Senin, 03 Februari 2014

KASIH SAYANG DIANTARA PARA SAHABAT

Sahabat muliya Ali  رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ bercerita, "Suatu hari datang kepadaku Abu Bakar dan Umar, beliau berdua berkata, "Alangkah baiknya engkau datang menemui Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan engkau meminang putrinya Fathimah".                                 

Maka aku pun bersegera melakukan anjuran Abu Bakar dan Umar radhiyallahu'anhuma mendatangi Baginda Rasulullah صلى الله عليه وسلم , maka Nabi صلى الله عليه وسلم berkata kepadaku, "Pergilah, jual perisaimu dan segera kembali dengan hasil jualanmu, hingga aku segera persiapkan putriku Fathimah agar kunikahkan denganmu".                                

Maka aku segera pergi menjual tameng/ perisai yang aku miliki kepada Utsman ibnu Affan رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ  dengan harga 400 dirham. Tatkala aku bergegas pergi meninggalkan Utsman maka ia berkata, "Bukankah sekarang perisai ini milikku?" Maka Aku jawab, "Iya". Utsman lalu berkata, "Perisai ini saya hadiahkan kepadamu".                                 
Ali radhiyallahu'anhu berkata, "Maka aku membawa uang dirham dan perisai ke hadapan Nabi صلى الله عليه وسلم kemudian aku hadapkan di hadapan Nabi صلى الله عليه وسلم , dan aku ceritakan apa yang dilakukan Utsman kepadaku, maka Nabi صلى الله عليه وسلم berdoa kebaikan untuk Utsman".

Kemudian Nabi صلى الله عليه وسلم mengambil uang dirham dan memangil Abu Bakar رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ agar membeli sesuatu untuk persiapan dan perbekalan pernikahan putri beliau Fathimah di rumah beliau.               

Nabi memerintahkan kepada Anas  رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ agar mengundang Abu Bakar, Umar, Utsman, Tholhah, Zubair, dan beberapa orang Anshor, tatkala semua hadir maka Nabi صلى الله عليه وسلم berkata, "Bersaksilah untukku bahwa aku menikahkan putriku Fathimah bersama Ali dengan mahar 400 mitskol dari perak".                                            

- Hukbah minal Ta'rikh hal 8-9, Syaikh Utsman Al-Khomist -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar