Jumat, 18 September 2015

WASIAT KEPADA PARA PEMUDA

As-Syaikh Prof DR Abdurrozak Al-Badr hafidhohullahu Ta'ala.

Alhamdulillah, was sholaatu was salaamu ala Rosulillah, wa ba'du :

Wahai para pemuda yang semoga mendapatkan limpahan taufik Allah Ta'ala, dibawah ini ada beberapa wasiat yang aku persembahan kepada kalian dalam rangka bentuk kasih sayang, sekiranya kalian mengamalkan nya, maka niscaya itu merupakan jalan keberuntungan, kebahagiaan, keselamatan untuk dunia dan akhirat.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda, menjaga diri dan beramal untuk menyelamatkan diri dari berbagai kerusakan dan keburukan dan segala bentuk nya dengan memohon pertolongan kepada Allah Ta'ala dan tawakal kepada-Nya, maka segala pintu-pintu kejelekan dan berdampak buruk, berusahalah untuk menghindari dan menjauhi nya.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda berusaha untuk menunaikan kewajiban dan sesuatu yang telah di fardhukan kepada kalian dalam agama islam, terlebih sholat, karena sholat akan membentengi diri kalian dan menjaga agar tidak terjerumus dalam lembah keburukan dan kebathilan. 

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda agar senantiasa menunaikan hak-hak para hamba yang telah diwajibkan Allah Ta'ala kepada kalian semua, diantaranya hak yang paling agung adalah orang tua, sesungguhnya hal ini merupakan kewajiban utama dan hak yang diutamakan.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda, senantiasa mendekati para ahli ilmu dan ulama, agar dapat mendengarkan nasihat dan petuah, mengkaji mutiara hikmah, serta mendapatkan pelajaran dan mauidhzoh hasanah, dan bertanya dan meminta fatwa dari perkara yang tidak diketahui.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda agar senantiasa menjaga diri dan membentengi jiwa dengan lantunan dzikir dan doa, seperti dzikir pagi dan petang, dzikir seusai sholat lima waktu, do'a masuk dan keluar rumah, do'a berkendara dan safar, dan sebagainya, dikarenakan do'a dan dzikir merupakan penjagaan dan benteng agar terhindar dari godaan dan tipu daya setan dan perlindungan dari keburukan dan petaka.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda memiliki rutinitas wirid setiap keseharian nya, dengan tilawah Al-Qur'an yang dapat melembutkan dan menentramkan hati, membawa kepada kebahagiaan dunia dan akhirat, sebagaimana firman Allah Ta'ala,

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

" (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (Q.S. Ar-Ra'du : 28)

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda agar memperbanyak memanjatkan do'a kepada Allah Ta'ala agar diberikan keteguhan dan istiqomah diatas petunjuk dan kebenaran, dan dihindarkan serta dijauhkan dari segala keburukan dan kesesatan, karena doa merupakan pintu kebaikan untuk dunia dan akhirat.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda berusaha mencari teman dan kawan yang baik dan saleh serta menghindari dan menjauhi dari pergaulan dengan orang yang tidak bermoral dan beretika, karena berhubungan dengan mereka akan mendatangkan bencana.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda agar menjaga diri dari aneka sarana yang sekarang ini banyak berkembang dan berbagai jenis media sosial dan dunia maya, yang akan menjerumuskan kedalam lembah keburukan. Dengan menghindari kejelekan dan menggapai keselamatan merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya selama nya.

●  Hendaknya kalian wahai para pemuda agar senantiasa mengingat bahwa kelak kalian pasti ditanya dihadapan Al-Ka'liq Subhaanahu Wa Ta'ala  tentang masa muda kalian, untuk apakah ia gunakan, ia habiskan, ia lalui. ...? 

Allah Ta'ala berfirman,

وَأَقْبَلَ بَعْضُهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ يَتَسَآءَلُونَ ﴿٢٥﴾ قَالُوٓا۟ إِنَّا كُنَّا قَبْلُ فِىٓ أَهْلِنَا مُشْفِقِينَ ﴿٢٦﴾ فَمَنَّ ٱللَّهُ عَلَيْنَا وَوَقَىٰنَا عَذَابَ ٱلسَّمُومِ ﴿٢٧﴾

"Dan sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain saling tanya-menanya.
"Mereka berkata: "Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diazab)"."
"Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka." (Q.S.Ath-Thuur :25-27)

Aku memohon kepada Allah Ta'ala agar kalian diberikan penjagaan oleh Allah Ta'ala sebagaimana penjagaan yang diberikan kepada orang-orang saleh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar