Sabtu, 01 Maret 2014

KUBUR MERUPAKAN AWAL DARI KEHIDUPAN AKHIRAT

Allah Ta'ala berfirman: "Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (kalimat Toyyibah) di dunia dan di akhirat, dan Allah menyesatkan orang-orang yang dzalim dan Allah berbuat apa yang Dia kehendaki". (QS Ibrohim: 27).

Berkata sahabat muliya Baro' ibnu A'zib radhiyallahu'anhu, "Ayat di atas turun menerangkan tentang Adzab Kubur".

Diriwayatkan dari sahabat Abi Sai'd Al-Hudri'y, bersabda Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, "Orang kafir di dalam kuburnya akan disiksa dengan sembilan puluh sembilan ular, yang akan menggigit dan melilitnya hingga tegak hari kiamat".

Dikisahkan bahwa Sahabat Utsman ibnu Affan radhiyallahu'anhu tatkala disebutkan Surga dan Neraka ia sanggub menahan air mata yang keluar, akan tetapi bilamana disebutkan Alam Kubur, ia terisak menangis tidak sanggup menahan cucuran air matanya, seraya berkata, "Alam Kubur adalah kehidupan akhirat yang pertama, jika ia selamat dari adzab kubur, maka niscaya untuk selanjutnya akan lebih ringan, jika ia tidak selamat di alam kubur, maka setelahnya akan lebih berat lagi".

Berkata Umar ibnu Abdil Aziz, "Wahai fulan, jika sekiranya engkau merenung sebagaimana aku merenung semalam...Renungkanlah alam kubur dan bagaimana keadaan penduduknya...Jika engkau melihat seseorang telah mati dan dikubur, di kuburnya setelah tiga hari kemudian dibongkar kembali niscaya engkau merasa takut untuk berdampingan kembali dengan nya...walau dulunya engkau dekat dengannya...Engkau melihat belatung menempel ditubuhnya, nanah membasahi kafannya, bau bangkai tak sedap mengitari aromanya, kafan telah lusuh menutupi badannya...".

Sesungguhnya orang muliya adalah orang muliya di dalam kuburnya dengan banyak mendulang pahala, dan orang hina adalah yang hina didalam kuburnya lantaran dosa atas perbuatannya.

Berkata sya'ir: "Jika sekiranya kita mati tanpa ada hari perhitungan, maka kematian bisa dikata hari peristirahatan. Akan tetapi tatkala kita mati, kita akan dibangkitkan untuk ditanya dari segala sesuatu yang kita lakukan ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar