Sabtu, 08 November 2014

BUAH KEBAJIKAN

Alhamdulillah,  wassholatu wassalamu ala' Rosulillah, wa ba' du ;

Allah Ta'ala berfirman,  " Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh) ". (QS. Ya-Sin 12).

Imam Ibu Qoyyim Al-Jauziyah berkata, " Didalam ayat mulia ini terkumpul dua kitab catatan amal manusia, yaitu kitab catatan amal yang telah ada sebelum diciptakan dan kitab catatan amal yang mengiringi amal perbuatan manusia. Didalam ayat ini dikabarkan bahwa Allah Ta'ala membangkitkan manusia setelah kematian dan membalasi amal perbuatannya sebagai mana telah tercatat dalam kitab catatan amal dan memberikan balasan atas apa yang mereka tinggalkan dari jejak jejak dan bekas-bekas yang baik dan buruk yang diikuti oleh para manusia sepeninggal hidupnya.

Ibu Abbas radhiyallahu anhuma berkata, " Bekas-bekas dan jejak jejak mereka adalah sesuatu yang mereka contohkan dan mereka kerjakan ketika masih hidup sehingga diikuti dan ditiru oleh para manusia setelah sepeninggal nya dari perbuatan baik dan buruk, sebagaimana difirmankan, " Pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya ". (QS. Al-Qiyamah 13).

Di sini terdapat suatu faedah yaitu bahwa Allah Ta'ala telah menulis dan mencatat amal perbuatan hamba dan buah dari amalan tersebut, seakan akan buah dan hasil amalan nya juga telah mereka kerjakan.

Diriwayatkan dari Ikrimah, Ibu Abbas dan Anas berkata, ayat ini turun pada kabilah bani Salimah yang hendak berpindah rumah hingga dekat dengan masjid yang mana rumah mereka jauh darinya,  sehingga tatkala ayat ini turun mereka mengurungkan niat mereka untuk berpindah dan mereka berkata, " Kita tetap tinggal di tempat asal kita ". (HR. Bukhary dan Muslim).

Berkata Masruq, " Tidaklah seorang hamba melangkahkan kaki nya kecuali telah tertulis padanya suatu kebajikan atau keburukan ". (Bada'iut Tafsir 3/475-477).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar