Kamis, 11 Mei 2017

PEMBACA AL-QUR'AN 


Alhamdulillah, wassholatu wassalamu ala Rosulillah, wa ba'du : 

عن عبد الملك بن عمير رحمه الله قال : «كَانَ يُقَالُ : إنَّ أَبْقَى النَّاسِ عُقُولاً قَرَأَةُ الْقُرْآنِ» المصنف لابن أبي شيبة 

Diriwayatkan dari Abdul Malik ibnu Umair rahimahullah berkata : " Dahulu sering kali dikatakan, sesungguhnya manusia yang akal nya paling terjaga (dari penyakit pikun) mereka adalah orang-orang yang rajin membaca Al-Qur'an ". ( HR. Ibnu Abi Syaibah dalam kitab mushonaf no : 30577.

Makna dari riwayat ini : bahwasanya jika Allah Ta'ala memberikan kelonggaran dalam waktu kematian dan diberikan panjang umur, maka tidak akan menimpa mereka sebagaimana yang menimpa manusia pada umumnya dari penyakit lupa ingatan dan kepikunan. 

كما قال الشعبي رحمه الله: «من قرأ القرآن لم يخرف» رواه ابن أبي الدنيا 

 Sebagaimana yang diriwayatkan dari Al-Imam As-Sya'biy rahimahullah : " Barangsiapa yang rajin membaca Al-Qur'an maka ia tidak akan pikun ". ( HR. Ibnu Abi Dunya ).

 

Berkata Al-imam Qurtubi rahimahullah :
"Barang siapa yang membaca Al-qur'an,  maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun".

Imam besar Ibrahim al-Maqdisi rahimahullah memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim rahimahullah : 
"Perbanyaklah membaca Al-qur'an jangan pernah kau tinggalkan, kerana sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan di mudahkan setara dengan yang kamu baca".

Berkata Ibnu Solah rahimahullah :
"Bahwasannya para Malaikat tidak diberi keutama'an untuk membaca Al-qur'an,  maka oleh karena itu para Malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari baca'an manusia".

Berkata Abu Zanad rahimahullah :
"Di tengah malam,  aku keluar menuju masjid Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam sungguh tidak ada satu rumahpun yang aku lewati melainkan pada nya ada yang membaca Al-qur'an".

Berkata Shaikhul Islam ibnu Taimiyyah rahimahullah : "Tidak ada sesuatu yang lebih bisa memberikan nutrisi otak, kesegaran jiwa, dan kesehatan tubuh serta mencakup segala kebahagiaan melebihi dari orang yang selalu melihat kitabullah ta'ala".

Bergantunglah pada Alqur'an niscaya kau akan mendapatkan keberkahan. 
Allah berfirman: "ini adalah kitab yang kami turunkan kepadamu yang penuh keberkahan agar mereka mau mentadaburi ayat-ayatnya".

Berkata sebagian ahli tafsir rahimahullah  :
"Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-qur'an maka kita akan di banjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia".

فهنيئا لمن أكرمه الله بأن كان من قرأة القران.

Maka, berbahagialah bagi mereka yang diberikan kemuliaan oleh Allah Ta'ala dijadikan sebagai hamba yang rajin tilawah Al-Qur'an. ......

"Saya memohon kepada Allah agar mberikan taufiqnya kepada saya dan kalian semua untuk selalu membaca Al-Qur'an dan mengamalkan kandungannya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar