Minggu, 05 Mei 2013

BERSHOLAWAT

Nabi sallallahu alaihi ws sallam bersabda, " Pertama kali yg akan di putuskan perkara seorang anak cucu adam adalah urusan darah ".Diriwayatkan oleh sahabat muliya, Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, bahwa Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa mengucapkan sholawat kepadaku sekali, niscaya Allah Ta'ala mendoakan kepada orang tersebut sepuluh kali." (HR.Muslim).

Berkata Ibnul Aroby, Sesungguhnya Allah Ta'ala telah berfirman, "Barang siapa yang datang membawa satu kebajikan maka baginya sepuluh kali lipat semisalnya." (QS.Al-'An'am: 160). Di dalam ayat muliya ini diterangkan, bahwa siapa saja yang berbuat kebaikan sekali, ia akan mendapat sepuluh kali lipat balasan dari Allah Ta'ala. Demikian pula mengucapkan Sholawat untuk Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam sekali maka baginya mendapat sholawat atau do'a dari Allah Azza wa Jalla sepuluh kali. Dan do'a dari Allah adalah jauh lebih baik dan muliya dari hanya sekedar satu pahala kebajikan.

Diriwayatkan dari sahabat Abdullah Ibnu Mas'ud radhiyallahu'anhu, dari Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya Allah memiliki para malaikat yang betebaran di muka bumi yang menyampaikan salam kepadaku dari para umatku." (HR.Ahmad dan Nasa'i).

Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Hari terbaik bagi kalian adalah hari Jum'ah, hari tersebut diciptakan Adam, di hari itu ia diwafatkan, di hari itu ditiup sangkakala, dan manusia dibangkitkan, maka perbanyaklah bersholawat kepadaku, sesungguhnya sholawat kalian dihantarkan kehadapanku". Para sahabat bertanya, "Bagaimana dihantarkan ke hadapanmu sedang engkau sudah menjadi tanah?" Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla mengharamkan tanah untuk memakan jasad para Nabi." (HR.Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar