Jumat, 27 Juni 2014

PERSIAPAN ROMADHON

« PERSIAPAN ROMDHON »

Syeikh Abdurrozzak Al Badr.

Di riwayat kan dari sahabat Jabir bin Abdillah rodhiyallahu anhuma," Apabila kalian berpuasa maka hendaknya pendengaran, penglihatan, dan lisan mu juga ikut serta berpuasa dari berbuat dusta, dosa, dan hindari dari mengganggu pembantu mu, dan seyogyanya engkau berperangai tenang, santun, di hari puasa mu, dan jangan engkau sama kan antara hari puasa mu dan hari berbuka mu ". ( Riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Al Mushonaf 8973 ).

Riwayat di atas merupakan gambaran yang sangat indah dalam menyambut kedatangan bulan ramadhan, di karena kan bulan puasa disyariatkan dalam rangka mendidik jiwa dan membersihkan hati serta merealisasikan takwa, di lain pihak kita juga di tuntut untuk menjauhi dosa dan memperbaiki hati, lisan, dan anggota badan. Maka alangkah indahnya bagi setiap muslim menjumpai bulan yang penuh barokah ini dengan mempersiapkan diri hingga menggapai kesuksesan di dalam nya.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah yang merupakan kesempatan emas yang Allah karunia kan agar kita dapat membersihkan hati dan lisan dari segala penyakit dan kotoran, bukan lah bagian terpenting dalam berpuasa hanyalah sekedar menahan makan dan minum, sedangkan hati nya di penuhi dengan iri, dengki, kebencian, terhadap para hamba Allah, atau pun lisan tidak tercegah dari berbuat ghibah, namimah, kecurangan, dusta, mencela, mencerca, jikalau demikian keadaan nya maka ia tidak memperoleh dalam puasa nya kecuali hanya sekedar menahan lapar dan haus.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu`anhu secara marfu kepada Nabi sallallahu alaihi wa sallam," Bisa jadi seorang yang berpuasa ia hanya mendapatkan rasa lapar dan haus, dan bisa jadi seorang yang sholat malam hanyalah mendapatkan rasa letih dalam begadang ". HR Ahmad.

Maka seyogyanya kita menggunakan kesempatan bulan yang penuh kebaikan ini untuk memperbaiki hati dan lisan, semoga kita sukses di bulan ini dan meraih ke ridhoan~Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar