Selasa, 20 November 2018

PERAYAAN MAULID


| هل أَحتفلُ بالمولد النبوي ؟ |

APAKAH AKU AKAN MERAYAKAN HARI KELAHIRAN NABI shallallahu alaihi wa sallam  ??

بسم الله الرحمن الرحيم

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو ظفرت بحديث فيه حث منه صلى الله عليه وسلم على تخصيص يوم الثاني عشر من ربيع الأول بميزة عن غيره.

Aku akan menjadi orang yang pertama kali merayakan kelahiran nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku mendapatkan satu hadist yang nabi menganjurkan untuk melakukan perayaan secara khusus pada tanggal 12 robiul awal yang menjadi perbedaan dengan hari hari lainnya.

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو وجدت عنه صلى الله عليه وسلم حضا على الاحتفال به أو بشارة، ولو تلميحا.

Aku akan menjadi orang yang pertama kali yang merayakan hari kelahiran nabi shallallahu alaihi wa sallam jika terdapat anjuran atau kabar gembira walaupun secara tersirat dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو كنت لا أعتقد أنه بلغ البلاغ المبين، وأنه يمكن أن يكون ثمة خير لم يحضنا عليه.

Aku akan menjadi orang yang pertama merayakan hari maulid Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku tidak meyakini bahwa beliau menyampaikan secara nyata dan disana terdapat kemungkinan kebaikan yang tidak beliau sampaikan.

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو ظفرت بأثر عن أبي بكر رضي الله عنه أنه أقام وليمة ليلة المولد.

Aku akan menjadi orang yang pertama merayakan maulid Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku menjumpai atsar dari sahabat dan Kholifah Abu Bakar radhiyallahu anhu bahwa beliau mengadakan perayaan malam kelahiran nabi shallallahu alaihi wa sallam.

أو أن عمر رضي الله عنه جعل هذا اليوم يوم عطلة ولعب.

Atau atsar dari sahabat dan Kholifah Umar radhiyallahu anhu yang menjadikan hari kelahiran menjadi hari libur atau perayaan.

أو عن عثمان رضي الله عنه أنه حث في ذاك اليوم على الصدقة أو الصوم.

Atau terdapat atsar dari sahabat dan Kholifah Utsman radhiyallahu anhu yang menganjurkan pada hari maulid untuk melakukan sedekah atau berpuasa.

أو عن علي رضي الله عنه أنه أقام حلقة لمدارسة السيرة.

Atau medapati dari Kholifah dan keponakan Nabi yaitu sahabat Ali radhiyallahu anhu mengadakan halakoh pengajian untuk membaca siroh Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو علمت أن بلالا أو ابن عباس أو أي أحد من الصحابة -رضي الله عنهم- خصوا يوم المولد بأي شيء؛ ديني أو دنيوي.

Aku akan menjadi orang yang pertama merayakan kelahiran nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku mengetahui bahwa sahabat dan muadzin Nabi  Bilal radhiyallahu anhu atau sahabat dan keponakan Nabi, Ibnu Abbas radhiyallohu anhuma atau siapa saja dari sahabat radhiyallahu anhum ajmaiin memberikan pengkhususan pada hari maulid perayaan apa pun yang berbasis agama atau duniawi.

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو كنت لا أعتقد أن الصحابة أشد مني تعظيما ومحبة له -عليه الصلاة والسلام- وأعلم مني بقدره العلي.

Aku akan menjadi orang yang pertama merayakan hari kelahiran nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku tidak yakin bahwa para sahabat lebih mengagungkan dan lebih cinta kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam daripada diriku sendiri, dan lebih tau tentang kedudukan Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang sangat tinggi.

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو ظفرت بأثر عن أحد من التابعين -من آل البيت أو غيرهم- فيه الحض على قراءة المدائح النبوية يوم المولد.

Aku akan menjadi orang yang pertama kali merayakan hari kelahiran nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku mengetahui atsar dari salah satu Tabi’in atau Ahlil Bait Nabi shallallahu alaihi wa sallam atau pun siapa saja  (dari para Salafus-Sholih) yang menganjurkan untuk membaca puji-pujian untuk Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika hari maulid.

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو ظفرت بكلمة عن واحد من الأئمة الأربعة في الحث على الاحتفاء بيوم المولد.

Aku akan menjadi orang yang pertama kali merayakan hari maulid Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku mendapatkan salah satu dari imam empat madzhab  (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad) untuk melakukan perayaan maulid pada hari kelahiran Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

أو خبرٍ عن واحد منهم أنه اجتمع ليلته مع مجتمعين؛ فأنشدوا وتمايلوا!

Atau terdapat berita dari salah satu dari imam empat madzhab untuk berkumpul  bersama masyarakat pada malam kelahiran kemudian melantunkan nasyid sambil ber joget ria. 

سأكون أول من يحتفل بالمولد النبوي لو كنت أعتقد أن هؤلاء الأئمة ومن سبقهم جفاة غلاظ لا يعرفون قدر نبيهم صلى الله عليه وسلم وحرمته ولا رفيع منزلته.

Aku akan menjadi orang yang pertama kali megadakan maulid jika aku yakin bahwa mereka para imam empat madzhab dan pendahulunya adalah orang-orang yang kaku, keras, tidak mengetahui kedudukan Nabi shallallahu alaihi wa sallam juga tidak kenal keagungan dan kemuliaan shallallahu alaihi wa sallam.

سأكون أول من يحتفل بـالمولد النبوي لو كنت أعتقد أن الأمة لم تكن تعرف كيف تعبر عن حبها لنبيها صلى الله عليه وسلم أكثر من ثلاثمائة عام -من نشأنها-؛ حيث لم يقم خلالها مولد واحد!

Aku akan menjadi orang yang pertama merayakan hari kelahiran nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku meyakini bahwa para imam imam terdahulu tidak mengetahui bagaimana cara mengungkapkan rasa cinta terhadap Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang telah berlangsung lebih dari tiga ratus tahun dari lahir nya Nabi shallallahu alaihi wa sallam, dan tidak satu pun dari mereka merayakan walaupun sekali saja !

أخيرا .. سأكون أول من يحتفل بـالمولد النبوي لو كنت أعتقد أن السبيل الأهدى: ابتداع المتأخرين، لا اتباع الأسلاف الصالحين.

Terakhir. .....aku akan menjadi orang yang pertama kali merayakan maulid Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika aku meyakini bahwa jalan yang paling  benar adalah : " MENGIKUTI BID'AH ORANG-ORANG AKHIR ZAMAN  dan TIDAK MENGIKUTI ORANG-ORANG TERDAHULU DARI SALAFUS SHOLIH.

والحمد لله رب العالمين، وصلى الله وسلم على عبده ورسوله وخليله نبينا محمد، وعلى آله وصحبه أجمعين.

ا--------------------------ا

📌وكتبه: أ.د. صالح بن عبد العزيز سندي

http://www.salehs.net/mk28.htm

ا═•═📚═•═ا
قناة فوائد الشيخ أ.د.صالح سندي.
t.me/Drsalehs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar