Jumat, 27 November 2015

PENGARUH DOSA


Alhamdulillah, wassholatu wassalamu ala Rosulillah, wa ba'du; 

Sesungguhnya dosa dan maksiat memiliki dampak buruk bagi individu pribadi dan masyarakat, menghancurkan tumbuhan dan kehidupan, terhalangi nya barokah dan rizki dari langit.

Allah Ta'ala berfirman, 

وَلَقَدْ أَخَذْنَآ ءَالَ فِرْعَوْنَ بِٱلسِّنِينَ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلثَّمَرَٰتِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ 

" Dan sesungguhnya Kami telah menghukum (Fir'aun dan) kaumnya dengan (mendatangkan) musim kemarau yang panjang dan kekurangan buah-buahan, supaya mereka mengambil pelajaran." (Q.S. Al-A'raaf :130)

Apa yang menimpa pada umat zaman dahulu dari aneka bencana dan adzab kecuali disebabkan karena dosa dan kekufuran. 

Allah Ta'ala berfirman, 

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ وَلَٰكِن كَذَّبُوا۟ فَأَخَذْنَٰهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ 

" Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka 

disebabkan perbuatannya." (Q.S. Al-A'raaf 96)

Betapa banyak umat manusia yang binasa lantaran dosa....? Berapa negri yang telah hancur. ..? 

Allah Ta'ala berfirman, 

وَكَمْ قَصَمْنَا مِن قَرْيَةٍ كَانَتْ ظَالِمَةً وَأَنشَأْنَا بَعْدَهَا قَوْمًا ءَاخَرِينَ 

" Dan berapa banyaknya (penduduk) negeri yang zalim yang teIah Kami binasakan, dan Kami adakan sesudah mereka itu kaum yang lain (sebagai penggantinya)." (Q.S . Al-Anbiya :11)

Al-Imam Mujahid berkata, " Sesungguhnya binatang ternak senantiasa melaknati anak cucu Adam yang melakukan maksiat  jika datang musim paceklik dan kering, seraya berkata, " Ini merupakan dampak keburukan maksiat anak cucu Adam ".

Nabi Sallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

وان العبد الفاجر اذا مات، يستريح منه العباد و البلاد والشجر والدواب 

" Sesungguhnya jika terdapat seorang yang berbuat dosa telah mati, maka para manusia, negri, tumbuhan dan bintang merasa terbebas dari keburukan orang tersebut ".  (HR. Muslim)

Sesungguhnya keburukan dan petaka yang turun ke bumi ini tidak lain lantaran dosa dan maksiat. 

Allah Ta'ala berfirman, 

فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنۢبِهِۦ ۖ فَمِنْهُم مَّنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُم مَّنْ أَخَذَتْهُ ٱلصَّيْحَةُ وَمِنْهُم مَّنْ خَسَفْنَا بِهِ ٱلْأَرْضَ وَمِنْهُم مَّنْ أَغْرَقْنَا ۚ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَٰكِن كَانُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ 

" Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri." (Q.S. Al-Ankabut :40)

Allah Ta'ala berfirman, 

فَلَمَّا جَآءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَٰلِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ مَّنضُودٍ 

" Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi ". ( Q.S. Huud 82)

Sesungguhnya dosa dan maksiat jika merasuki hati manusia kecuali akan menjadikannya buta, akan menganggap ringan dosa-dosa lainnya, mematikan hati, menggerogoti amalan ketaatan, menutup pintu kebajikan, merubah sesuatu yang ridho menjadi kemurkaan. 

Betapa banyak kemungkaran merajalela di masyarakat.....Bagaimana kaum muslimin menegakkan sholat jamaah lima waktu. ....Bagaimana kondisi orang-orang yang diberikan kelebihan harta tatkala menunaikan zakat. ....sedekah. ....bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan..... .....Bagaimana orang-orang muslim tatkala dihadapkan dengan riba. ....Bagaimana orang-orang islam dengan sumpah-sumpah palsu. ....Bagaimana kondisi kaum muslimin yang telah menyimpang dari fitrah. ....

Dan Allah Ta'ala berfirman, 

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ 

"  Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia."

(Q.S . Ar-Ra'du :11)

Tiada penawar dari turunnya bencana dan adzab kecuali ucapan istigfar yang bersumber dari dalam lubuk hati dan dibarengi dengan amalan yang saleh. 

Allah Ta'ala berfirman, 

وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ 

" Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun". (Q.S. Al-Anfaal :33)

Allah Ta'ala berfirman, 

 لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ 

" Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat". (Q.S. An-Naml :46)

Allah Ta'ala berfirman, 

وَأَنِ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوٓا۟ إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُم مَّتَٰعًا حَسَنًا إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِى فَضْلٍ فَضْلَهُۥ ۖ وَإِن تَوَلَّوْا۟ فَإِنِّىٓ أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ 

" Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat." (Q.S. Huud :3)

Allah Ta'ala berfirman, 

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا ﴿١٠﴾

يُرْسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا ﴿١١﴾

وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا 

" Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-,"

niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat".

Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai."
(Q.S.Nuuh :9-12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar