Senin, 23 Juni 2014

SHOLAT JAMA`AH

Allah Ta`ala berfirman dalam Surah Al-Baqarah 43, "Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku".

Ayat mulia ini memerintahkan kepada kaum muslimin agar mengerjakan sholat dengan berjamaah, bahkan dalam keadaan genting sekalipun diperintahkan agar tetap berjamaah, seperti dalam kondisi perang dimana musuh dalam keadaan berhadapan, dan tidak pula diberikan ijin bagi seseorang yang buta yang tidak memiliki pendamping untuk tidak mendatangi jamaah di masjid selagi mendengar kumandang adzan, sebagaimana diriwayatkan dalam hadist sahih.

Hikmah dari mengerjakan sholat dengan berjamaah adalah memberikan pendidikan dan pembelajaran bagi orang orang yang belum mengerjakan sholat dengan baik dan benar sehingga mereka dapat mencontoh, meneladani gerakan yang benar seperti yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu `alaihi wa salam, dan agar saling mengingatkan serta nasihat menasehati diantara mereka hingga timbul barisan yang kuat dan kokoh di dalam tubuh kaum muslimin.

Diantara hikmah mendatangi sholat jamaah adalah mendapatkan keselamatan dari siksa dan adzab kelak di akhirat. Abu Hurairah radhiyallahu`anhu berkata, "Sekiranya telinga kamu di tuangkan padanya cairan timah yang mendidih niscaya lebih baik dari pada engkau mendengar suara adzan kemudian tidak mendatanginya".

Diantara hikmah mendatangi sholat jamaah adalah mendapatkan janji pahala yang besar kelak di akhirat, sebagaimana yang telah disebutkan dalam sunnah, "Barangsiapa yang mendatangi sholat isya berjamaah seakan-akan ia melakukan separuh malam untuk sholat malam, dan barang siapa mengerjakan sholat subuh dengan berjamaah maka seakan akan ia telah mengerjakan sholat malam semalam suntuk, dan barang siapa yang berjalan menuju masjid maka Allah berikan ganjaran surga baginya. Barangsiapa menyempurnakan wudhu dan melangkahkan kaki menuju masjid, serta menunggu sampai sholat ditegakkan akan mendapatkan pahala perjuangan di medan perang yang akan menghapuskan kesalahan dan meninggikan derajat, dan setiap langkah kaki merupakan pahala sedekah".

Seorang ayah yang baik adalah mengajak anak-anaknya agar ikut berpartisipasi menuju masjid, mengiringi dan mendampingi bersamanya, berlomba menuju ridho dan rahmat Allah Ta`ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar