bisyr bin Musa bahwa kami diberitahu oleh Al-Humaidiy rahimahullah bahwa prinsip Sunnah menurut kami adalah seseorang itu harus percaya pada takdi yang baik dan buruknya, dan pahitnya. Dia harus mengetahui bahwa apa yang menimpanya tidak akan terluput darinya, dan apa yang terluput darinya tidak akan menimpanya, dan bahwa semua itu adalah takdir dari Allah Yang Maha Mulia."

Penjelasan Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhailiy hafizhahullah:

نعم، المؤلف رحمه الله في هذا الكتاب أصول السنة، وهذا مطابق لعنوانه أصول السنة. والأصول هي جمع أصل، والأصل هو أساس الشيء الذي يتفرع عنه غيره. وكل الأشياء منقسمة إلى أصول وفروع، سواء كانت من الأشياء الحسية أو الأشياء المعنوية. في الأشياء الحسية مثل الشجر، الأشجار لها أصول وفروع. وقد قال الله تبارك وتعالى: " أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ۝
". هذه الآية متضمنة هذه القسمة وهذا التقسيم، وهو انقسام الشجرة إلى أصل وفروع، أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ. وهكذا الأصول المعنوية، كأصول العلم، فإن العلم له أصول، والجزئيات التي تتفرع عن ذلك هي فروع. وكذلك الدين له أصول، وما يتفرع عنه من التشريعات الجزئية هي فروع. وهكذا الإيمان له أصل وفرع. فأصله هو ما يتحقق به الدخول في الإسلام والإيمان، وفرعه وكماله هو ما يتحقق به الكمال الواجب والمستحب.

Ya, penulis (rahimahullah) dalam buku ini berbicara tentang prinsip-prinsip as-Sunnah, yang sesuai dengan judulnya "Prinsip-Prinsip as-Sunnah". Ushul (Prinsip -prinsip) adalah bentuk jamak dari asal (prinsip), dan asal adalah dasar (prinsip) dari sesuatu yang bercabang darinya. Segala sesuatu terbagi menjadi asal dan cabang, baik dalam hal yang bersifat fisik maupun non-fisik. Dalam hal fisik seperti pohon, pohon memiliki akar dan cabang. Allah berfirman: "Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit." (QS. Ibrahim  24). Ayat ini mengandung pembagian ini, yaitu pembagian pohon menjadi akar dan cabang. Demikian juga prinsip-prinsip non-fisik, seperti prinsip ilmu, ilmu memiliki asal, dan bagian-bagian kecil yang bercabang darinya adalah cabang. Begitu juga agama memiliki asal, dan peraturan-peraturan kecil yang bercabang darinya adalah cabang. Demikian juga iman memiliki asal dan cabang. Asal (prinsip)nya adalah apa yang membuat seseorang masuk ke dalam Islam dan iman, dan cabangnya serta kesempurnaannya adalah apa yang membuat kesempurnaan yang wajib dan sunnah.

فالأصل هو بمنزلة الأساس، كما أن الشجرة قوامها على الأصل، وعن هذا الأصل تتفرع الفروع والأغصان. ولهذا نلاحظ أن النبي صلى الله عليه وسلم لما ذكر الإيمان عبّر عنه بالشُعَب كما في حديث أبي هريرة في الصحيحين: " الإِيمانُ بضْعٌ وسَبْعُونَ، أوْ بضْعٌ وسِتُّونَ، شُعْبَةً، فأفْضَلُها قَوْلُ لا إلَهَ إلّا اللَّهُ، وأَدْناها إماطَةُ الأذى عَنِ الطَّرِيقِ " 
فسماها شعباً ولم يقل أجزاء كما يعبر بعض العلماء. يقول: الإيمان أجزاء. فلماذا وصف النبي صلى الله عليه وسلم الأجزاء الإيمانية بأنها شعب؟ لأن طبيعة الشعبة هي أنها تتفرع عن الأصل. وهذه الشعب أيضًا كشعب الشجرة وأغصان الشجرة، منها ما هو قوي مكين يقرب من الأصل، ومنها ما هو صغير يقرب من أعالي الشجرة ويكون دقيقاً. ويلاحظ أنك لو عمدت إلى أقصى غصن في الشجرة وقطعته فإنما تقطع جزءاً من هذا الغصن لا يتعلق به غيره. ولو عمدت إلى فرع مكين متفرع عن الأصل وقطعته، لانقطع معه كثير من الأغصان الدقيقة التي تتفرع عنه.

Asal (prinsip) adalah Asas (dasar), seperti halnya pohon yang berdiri di atas akar, dari akar inilah cabang dan ranting bercabang. Oleh karena itu, kita perhatikan bahwa Nabi Muhammad ﷺ ketika menyebutkan iman, beliau ﷺ mengungkapkannya dengan menggunakan kata "cabang" seperti dalam hadits Abu Hurairah radhiallahu’anhu di dalam as-shahihain: "Iman terdiri dari enam puluh atau tujuh puluh cabang, tingkatan yang tertinggi adalah syahadat bahwa tidak ada Rabb yang berhaq diibadahi dengan benar selain Allah, dan tingkatan yang terendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan," (HR. Muslim no. 35).  
Beliau ﷺ menyebutnya cabang dan tidak menyebutnya bagian seperti yang diungkapkan oleh sebagian ulama. Mereka mengatakan: iman terdiri dari bagian-bagian. Mengapa Nabi ﷺ menggambarkan bagian-bagian iman sebagai cabang? Karena sifat cabang adalah bahwa ia bercabang dari asal. Cabang-cabang ini seperti cabang-cabang pohon, ada yang kuat dan dekat dengan asal, dan ada yang kecil dan dekat dengan ujung pohon dan lebih tipis. Perhatikan jika kamu memotong cabang terjauh di pohon, kamu hanya memotong bagian dari cabang itu yang tidak terkait dengan lainnya. Namun, jika kamu memotong cabang utama yang bercabang dari akar, banyak ranting kecil yang bercabang darinya juga akan terputus.

وهكذا الإيمان، فإنه قد تكون جزئية لو ذهبت، ذهبت بمفردها. ومنها ما هو ما يقرب من الأصل بحيث لو ذهبت ذهب معها الكثير من الأغصان والشعب. وهذا دليل على دقة تعبير النبي صلى الله عليه وسلم عن الحقائق الشرعية. فإذاً، الأصول للدين وللإيمان وللسنة هي بمثابة أصل الشجرة التي تتفرع عنها الأغصان. وأصول السنة هي المسائل العظيمة التي تتفرع عنها بقية المسائل، وهي عقيدة أهل السنة. ولهذا فإن من المنهج الشرعي الصحيح لطلب العلم معرفة الأصول قبل التوسع في معرفة الفروع. قال العلماء: "من فقد الأصول حرم الوصول". ولا يمكن للعلم أن يُضبط إلا بمعرفة أصوله. ولهذا ينتشر بين طلاب العلم القول بأن هذا مؤصل وهذا غير مؤصل.

Demikian pula dengan iman, ada bagian yang jika hilang, hilang sendirian. Ada juga yang dekat dengan asal sehingga jika hilang, banyak ranting dan cabang yang hilang bersamanya. Ini adalah bukti ketelitian Nabi ﷺ dalam menggambarkan kebenaran syari’at. Jadi, asal untuk agama, iman, dan as-sunnah adalah seperti akar pohon yang bercabang menjadi ranting. Ushul as-Sunnah (Prinsip-Prinsip as-Sunnah) adalah masalah besar yang bercabang menjadi masalah lainnya, yang merupakan aqidah Ahlus Sunnah. Oleh karena itu, metode yang benar dalam menuntut ilmu syar’i adalah mengetahui asal sebelum memperluas pengetahuan tentang cabang-cabang. Para ulama berkata: "Barang siapa yang kehilangan asal (prinsip), dia tidak akan mencapai tujuan." Ilmu tidak dapat dikuasai kecuali dengan mengetahui asalnya. Oleh karena itu, di kalangan pelajar ilmu syar’i, sering disebutkan bahwa orang itu berasas atau orang ini tidak berasas.

ومن المناهج للتعليم التأصيل. التأصيل هو بيان الأصول وشرحها للناس حتى تتضح. وقد ذكر شيخ الإسلام ابن تيمية أن معرفة جزئيات العلم لا تحصل عند كثير من الناس، وإنما العالم هو من عرف الأصول وربط الفروع بأصولها. وهذا فن من فنون العلم، وقد صنفت فيه بعض الكتب تحت عنوان "تخريج الفروع على الأصول" بحيث يتمكن طالب العلم من ضبط هذه الفروع وأنها تتفرع عن هذا الأصل. وفي هذا يتبين أن مثل هذا الكتاب هو من أنفع ما يكون لطلاب العلم في معرفة السنة.

Salah satu metode pengajaran adalah pendetailan. Ta’shiil (Pendetailan) adalah menjelaskan asal dan menjelaskannya kepada orang lain hingga menjadi jelas. Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah menyebutkan bahwa pengetahuan tentang bagian-bagian kecil dari ilmu syar’I tidak dimiliki oleh banyak orang, melainkan seorang ulama adalah orang yang mengetahui asal dan menghubungkan cabang-cabang dengan asalnya. Ini adalah seni dalam ilmu pengetahuan, dan beberapa buku telah ditulis tentang ini dengan judul "Takhrijul Furu’ ‘alal Ushuli” (Menjelaskan Cabang-Cabang Berdasarkan prinsip Asal)," sehingga seorang penuntutu ilmu syar’I  dapat menguasai cabang-cabang ini dan mengetahui bahwa mereka bercabang dari asal tersebut. Dalam hal ini, buku seperti ini adalah salah satu yang paling bermanfaat bagi pelajar ilmu syar’i untuk mengetahui as-Sunnah.

ولهذا درج العلماء في الكتابة في أصول السنة، لأن معرفة أصول السنة تيسر فهم بقية المسائل. قال: "السنة عندنا". السنة هنا في هذا الإطلاق يراد بها الدين وكل ما شرعه الله عز وجل، لأن السنة في اللغة هي الطريقة. وأما في الاصطلاح، فإنها تتنوع بحسب كل سنّة. فالسنة عند الفقهاء تطلق في مقابل الواجب، فيقول الفقهاء: "هذا واجب وهذا سنة". وعند الأصوليين تطلق السنة في مقابل القرآن، فيقال: "هذا دل عليه القرآن وهذا دلت عليه السنة". وعند علماء العقيدة تطلق السنة في مقابل البدعة. وبهذا يتبين أن السنة هنا هي بمعنى الدين كله.

Oleh karena itu, para ulama telah menulis tentang prinsip-prinsip Sunnah, karena mengetahui prinsip-prinsip Sunnah memudahkan pemahaman masalah lainnya. Beliau berkata: "Prinsip-prinsip as-Sunnah menurut kami". Sunnah di sini dalam konteks ini berarti agama dan segala sesuatu yang disyariatkan Allah Ta’ala, karena dalam bahasa Arab, as-Sunnah berarti cara. Namun, dalam istilah syariat, Sunnah bervariasi sesuai dengan setiap disiplin. Dalam fiqh, Sunnah digunakan sebagai lawan dari kewajiban, para ahli fiqh berkata: "Ini wajib dan ini Sunnah". Dalam ushul fiqh, Sunnah digunakan sebagai lawan dari Al-Quran, dikatakan: "Ini ditunjukkan oleh Al-Quran dan ini ditunjukkan oleh as-Sunnah". Dalam ilmu akidah, as-Sunnah digunakan sebagai lawan dari bid'ah. Oleh karena itu, as-Sunnah di sini berarti seluruh agama.

وهذا قد دل عليه قول النبي صلى الله عليه وسلم في حديث: "فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين من بعدي، عضوا عليها بالنواجذ، وإياكم ومحدثات الأمور". فأمر بسنته وسنة خلفائه، وقال: "وإياكم ومحدثات الأمور". تبين أنه ليس بعد السنة إلا الإحداث، وبهذا يتبين أن السنة هنا مطابقة للدين كله. وأن بذلك أصول الاعتقاد، لأن الدين مداره على الاعتقاد، والاعتقاد ينقسم بحسب المعتقد إلى عدة أصول يعتقدها المسلم، فإذا تم الاعتقاد بالأصول الاعتقادية التي تقوم عليها بقية أجزاء الإيمان تحقق العلم بالسنة.

Hal ini dijelaskan oleh perkataan Nabi ﷺ dalam sebuah hadits: "Peganglah Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang diberi petunjuk setelahku, gigitlah dengan gerahammu, dan berhati-hatilah dengan perkara baru yang diada-adakan." (HR. Abu Dawud no. 4607, Ahmad no. 17185, isnadnya shohih).  Beliau memerintahkan untuk mengikuti Sunnahnya dan Sunnah para khalifahnya, dan berkata: "Berhati-hatilah dengan perkara baru yang diada-adakan." Ini menunjukkan bahwa tidak ada yang mengikuti Sunnah kecuali inovasi, dan dengan ini jelas bahwa as-Sunnah di sini berarti seluruh agama. Dan dengan ini, prinsip-prinsip keyakinan, karena agama berpusat pada keyakinan, dan keyakinan terbagi menurut yang diyakini menjadi beberapa prinsip yang diyakini oleh seorang Muslim. Ketika keyakinan pada prinsip-prinsip keyakinan yang menjadi dasar bagian-bagian iman lainnya terpenuhi, maka tercapai ilmu tentang as-Sunnah.

قال: "السنة عندنا". قوله: "عندنا" أي معشر أهل السنة والجماعة، الذين اتبعوا الكتاب والسنة. عندنا وعند علمائنا وأئمتنا هي كذا وكذا، ثم بدأ يشرع في ذكر هذه الأصول. فذكر أول الأصول الإيمان بالقدر، وهو من أعظم أصول الاعتقاد. ولعل المصنف قدمه على غيره لأن الإيمان بالقدر يلجأ إلى الإيمان بتقدير الله عز وجل للمقادير قبل خلق المخلوقات ووجود الكائنات. فأراد أن يتدرج بالطالب في معرفة هذا الأصل الذي هو متعلق بتقدير الله تبارك وتعالى بمقادير الخلائق قبل وجودها.

Beliau berkata: "as-Sunnah menurut kami". Ungkapan "menurut kami" berarti di kalangan Ahlus Sunnah wal Jama'ah, yang mengikuti Al-Quran dan as-Sunnah. Menurut kami dan menurut ulama serta imam kami adalah seperti ini dan itu, kemudian beliau mulai menyebutkan prinsip-prinsip ini. Beliau menyebutkan 
1. PRINSIP PERTAMA yaitu iman kepada takdir, yang merupakan salah satu prinsip terbesar dalam keyakinan. Mungkin penulis menempatkannya di awal karena iman kepada takdir mengarah pada keyakinan pada penetapan takdir oleh Allah Azza wa Jalla sebelum penciptaan makhluk dan keberadaan entitas. Jadi, beliau ingin mengarahkan pelajar untuk memahami prinsip ini yang berkaitan dengan penetapan takdir Allah Azza wa Jalla sebelum keberadaan makhluk

---Bersambung----



شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى



فأول ما ينبغي أن يعرف هذا الأصل، وإن كان من حيث الترتيب عند كثير من أهل العلم يذكر القدر متأخراً عن التوحيد، وعن الإيمان بالله واليوم الآخر، والإيمان بالكتب والرسل والملائكة، لأنه جاء في حديث جبريل أن النبي صلى الله عليه وسلم ذكره آخر أركان الإيمان. تقديمه باعتبار أنه متقدم من حيث الزمن، فإن الله قدر مقادير الصلاة قبل وجود الخلائق وقبل أن يشرع لهم التشريع. ولا مشاحة في الاصطلاح، سواء قدم القدر أو غيره، فلا تسريب في ذلك ولا يشدد في هذا.

Hal pertama yang harus diketahui adalah pokok ini, meskipun dari segi urutan menurut banyak ulama disebutkan takdir setelah tauhid, dan iman kepada Allah dan hari akhir, dan iman kepada kitab-kitab, rasul-rasul, dan malaikat, karena dalam hadits Jibril bahwa Nabi Muhammad ﷺ menyebutkannya sebagai rukun iman yang terakhir. Diajukan dengan pertimbangan bahwa itu lebih awal dari segi waktu, karena Allah telah menetapkan takdir shalat sebelum adanya makhluk dan sebelum Dia mensyariatkan hukum untuk mereka. Tidak ada masalah dalam istilah, apakah takdir disebutkan terlebih dahulu atau yang lainnya, tidak ada celaan dalam hal ini dan tidak perlu terlalu keras.

قال: "أن يؤمن الرجل بالقدر خيره وشره". هذا الأول، وهو أن يؤمن الرجل، وقوله: "الرجل" هنا على سبيل التغليب، وإلا فالأمة كلها مخاطبة من الرجال والنساء، من الإنس والجن، من العرب والعجم، كلهم مخاطبون بهذا الدين. "أن يؤمن الرجل بالقدر خيره وشره".

Dikatakan: "bahwa seseorang beriman kepada takdir, baik dan buruknya." Ini yang pertama, yaitu bahwa seseorang beriman, dan kata "seseorang" di sini digunakan secara umum, karena seluruh umat baik laki-laki dan perempuan, manusia dan jin, Arab dan non-Arab, semuanya ditujukan dengan agama ini. "bahwa seseorang beriman kepada takdir, baik dan buruknya."

القدر هو ما قدره الله بناء على علمه السابق من مقادير الخلائق قبل خلق المخلوقات وقبل وجود الكائنات. كما جاء في الحديث: "أن الله لما خلق القلم قال له: اكتب. قال: ما أكتب؟ قال: اكتب ما هو كائن إلى قيام الساعة". فجرى بالمقادير.

Takdir adalah apa yang Allah tetapkan berdasarkan ilmu-Nya yang sebelumnya mengenai takdir makhluk sebelum penciptaan makhluk dan sebelum adanya keberadaan. Sebagaimana dalam hadits: "Ketika Allah menciptakan pena, Dia berkata kepadanya: tulislah. Pena berkata: Apa yang harus saya tulis? Allah berkata: tulislah apa yang akan terjadi sampai hari kiamat." "Maka semuanya berjalan sesuai dengan takdir.

من أصول السنة الإيمان بالقدر، والقدر يُذكر منفرداً عن القضاء ويُذكر مقترناً بالقضاء. فيقال: الإيمان بالقضاء والقدر، ويقال: الإيمان بالقدر. وهذا على سبيل الانفراد، ويقال أيضاً على سبيل الانفراد: الإيمان بالقضاء. والفرق بين القضاء والقدر أن القدر هو تقدير الله السابق لمقادير المخلوقات قبل وجودها وقبل برئها. وأما القضاء فهو تنفيذ التقدير بظهوره من التقدير إلى الوجود. ولهذا فالقضاء هو خلق الله وإيجاده لما قدره في الأزل من الذوات والأفعال.

Salah satu prinsip as-sunnah adalah iman kepada takdir, dan takdir disebutkan secara terpisah dari qadha dan juga disebutkan bersama dengan qadha. Maka dikatakan: iman kepada qadha dan takdir, dan dikatakan: iman kepada takdir. Ini secara terpisah, dan juga dikatakan secara terpisah: iman kepada qadha. Perbedaan antara qadha dan takdir adalah bahwa takdir adalah ketetapan Allah sebelumnya mengenai takdir makhluk sebelum adanya dan sebelum penciptaannya. Sedangkan qadha adalah pelaksanaan ketetapan dengan munculnya dari takdir menjadi kenyataan. Oleh karena itu, qadha adalah penciptaan yang dilakukan oleh Allah dan perwujudannya terhadap apa yang telah Dia tetapkan sejak azali (yang abadi tanpa ada awalnya) dari dzat dan perbuatan. (bisa dikatakan maknanya:
• Takdir (القدر) adalah ketetapan Allah yang sudah ditentukan sejak awal mengenai segala sesuatu yang akan terjadi pada makhluk sebelum mereka diciptakan dan sebelum adanya alam semesta.
• Qadha (القضاء) adalah pelaksanaan atau realisasi dari ketetapan tersebut, yaitu ketika ketetapan itu muncul menjadi kenyataan dalam bentuk penciptaan dan kejadian di alam nyata)


فإذا قدر الله في الأزل أن هذا الرجل يولد له هذا الابن، فهذا موجود في القدر قبل أن يوجد هذا الرجل وقبل أن توجد الزوجة وقبل أن يتزوج.

Maka jika Allah menetapkan sejak azali bahwa seseorang akan memiliki anak ini, maka ini sudah ada dalam takdir sebelum keberadaan orang tersebut dan sebelum adanya istri dan sebelum dia menikah.

فهذا وجود في التقدير، أن هذا يُقدر له أن يكون له من الولد كذا وكذا. فإذا قضى الله بذلك وتزوج وولد الولد الأول، فهذا قضاء بالتقدير بخلق الابن الأول، وهكذا الثاني والثالث. فالقضاء هو خلق الله للمخلوقات وإيجاده للأفعال. لأن القضاء ليس هو فقط للذوات، بل حتى للأفعال.

Maka ini ada dalam takdir, bahwa seseorang ditetapkan memiliki anak sekian dan sekian. Jika Allah memutuskan qadha’ hal tersebut dan orang itu menikah lalu melahirkan anak pertama, maka ini adalah qadha dengan taqdir penciptaan anak pertama, dan begitu seterusnya dengan anak kedua dan ketiga. Maka qadha adalah penciptaan yang dilakukan oleh Allah terhadap makhluk dan perwujudannya terhadap perbuatan. Karena qadha bukan hanya untuk berlaku dzat, tetapi juga untuk perbuatan.

ولهذا نقول فيما يقع من الأمور: هذا قضاء الله، يعني أن الله قضى به وقدره. فهذا كل من القضاء والقدر، لكن إذا ذُكر القدر منفرداً دخل فيه القضاء، وإذا ذُكر القضاء منفرداً دخل فيه القدر. الكلمات التي يقول فيها العلماء: "إذا اجتمعت افترقت، وإذا افترقت اجتمعت"، كالإسلام والإيمان، والفقير والمسكين، ومنها القضاء والقدر.

Oleh karena itu, kami mengatakan dalam hal-hal yang telah terjadi: ini adalah qadha Allah, artinya Allah memutuskan qadha’ dan mentaqdirkannya. Maka ini semua adalah qadha dan takdir, tetapi jika takdir disebutkan secara terpisah, qadha juga termasuk di dalamnya, dan jika qadha disebutkan secara terpisah, takdir juga termasuk di dalamnya. Kata-kata yang dikatakan para ulama: "Jika keduanya disebut bersama, maka keduanya memiliki makna yang berbeda; namun jika disebut secara terpisah, maka keduanya mencakup makna yang sama." , seperti penyebutan Islam dan iman, fakir dan miskin, dan termasuk hal tersebut adalah  qadha dan takdir. (bisa dikatakan dua istilah dapat memiliki makna yang lebih spesifik ketika disebut bersama-sama, namun mencakup makna satu sama lain ketika disebut secara terpisah.)

قوله: "بالقدر خيره وشره" أي بما قدره الله عز وجل ووجد من الخير والشر، مما يحب ويكره، مما يسر ويحزن، كل ذلك بقدر الله. قدر النعم وما يفرح به الناس من الأرزاق، وقدر المصائب والبلاء وما يحزن له الناس من مر القضاء، كل ذلك مقدر بناء على علم الله السابق. فيجب الإيمان بهذا كله.

Kata-katanya: "dengan takdir baik dan buruknya" yaitu dengan apa yang Allah tetapkan dan terjadi dari kebaikan dan keburukan, dari apa yang disukai dan dibenci, dari apa yang menyenangkan dan menyedihkan, semuanya adalah takdir Allah. Dia menetapkan nikmat dan apa yang membuat orang bahagia dari rezeki, dan menetapkan musibah dan cobaan serta apa yang membuat orang sedih dari ketentuan Allah, semuanya ditetapkan berdasarkan ilmu Allah yang sebelumnya. Maka wajib beriman kepada semuanya ini.

وقد انحرفت في هذا الباب بعض الطوائف، القدرية والجبرية. القدرية قالوا إن الله يقدر الخير، ولكنه لا يقدر الشر، ولا يقدر المعاصي، لأنه لو قدرها وعاقب عليها لكان هذا ظلماً. وقالوا: إن نقول إن الله لا يقدر الذنوب، ولو قدرها لكان هذا معارضاً للشرع. فكيف يأمر بالطاعات وينهى عن المعاصي ثم يقدر المعاصي؟ فعارضوا بين الشرع والقدر.

Beberapa golongan telah menyimpang dalam hal ini, yaitu Qadariyah dan Jabariyah. Qadariyah mengatakan bahwa Allah menetapkan kebaikan, tetapi tidak menetapkan keburukan, dan tidak menetapkan maksiat, karena jika Dia menetapkannya dan menghukum atasnya maka ini adalah ketidakadilan. Mereka mengatakan: kita mengatakan bahwa Allah tidak menetapkan dosa, jika Dia menetapkannya maka ini bertentangan dengan syariat. Bagaimana Dia memerintahkan ketaatan dan melarang maksiat kemudian menetapkan maksiat? Mereka mempertentangkan antara syariat dan takdir.

ويقابلهم الجبرية، قالوا إن كل ما يقع هو بتقدير الله، فكما أن أولئك غلوا في الشرع وعارضوا به القدر وعطلوا القدر، فهؤلاء غلوا في القدر وأبطلوا به الشرع، فقالوا: كل ما يقع من الشرور والآثام والبلاء كله من الله، وأنكروا أن يكون العبد هو فاعل الشر، أو أن العبد هو العاصي. قالوا: بل إن الناس مجبورون على أفعالهم. قالوا: وعندما نقول: فلان فعل، فهو من قبيل قولنا: سال الوادي. فالوادي لم يحصل منه فعل، ولكن لجريان الماء فيه قلنا: سال الوادي. فكذلك الإنسان ليس له فعل، بل لكون الله خلق هذا الفعل فيه قلنا: فعل. وإلا هو ليس فاعلاً، مثلما نقول: أمطرت السماء، السماء لم تمطر، ولكن أنزل الله المطر منها، والوادي لم يفعل ولكن جرى الماء فيه.

Sebaliknya Jabariyah mengatakan bahwa semua yang terjadi adalah dengan ketetapan Allah, sebagaimana golongan tersebut berlebihan dalam syariat dan menentang takdir serta menolak takdir, maka golongan ini berlebihan dalam takdir dan menolak syariat, mereka mengatakan: semua yang terjadi dari keburukan dan dosa serta cobaan semuanya dari Allah, mereka menyangkal bahwa hamba adalah pelaku keburukan atau hamba adalah yang berbuat dosa. Mereka mengatakan: manusia terpaksa atas perbuatan mereka. Mereka mengatakan: ketika kita mengatakan: seseorang melakukan, ini seperti kita mengatakan: sungai mengalir. Sungai tidak melakukan apa-apa, tetapi karena air mengalir di dalamnya maka kita mengatakan: sungai mengalir. Begitu juga manusia tidak memiliki perbuatan, tetapi karena Allah menciptakan perbuatan tersebut di dalamnya maka kita mengatakan: melakukan. Sebenarnya dia tidak melakukan, seperti kita mengatakan: langit menurunkan hujan, langit tidak menurunkan hujan, tetapi Allah menurunkan hujan dari langit, sungai tidak melakukan apa-apa tetapi air mengalir di dalamnya.

وهذا ضلال، كما أن مسلك القدرية ضلال. والذي عليه أهل السنة أن الله قدر كل شيء، فقدر الخير والشر، وقدر الطاعات والمعاصي، والعبد هو الفاعل للخير والشر. وقالوا: نحن لا نعارض بين القدر والشرع. فالله مقدر لكل ما يقع في الوجود، ولكن من حكمته أنه لما أمر الناس بالدين أعطاهم القدرة على أن يطيعوا أو يعصوا. فمن أراد الطاعة يسرها له، ومن أراد المعصية يسرها له، كما جاء في الحديث: " كلٌّ مُيَسَّرٌ لِما خُلِقَ لهُ ".

Ini adalah kesesatan, sebagaimana jalan Qadariyah adalah kesesatan. Yang dipegang oleh Ahlus Sunnah adalah bahwa Allah telah menetapkan segala sesuatu, baik dan buruk, ketaatan dan maksiat, dan hamba adalah pelaku kebaikan dan keburukan. Mereka mengatakan: kita tidak mempertentangkan antara takdir dan syariat. Allah menetapkan segala yang terjadi di alam semesta, tetapi dari hikmah-Nya bahwa ketika Dia memerintahkan manusia dengan agama, Dia memberi mereka kemampuan untuk taat atau maksiat. Barangsiapa yang menginginkan ketaatan, Allah memudahkan baginya, dan barangsiapa yang menginginkan maksiat, Allah memudahkan baginya, sebagaimana dalam hadits: " Setiap orang dimudahkan beramal sesuai dengan tujuan diciptakannya." " (HR. Al-Bukhari no. 7551 dan Muslim no. 2649)

ولا نقول إن الله هو الفاعل للخير والشر الذي قام في الإنسان، فالإنسان هو الفاعل في الصلاة، هو المصلي، ولا نقول الله هو المصلي. والعبد هو الصائم والعبد هو الذاكر، والله هو الذي خلق هذا الفعل فيه. وكذلك نقول: العبد هو الفاعل للمعاصي، ولا يقال إن الله تعالى عن ذلك فعل هذه الذنوب، لكنه قدّرها وأعطى العبد القدرة عليها.

Kita tidak mengatakan bahwa Allah adalah pelaku kebaikan dan keburukan yang ada pada manusia, manusia adalah pelaku dalam shalat, dia yang shalat, dan kita tidak mengatakan Allah yang shalat. Hamba yang berpuasa dan hamba yang berdzikir, dan Allah yang menciptakan perbuatan ini di dalamnya. Begitu juga kita mengatakan: hamba adalah pelaku maksiat, dan tidak dikatakan bahwa Allah yang melakukan dosa-dosa ini, tetapi Dia telah menetapkannya dan memberi hamba kemampuan untuk melakukannya.

Bersambung============



شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى



فلا قدرة لأحد من الناس على الطاعة والمعصية إلا بمشيئة الله، كما قال الله عز وجل: " لِمَن شَاءَ مِنكُمْ أَن يَسْتَقِيمَ وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ". فأهل السنة وسط بين القدرية والجبرية. يقولون إن الله عز وجل قدر المقادير.

Tidak ada seorang pun dari manusia yang memiliki kemampuan untuk taat dan maksiat kecuali dengan kehendak Allah, seperti firman Allah Azza wa Jalla: "Bagi siapa di antara kalian yang menghendaki untuk beristiqamah. Dan kalian tidak dapat menghendaki (kehendak itu) kecuali bila dikehendaki Allah, Rabb semesta alam." (QS. At-Takwir: 28-29) Maka, Ahlus Sunnah berada di tengah-tengah antara Qadariyyah dan Jabariyyah. Mereka mengatakan bahwa Allah Azza wa Jalla telah menetapkan takdir.

وهنا مسألة، فإن قيل: إن الله قدر الشر. نقول: الشر في القدر جاء على إحدى ثلاث طرائق، كما ذكر شيخ الإسلام ابن تيمية. 
إما أن يُضاف إضافة عامة لله تبارك وتعالى فيُقال: اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ ۖ.، ودخل في عموم شيء هنا كل الأفعال من الطاعات والمعاصي، والخير والشر. 
وإما أن يُضاف لما لم يُسمّ فاعله، كما قالت الجن: "وَأَنَّا لا نَدْرِي أَشَرٌّ أُرِيدَ بِمَن فِي الْأَرْضِ أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا". 
وإما أن يُضاف إلى الإنسان الذي فعل الشر، كما في قوله تعالى: " مِن شَرِّ مَا خَلَقَ "، أي من شر المخلوق الذي خلق. 

Ada sebuah pertanyaan di sini, jika dikatakan bahwa Allah menetapkan kejahatan. Kita katakan bahwa kejahatan dalam takdir terjadi dengan salah satu dari tiga cara, sebagaimana yang disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah (wafat 728 H). 
Pertama, ditambahkan secara umum kepada Allah Azza wa Jalla, dikatakan: Allah pencipta segala sesuatu. (QS. Az-Zumar: 62), dan masuk dalam kategori segala sesuatu di sini adalah semua perbuatan, baik ketaatan maupun kemaksiatan, kebaikan maupun kejahatan. 
Kedua, ditambahkan kepada sesuatu yang tidak disebutkan pelakunya, seperti yang dikatakan oleh jin: "Dan kami tidak mengetahui apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang-orang di bumi ataukah Rabb mereka menghendaki bagi mereka petunjuk." (QS. Al-Jinn: 10)
Ketiga, ditambahkan kepada manusia yang melakukan kejahatan, seperti dalam firman Allah: "Dari kejahatan makhluk yang Dia ciptakan," (QS. Al-Falaq: 2) yaitu dari kejahatan makhluk yang diciptakan.

ومن ذلك قول النبي صلى الله عليه وسلم: " أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ؛ ". فالشر هنا أضيف للإنسان، شر النفس، شر الشيطان. ولا يُضاف الشر إلى الله على سبيل الاستقلال والانفراد، ولذا قال النبي صلى الله عليه وسلم: " وَالْخَيْرُ كُلُّهُ في يَدَيْكَ، وَالشَّرُّ ليسَ إلَيْكَ ".

Begitu pula dengan sabda Nabi ﷺ: "Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, dan dari kejahatan syaitan serta tipu dayanya." (HR. Al-Bukhari dalam Shohih al Adabul Mufrad no. 913, Abu Dawud no. 5067, at-Tirmidzi no. 3392, an-Nasai no. 7699 dan Ahmad no. 7961). Jadi, kejahatan di sini ditambahkan kepada manusia, kejahatan diri, kejahatan syaitan. Kejahatan tidak ditambahkan kepada Allah secara independen dan eksklusif, oleh karena itu Nabi ﷺ bersabda: "Dan seluruh kebaikan ada di tangan-Mu, dan kejahatan bukan dari-Mu" (HR. Muslim no. 771) (tambahan maknanya: semua kebaikan berasal dari Allah, dan kejahatan tidak disandarkan kepada-Nya secara mutlak. Allah adalah sumber dari segala kebaikan, dan segala sesuatu yang baik ada di bawah kehendak-Nya. Sementara itu, kejahatan tidak disandarkan kepada Allah secara langsung karena Allah tidak menciptakan kejahatan murni. Kejahatan yang terjadi di dunia adalah bagian dari ujian dan cobaan yang memiliki hikmah di baliknya. Segala sesuatu yang terjadi memiliki tujuan dan alasan yang bijaksana, meskipun kita sebagai manusia mungkin tidak selalu bisa memahaminya.)


فالشر لا يُضاف لله عز وجل على سبيل الانفراد. قال العلماء: لماذا لا يُضاف الشر إلى الله على سبيل الانفراد مع أن القدر متضمناً للشر؟ لأن الشر الذي هو موجود في القدر ليس هو الشر المحض، وإنما هو الشر الجزئي. لو نظرنا إلى القسمة في الأشياء باعتبار الخير والشر: إما أن تكون من الخير المحض، أو من الشر المحض، أو من الخير الجزئي الذي هو باعتبار شر جزئي.

Maka, kejahatan tidak ditambahkan kepada Allah Ta’ala secara independen. Para ulama berkata: Mengapa kejahatan tidak ditambahkan kepada Allah secara independen meskipun takdir mengandung kejahatan? Karena kejahatan yang ada dalam takdir bukanlah kejahatan murni, melainkan kejahatan sebagian. Jika kita melihat pembagian dalam hal-hal berdasarkan kebaikan dan kejahatan: bisa berupa kebaikan murni, atau kejahatan murni, atau kebaikan sebagian yang dalam pertimbangan sebagian kejahatan.

فالقسمة الثلاثية: ما هو خير محض كخلق الملائكة وللأنبياء والرسل الذين قاموا بتبليغ رسالات الله بأمر الله، فهذا خير محض. وأما الجزئي هو باعتبار وباعتظام شخص، كخلق الله لإبليس. خلق الله لإبليس ليس شراً محضاً، لأن الله خلقه لمقاصد عظيمة، وهو قيام الامتحان والابتلاء. ولهذا قال العلماء: بوجود إبليس وجد الجهاد، وعرف أولوا العزم من الرسل، تبين المجاهد في سبيل الله، تبين الصابر على دينه من ضعيف الإيمان. فخلق إبليس ليس شراً محضاً. ومن باب أولى أن يقال في خلق غيره إنه ليس شراً محضاً.

Pembagian tiga: apa yang merupakan kebaikan murni seperti penciptaan malaikat dan nabi serta rasul yang menyampaikan risalah Allah dengan perintah Allah, ini adalah kebaikan murni. Adapun sebagian adalah dalam pertimbangan dan pertimbangan seseorang, seperti penciptaan Iblis oleh Allah. Penciptaan Iblis oleh Allah bukanlah kejahatan murni, karena Allah menciptakannya untuk tujuan yang agung, yaitu ujian dan cobaan. Oleh karena itu para ulama berkata: dengan adanya Iblis ada jihad, dan diketahui ulul azmi dari para rasul, terlihat pejuang di jalan Allah, terlihat yang sabar dalam agamanya dari yang lemah iman. Jadi penciptaan Iblis bukanlah kejahatan murni. Apalagi jika dikatakan penciptaan selainnya bukanlah kejahatan murni.

فالله يخلق الخير، ويخلق الشيء الذي هو باعتبار خير وباعتبار شر. وأما الشر المحض فإن الله لا يخلقه، ولهذا قال ابن القيم: "الشر لا يُضاف إلى الله لا في ذاته، ولا في أسمائه، ولا في صفاته، ولا في أفعاله". وهذا كما قال النبي صلى الله عليه وسلم: "الشر ليس إليك". فالله لا يخلق شراً محضاً، ولا يقدر شراً محضاً. حتى الآن ما نعده من الشرور هو باعتبار شيء. 

Maka Allah menciptakan kebaikan, dan menciptakan sesuatu yang dalam pertimbangan kebaikan dan pertimbangan kejahatan. Adapun kejahatan murni, Allah tidak menciptakannya, oleh karena itu Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: "Kejahatan tidak ditambahkan kepada Allah, tidak dalam Dzat-Nya, tidak dalam Nama-Nya, tidak dalam Sifat-Nya, dan tidak dalam Perbuatan-Nya." Ini sebagaimana Nabi ﷺ bersabda: "Kejahatan bukan dari-Mu." Jadi Allah tidak menciptakan kejahatan murni, dan tidak menetapkan kejahatan murni. Hingga sekarang apa yang kita anggap sebagai kejahatan adalah dalam pertimbangan sesuatu. 

موت الأبناء والأقارب الأحبة قد يقول بعض الناس هو شر. لكن باعتبار أن الله يأجر المبتلى على فقد من يحب فهو خير. وهكذا بقية الأمور التي يقدرها الله، كم لله من حكمة خفية فيما يُظن أنه شر وبلية. مثال ذلك، لو قال بعض الناس: هذه الذنوب التي نفعلها هي شر محض. نقول: لا، هي باعتبار تقدير الله فيها حكمة.

Kematian anak-anak dan kerabat tercinta mungkin dianggap oleh beberapa orang sebagai kejahatan. Tetapi dalam pertimbangan bahwa Allah memberikan pahala kepada yang diuji atas kehilangan orang yang dicintai, itu adalah kebaikan. Demikian pula hal-hal lain yang ditetapkan oleh Allah, betapa banyak hikmah tersembunyi dari Allah dalam apa yang dianggap sebagai kejahatan dan musibah. Contohnya, jika seseorang berkata: dosa-dosa yang kita lakukan adalah kejahatan murni. Kita katakan: tidak, dalam pertimbangan takdir Allah ada hikmah.

وأما باعتبار فعلنا للمعاصي فهذا يُذم الفاعل. لكن كون الله يُقدر على بعض الصالحين المستقيمين الوقوع في المعاصي، لا يُقال هذا خذلان من الله لهم، بل كم لله من حكمة خفية فيما يقدر من هذه الأمور التي يُصيب بها بعض الناس. ومن ذلك أن بعض من رزقه الله الاستقامة قد يبقى عشرين أو ثلاثين أو أربعين سنة ولربما لو تذكر يقول: "أنا لم أعص الله". فإذا قال: "لم أعص الله" سيوجد في نفسه شيء من العُجب ولربما قوى هذا الشيطان حتى لربما يقول: "أنا خير الناس". ولربما وسوس إليه الشيطان أنك تستحق دخول الجنة بغير منة من الله عليك.

Adapun dalam pertimbangan perbuatan maksiat kita, maka ini mencela pelaku. Namun, ketika Allah menetapkan kepada beberapa orang saleh yang lurus untuk jatuh dalam maksiat, tidak dikatakan bahwa ini adalah pengabaian dari Allah terhadap mereka, melainkan betapa banyak hikmah tersembunyi dari Allah dalam apa yang ditetapkan-Nya dalam hal-hal yang menimpa beberapa orang. Di antaranya adalah bahwa beberapa orang yang diberi oleh Allah keteguhan mungkin tetap lurus selama dua puluh, tiga puluh, atau empat puluh tahun dan mungkin jika dia ingat, dia berkata: "Saya tidak pernah berbuat dosa kepada Allah." Jika dia berkata: "Saya tidak pernah berbuat dosa kepada Allah," akan timbul dalam dirinya rasa bangga dan mungkin syaitan memperkuatnya sehingga mungkin dia berkata: "Saya adalah orang terbaik." Mungkin juga syaitan membisikkan kepadanya bahwa dia pantas masuk surga tanpa karunia dari Allah.

وكم يستهوي الشيطان المطيعين ببعض الوساوس والخطرات التي هي مهلكة. فيريد الله الحكيم العليم أن يكسر هذا العُجب، فيُقدر عليه المعصية ليعلم أنه ضعيف وتدمع عينه ويستغفر ربه، ويقول: " أبُوءُ لكَ بنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وأَبُوءُ لكَ بذَنْبِي". وهذه رتبة النبي صلى الله عليه وسلم، الذي قال: " أبُوءُ لكَ بنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وأَبُوءُ لكَ بذَنْبِي ". فعند ذلك يذهب العُجب وتذهب تلك الخطرات، وتستقيم حال العبد.

Betapa sering syaitan menggoda orang-orang yang taat dengan bisikan dan godaan yang merusak. Maka, Allah Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui ingin menghancurkan kebanggaan ini, sehingga Dia menetapkan maksiat kepadanya agar dia mengetahui bahwa dia lemah, matanya menangis, dan dia beristighfar kepada Rabbnya, dan berkata: "Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku." Ini adalah tingkatan Nabi ﷺ, yang berkata: "Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku." (HR. Al-Bukhari no. 6323).  Pada saat itu, rasa bangga hilang dan godaan-godaan itu hilang, dan keadaan hamba menjadi lurus.

ولهذا قال بعض السلف: كم من حسنة أدخلت صاحبها النار، وكم من سيئة أدخلت صاحبها الجنة. كيف هذا؟ الحسنة التي تدخل النار هي أن يفعل الحسنة ويعجب بها ويستكبر ويتألى على الله ويقول: "أنا مستحق لدخول الجنة بعملي"، فعند ذلك يدخل النار بالعُجب وبهذه الخطرات السيئة وسبب هذا تلك الحسنة. والسيئة التي تدخل صاحبها الجنة هي السيئة التي يندم عليها ويبكي فتذرف دمعة وينكسر قلبه ويتوجه إلى ربه توجه الذليل المنكسر الفقير المعدم، لا يزال يتضرع إلى الله حتى يدخله الجنة بسبب ماذا؟ بسبب الذنوب.

Oleh karena itu, beberapa salaf berkata: Betapa banyak kebaikan yang memasukkan pelakunya ke dalam neraka, dan betapa banyak kejahatan yang memasukkan pelakunya ke dalam surga. Bagaimana ini? Kebaikan yang memasukkan ke dalam neraka adalah ketika seseorang melakukan kebaikan dan merasa bangga dengannya, sombong, dan merasa lebih baik dari Allah, dan berkata: "Saya pantas masuk surga karena amal saya," maka pada saat itu dia masuk neraka karena rasa bangga dan godaan-godaan buruk ini, dan penyebabnya adalah kebaikan tersebut. Kejahatan yang memasukkan pelakunya ke dalam surga adalah kejahatan yang dia sesali, menangis karenanya sehingga air matanya mengalir, hatinya hancur, dan dia menghadap kepada Rabbnya dengan kerendahan hati, tidak henti-hentinya memohon kepada Allah sampai Allah memasukkannya ke surga karena apa? Karena dosa-dosa.

ما بكت العيون إلا من المعاصي. الذين يخشون الله، الذين يتقون الله، يُرجى في حديث السبعة الذين يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله، "رجل ذكر الله ففاضت عيناه" خشية من الله وندم على التقصير تعظيمًا لحق الله عز وجل.

Mata tidak menangis kecuali karena dosa. Orang-orang yang takut kepada Allah, orang-orang yang bertakwa kepada Allah, diharapkan dalam hadis tujuh orang yang akan dinaungi Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, "Seorang pria yang mengingat Allah lalu air matanya mengalir" karena takut kepada Allah dan menyesali kekurangannya dalam mengagungkan hak Allah Azza wa Jalla.

فإذا المؤمن يستقيم على عبادة الله عز وجل ويعلم أن الله عز وجل لم يُقدر شرًا محضًا، حتى الذنوب التي يقدرها الله كم لله فيها من حكمة. وبهذا يتبين أن الشر لا يُضاف إلى الله ولكن باعتبار الشر في الجزئي والخير في الجزئي.

Maka seorang mukmin tetap teguh dalam ibadah kepada Allah Azza wa Jalla dan mengetahui bahwa Allah Azza wa Jalla tidak menetapkan kejahatan murni, bahkan dosa-dosa yang Allah tetapkan betapa banyak hikmah yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, terlihat bahwa kejahatan tidak ditambahkan kepada Allah tetapi dalam pertimbangan kejahatan sebagian dan kebaikan sebagian.

وهذا هو المقصود بقول النبي صلى الله عليه وسلم: "وأن تؤمن بالقدر خيره وشره". فالشر الجزئي والخير الجزئي إذا كان الشيء فيه اعتبار خير واعتبار شر، فإنه لا يصلح أن ينتزع من هذا الشيء الذي هو نسبي خيره وشره ويقال إن الله قدر الشر أو إن الله قدر الخير.

Inilah yang dimaksud oleh sabda Nabi ﷺ: "Dan kamu harus beriman kepada takdir, baik dan buruknya." (HR. Muslim no. 8). Jadi kejahatan sebagian dan kebaikan sebagian, jika suatu hal memiliki pertimbangan kebaikan dan pertimbangan kejahatan, maka tidak tepat untuk mengambil dari hal ini yang relatif kebaikan dan kejahatannya dan mengatakan bahwa Allah mentaqdirkan kejahatan atau bahwa Allah mentaqdirkan kebaikan.

Bersambung============


شرح أصول السنة 
للإمام الحميدي رحمه الله
مع فضيلة الشيخ الأستاذ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي حفظه الله تعالى




قالوا: وهذا مثل أن يكون في الرعية للإمام من هو مطيع وعاصي، وفيها خير وشر. فلو قال قائل للإمام: "يا أمير العصاة، يا أمير المبتدعة، يا أمير الزناة، يا شراب الخمر" لكان هذا يستحق التأديب، مع أن الرعية فيها من هو كذلك. لكن لو قال: "يا أمير المؤمنين" لأصبح ممدوحًا. 
ولهذا العلماء عندما يمدحون يُقال: "هذا شيخ فلان"، وتذكر أبرز تلاميذه. وكما ذكرنا في الحميدي، نذكر عبر علماء وابرز من روى عنه، وقد يروي عن هؤلاء الأئمة بعض الضعاف والوضاعين فلا تُقال رويت عنه القاطع الفلاني الفلاني. فهذا هو الحكم في أن الشر الذي يكون في القدر لا يُضاف إلى الله باعتبارين: باعتبار أن الله لا يُضاف إليه إلا ما هو حسن، فإذا قدر الشيء وفيه خير يُضاف إليه الخير، والأمر الآخر أن الله في قول النبي صلى الله عليه وسلم: "والشر ليس إليك"،   الشر المحض ليس إلى الله ولا يخلقه الله.

Mereka berkata: “Ini seperti memiliki dalam rakyat seorang imam yang taat dan durhaka, dan ada kebaikan dan kejahatan. Jika seseorang berkata kepada imam: "Wahai pemimpin orang-orang durhaka, wahai pemimpin para ahli bid'ah, wahai pemimpin para pezina, wahai peminum minuman keras," maka ini pantas mendapat hukuman, meskipun dalam rakyat ada yang seperti itu. Namun jika dia berkata: "Wahai pemimpin orang-orang beriman," maka dia menjadi terpuji. Oleh karena itu, para ulama ketika memuji disebutkan: "Ini adalah guru si fulan," dan disebutkan murid-murid terkemuka. Seperti yang disebutkan dalam kasus Al-Humaidy rahimahullah, kami menyebutkan para ulama dan perawi terkemuka yang meriwayatkan darinya, dan mungkin ada yang meriwayatkan dari para imam ini beberapa perawi lemah dan pemalsu sehingga tidak disebutkan. Jadi ini adalah hukum bahwa kejahatan dalam takdir tidak ditambahkan kepada Allah dalam dua pertimbangan: bahwa Allah hanya ditambahkan dengan apa yang baik, jika sesuatu ditetapkan dan ada kebaikan, kebaikan ditambahkan kepadanya, dan yang lainnya adalah bahwa Allah dalam sabda Nabi ﷺ: "Dan kejahatan bukan dari-Mu," (HR.Muslim no. 771). kejahatan murni, kejahatan murni bukan dari Allah dan tidak diciptakan oleh Allah.

قال: "أن يؤمن الرجل بالقدر خيره وشره، حلوه ومره". الحلاوة والمرارة هنا ليست هي الحسية كحلاوة الطعام وحلاوة ما يؤكل من الأشياء الحلوة، والمرارة من الأشياء المرة، ولكن المقصود بهذا كل القضاء ومر القضاء. كما قال بعض أهل العلم: يعبر بالحلاوة عما يسر، وبالمرارة عما يحزن. والمقصود أن المؤمن يجب عليه أن يؤمن بالقدر خيره وشره، حلوه ومره، ما يسره وما يحزنه، الطاعات والمعاصي، كلها يؤمن بأنها مقدرة من الله عز وجل.

Beliau berkata: "Seorang pria harus beriman kepada takdir, baik dan buruknya, manis dan pahitnya." Manis dan pahit di sini bukanlah yang bersifat fisik seperti manisnya makanan dan manisnya apa yang dimakan dari benda-benda manis, dan pahitnya dari benda-benda pahit, tetapi yang dimaksudkan adalah semua ketetapan dan kepahitan ketetapan. Seperti yang dikatakan oleh beberapa ulama: manis digunakan untuk menggambarkan apa yang menyenangkan, dan pahit digunakan untuk menggambarkan apa yang menyedihkan. Yang dimaksudkan adalah seorang mukmin harus beriman kepada takdir, baik dan buruknya, manis dan pahitnya, apa yang menyenangkan dan apa yang menyedihkan, ketaatan dan kemaksiatan, semuanya beriman bahwa itu adalah ketetapan dari Allah Azza wa Jalla.

وأن يعلم أن ما أصابه لم يكن ليخطئه، وما أخطأه لم يكن ليصيبه، كما جاء في الحديث. إن ما أصابه من الأمور المقدرة لم يكن ليخطئه لأنه بقدر، وما أخطأه ليس المقصود بالخطأ هنا الخطأ في الاختلاف وهو عدم موافقة الإصابة، ولكن المقصود ما أخطأه يعني لم يُقدر أن يصيبه. يعني ما قدر أن يُصيبه لم يكن ليُصيبه. وإذا حقق المؤمن هذه الرتبة فإنه لن يندم على شيء، وسيكون مطمئن القلب، يرضى بقدر الله، ويبذل الأسباب في توقي الشرور والاستقامة على طاعة الله. لكن إذا قُدر له الخير رضي وشكر، وإذا قُدر عليه البلاء صبر، وعلم أن الله عز وجل قدر لحكمة.

Dan dia harus tahu bahwa apa yang menimpanya tidak akan melewatinya, dan apa yang melewatinya tidak akan menimpanya, seperti yang disebutkan dalam hadis. Apa yang menimpanya dari hal-hal yang ditetapkan tidak akan melewatinya karena itu adalah takdir, dan apa yang melewatkannya, maksudnya di sini bukan kesalahan dalam perbedaan yang tidak sesuai dengan ketepatan, tetapi yang dimaksud adalah apa yang melewatkannya berarti tidak ditetapkan untuk menimpanya. Maksudnya apa yang ditetapkan untuk menimpanya tidak akan melewatinya. Jika seorang mukmin mencapai tingkat ini, maka dia tidak akan menyesali apa pun, dan hatinya akan tenang, ridha dengan takdir Allah, dan melakukan upaya untuk menghindari kejahatan dan tetap teguh dalam ketaatan kepada Allah. Namun, jika dia ditakdirkan mendapat kebaikan, dia ridha dan bersyukur, dan jika dia ditakdirkan mendapat musibah, dia bersabar, dan mengetahui bahwa Allah Azza wa Jalla menetapkan dengan hikmah.

وهل يُرضى عن المصائب؟ هذا فيه تفصيل. إذا كانت هذه المصائب مما يصيب الإنسان من الأمور المقدرة المحزنة كموت الأقارب والأبناء وذهاب الأموال، فإنه يجب أن يرضى عن الله لما قدر وأن يعلم أن هذا لحكمة. وأما ما يقدره الله عليه من الذنوب فيجب عليه أن لا يرضى عن نفسه بفعل المعصية، ويرضى عن ربه بما قدر عليه لأنه يعلم أن الله حكيم عليم. كما قلنا قد يقدر الله عليك الذنب ليعظك وتستغفر، ولأن الندم والحزن الذي يصيب التائبين لا يوجد لغيرهم، فيريد الله أن يجعلك من هؤلاء، والتوبة لا تكون إلا بعد ذنب فيُقدر الله الذنب بما يترتب عليه من الخير لك.

Apakah harus ridha terhadap musibah? Ini ada rinciannya. Jika musibah tersebut adalah sesuatu yang menimpa manusia dari hal-hal yang ditetapkan yang menyedihkan seperti kematian kerabat dan anak-anak, hilangnya harta benda, maka dia harus ridha kepada Allah atas apa yang ditetapkan dan mengetahui bahwa itu adalah hikmah. Adapun dosa-dosa yang ditetapkan Allah atas dirinya, dia tidak boleh ridha pada dirinya sendiri karena melakukan dosa, tetapi ridha pada Rabbnya atas apa yang ditetapkan karena dia tahu bahwa Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui. Seperti yang kita katakan, Allah mungkin menetapkan dosa atasmu untuk memberi pelajaran dan agar kamu beristighfar, karena penyesalan dan kesedihan yang menimpa orang-orang yang bertaubat tidak ada pada orang lain, Allah ingin menjadikanmu salah satu dari mereka, dan taubat tidak ada kecuali setelah dosa sehingga Allah menetapkan dosa dengan apa yang dihasilkan dari kebaikan untukmu.

وأن ذلك كله من قضاء الله عز وجل. إن كل ذلك من قضاء الله عز وجل. ما أصابك أصابك بقضاء الله، وما لم يصبك فلم يصبك بقضاء الله. وهذا يثمر أن لا ينسب الإنسان ما حصل له من الخير لنفسه بل يقول الحمد لله على ما أعطى، وإذا أُصيب بمصيبة يرضى عن الله عز وجل فيما قدر ويصبر.

Dan semua itu adalah dari ketetapan Allah Azza Jalla. Semua itu adalah dari ketetapan Allah Azza Jalla. Apa yang menimpamu, menimpamu dengan ketetapan Allah, dan apa yang tidak menimpamu tidak akan menimpamu dengan ketetapan Allah. Ini menghasilkan bahwa seseorang tidak menyandarkan apa yang diperolehnya dari kebaikan kepada dirinya sendiri tetapi berkata Alhamdulillah atas apa yang diberikan, dan jika dia ditimpa musibah, dia ridha kepada Allah Azza wa Jalla dalam apa yang ditetapkan dan bersabar.

جاء في بعض الأثار: "إن المؤمن لا يزال بخير ما إذا أعطي شكر، وإذا ابتُلي صبر، وإذا أذنب استغفر". وقد جاء في بعض الأثار أن هذه عنوان السعادة: إذا أعطي شكر، وإذا ابتُلي صبر، وإذا أذنب استغفر.

Disebutkan dalam beberapa atsar: "Seorang mukmin akan selalu dalam kebaikan selama dia bersyukur jika diberi, bersabar jika diuji, dan beristighfar jika berdosa.". Disebutkan dalam beberapa riwayat bahwa ini adalah tanda kebahagiaan: jika diberi bersyukur, jika diuji bersabar, jika berdosa beristighfar.”

والإيمان بالقدر شأنه عظيم، وهو ميزان الحياة. وكلما تأملت هذا الباب لا أجد بعد التوحيد نفعًا للإنسان في حياته وبعد مماته من الإيمان بالقدر، وليس هذا في عشير إذا قارن هذا بالتوحيد، لأنه كما قال ابن عباس: "القدر نظام التوحيد". فمن وحَّد الله وآمن بالقدر تم توحيده، ومن وحَّد الله وكذَّب بالقدر نقض تكذيبه توحيده.

Keimanan kepada takdir memiliki kedudukan yang agung, dan merupakan timbangan kehidupan. Semakin saya merenungi bab ini, saya tidak menemukan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi manusia dalam hidupnya dan setelah kematiannya selain keimanan kepada takdir, tidak dalam persentase kecil jika dibandingkan dengan tauhid, karena seperti yang dikatakan oleh Ibn Abbas radhiallahu’anhuma: "Takdir adalah sistem tauhid." Maka siapa yang mengesakan Allah dan beriman kepada takdir, sempurnalah tauhidnya, dan siapa yang mengesakan Allah dan mendustakan takdir, dia merusak tauhidnya.

القدر نظام التوحيد، وهذا له شأن عظيم. القدر من ثماره أنك لا تتكبر إذا أُعطيت، فتعلم أن الله هو الذي منَّ عليك وهو الذي أعطى. القدر يثمر أن لا تسخر من المبتلى، لأن الذي عصمك هو الذي ابتلاه، فلست بأفضل منه، لكن الله منَّ عليك وابتلاه. القدر يحمل على الاستقامة، لأن الإنسان إذا زاغ في جوارحه أزاغ الله قلبه، كما قال: " فَلَمَّا زَاغُوا أَزَاغَ اللَّهُ قُلُوبَهُمْ ". فيخشى العاصي أن يُقدر الله عليه بهذا الذنب، وإذا وقلبها يمكن ترتجي.

Takdir adalah sistem tauhid, dan ini memiliki kedudukan yang agung. Salah satu buah dari takdir adalah bahwa kamu tidak akan sombong jika diberi, karena kamu tahu bahwa Allah yang telah memberimu dan yang memberi. Takdir menghasilkan bahwa kamu tidak mengejek orang yang diuji, karena yang melindungimu adalah yang mengujinya, jadi kamu tidak lebih baik darinya, tetapi Allah yang memberimu dan mengujinya. Takdir mendorong pada keteguhan, karena jika manusia menyimpang dalam anggota tubuhnya, Allah akan menyimpangkan hatinya, seperti firman-Nya: "Ketika mereka menyimpang, Allah menyimpangkan hati mereka." (QS. As-Shaff: 5).  Jadi, orang yang berdosa takut bahwa Allah akan menetapkan dosa ini atasnya, dan jika terbalik, dia dapat berharap.

ولهذا القدر هو أعظم فاجر. كنا نتعجب من بعض أهل البدع الذين يعبدون غير الله، يدعونهم من دون الله. كيف وصلوا إلى هذا الحد؟ حتى رأينا في هذه العصور وبعضهم ينتسب إلى أهل السنة والجماعة يقول أقوالًا يخلد رجلًا في دين الله، يقدم قوله على كلام الله، يواليه وقد أبعده الله، يقربه وقد أبعده الله، يواليه والله عز وجل أمر عادات من العقول، العقول لا تنفع. وكما جاء في الحديث: "ولا ينفع ذا الجد منك الجد" إلا بتوفيق الله.

Oleh karena itu, takdir adalah pemutus yang terbesar. Kami heran dengan beberapa ahli bid'ah yang menyembah selain Allah, memanggil mereka selain Allah. Bagaimana mereka sampai pada titik ini? Hingga kami melihat di zaman ini dan beberapa dari mereka yang mengaku sebagai Ahlus Sunnah wal Jama'ah mengatakan kata-kata yang mengabadikan seseorang dalam agama Allah, mengutamakan perkataannya di atas firman Allah, mendukungnya padahal Allah menjauhkannya, mendekatkannya padahal Allah menjauhkannya, mendukungnya padahal Allah memerintahkan kebiasaan dari akal, akal tidak berguna. Seperti yang disebutkan dalam hadis: " "Dan tidak akan berguna kekayaan (atau usaha) seseorang di hadapan-Mu (tanpa izin dan rahmat-Mu)." (HR. Al-Bukhari no. 6615) kecuali dengan taufik Allah."

القدر شأنه عظيم، ومتى ما حققه المؤمن أثمر ثمارًا عظيمة. حتى إن الإنسان ليستشعر أن كل ما به من نعمة فهي من الله عز وجل، ليس له، بل كلما ازداد فضله ازداد تواضعًا لله لأنه يعلم أنه منعم عليه. وهكذا كان النبي صلى الله عليه وسلم هو أعظم الناس تواضعًا مع أن الله بلغه رتبة لم يبلغها أحد من بني آدم لا آدم ولا بنيه منذ أن خلق الله آدم.

Takdir memiliki kedudukan yang agung, dan ketika seorang mukmin mewujudkannya, ia akan menghasilkan buah yang agung. Hingga seseorang merasakan bahwa semua nikmat yang ada padanya adalah dari Allah Azza wa Jalla, bukan dari dirinya sendiri, bahkan semakin bertambah keutamaannya, semakin rendah hatinya kepada Allah karena dia tahu bahwa dia  diberi nikmat. Demikianlah Nabi ﷺ adalah orang yang paling rendah hati meskipun Allah memberinya kedudukan yang tidak pernah dicapai oleh siapa pun dari Bani Adam, baik Adam maupun keturunannya sejak Allah menciptakan Adam.

وخلق ذريته إلى أن تقوم الساعة. والله، ما مشى على الأرض وما وطئت قدم هذه البسيطة أعظم وأشرف وأعظم منزلة عند الله من هذا النبي الكريم عليه الصلاة والسلام. ومع هذا، كان متواضعًا، يجالس أصحابه ويمازحهم، يُسلم على الصبيان، يأتيه الأعرابي ويجذبه ويقول: "إنكم يا بني عبد المطلب أصحابُ مَطْلٍ "، فيلتفت إليه النبي ويبتسم ويقول: "إِنَّ لِصَاحِبِ الحَقِّ مَقَالًا ".

dan keturunannya hingga hari kiamat. Demi Allah, tidak ada yang berjalan di bumi ini dan tidak ada yang menginjakkan kaki di tanah ini yang lebih agung, lebih mulia, dan lebih tinggi kedudukannya di sisi Allah daripada Nabi yang mulia ini, ﷺ. Meskipun demikian, beliau ﷺ adalah orang yang rendah hati, duduk bersama sahabat-sahabatnya, bercanda dengan mereka, menyapa anak-anak, didatangi oleh seorang Badui yang menariknya dan berkata: "Sesungguhnya kalian, Bani Abdul Muttalib, adalah orang-orang yang menunda pembayaran," maka Nabi ﷺ menoleh kepadanya, tersenyum, dan berkata: "Orang yang berhak memiliki hak untuk berbicara." (HR. Al-Bukhari no. 2609)

هذا هو الرسول الكريم، في تحقيقه للإيمان بالله وتعظيمه، والإيمان بالقدر. لم يُبتلَ أحد كما ابتُلي هذا النبي الكريم عليه الصلاة والسلام. مات أبوه وهو جنين في بطن أمه، ثم ماتت أمه، ثم مات جده عبد المطلب، ثم ماتت زوجته خديجة رضي الله عنها، وأوذي ووضع سلى الجزور على ظهره وهو نبي الله، وهو خيرة خلق الله، وأُخرج من بلده، ومات الكثير من أبنائه، ومات ابنه إبراهيم، ابنه الوحيد بعد موت القاسم.

Inilah Rasul yang mulia, dalam mewujudkan keimanan kepada Allah dan mengagungkan-Nya, dan keimanan kepada takdir. Tidak ada yang diuji seperti yang dialami Nabi yang mulia ini, ﷺ. Ayahnya meninggal ketika beliau ﷺ masih dalam kandungan ibunya, kemudian ibunya meninggal, kemudian kakeknya Abdul Muttalib meninggal, kemudian istrinya Khadijah radhiallahu’anha meninggal, dan beliau ﷺ disakiti dan diletakkan isi perut unta di punggungnya dan beliau ﷺ adalah Nabi Allah, orang pilihan dari makhluk Allah, dan beliau    ﷺ  diusir dari kotanya, dan banyak anak-anaknya meninggal, dan anaknya Ibrahim meninggal, satu-satunya anaknya setelah Qasim meninggal.

ومع هذا، صبر، ولقي الله، وكان بيته في الشهر والشهرين لا يوقد فيه نار لطهي الطعام عليه الصلاة والسلام، وكان يربط على بطنه من شدة الجوع. وكان بيده أن يملك الدنيا وما فيها، لأنه لو سأل الله أن يعطيه القصور لأعطاه الله، بل كان لا يبقي شيئًا من الغنائم، بل يقسمها على المسلمين.

Meskipun demikian, beliau bersabar, dan bertemu dengan Allah, dan pernah rumahnya selama sebulan atau dua bulan tidak bisa dinyalakan api untuk memasak makanannya ﷺ, dan beliau ﷺ mengikat perutnya karena kelaparan yang parah. Beliau ﷺ bisa memiliki dunia dan apa yang ada di dalamnya, karena jika beliau ﷺ meminta Allah untuk memberinya istana, Allah akan memberinya, tetapi beliau ﷺ tidak menyimpan apa pun dari rampasan perang, tetapi membaginya kepada umat Islam.

ومع ذلك، نتوقف عند هذا، والله أعلم، وصلى الله وسلم وبارك على عبده ورسوله محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Dengan demikian, kita berhenti di sini, dan Allahu A’lam (Allah lebih mengetahui), semoga shalawat dan salam serta berkah Allah tercurah kepada hamba dan Rasul-Nya Muhammad ﷺ, dan kepada keluarga serta sahabatnya semuanya.

=---bersambung=






Tidak ada komentar:

Posting Komentar