Rabu, 09 Juli 2014

ADAB ORANG YANG BERPUASA

» hari kesebelas «

Puasa ramadhan adalah suatu ibadah yang agung dan mulia, disana dituntut untuk melakukan perkara perkara yang wajib dan ada pula perkara yang mustahab, diantaranya adalah:

Makan sahur, yaitu di akhir malam, sebagaimana sabda Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam, "Makan sahurlah, Sesungguhnya di dalam sahur terdapat keberkahan". (HR Bukhari dan Muslim). Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Perbedaan antara puasa kita dan puasa orang ahli kitab adalah makan sahur". (HR Muslim)

Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Makan sahur adalah keberkahan, maka jangan engkau tinggalkan walaupun seteguk air, karena para malaikat mendoakan orang orang yang melakukan sahur". (HR Ahmad)

Seyogyanya orang yang menjalankan sahur meniatkan untuk merealisasikan perintah dan perbuatan Nabi sallallahu alaihi wa sallam, agar amalan sahurnya memiliki nilai ibadah dan mendapatkan pahala.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan sahur adalah dilakukan pada waktu mendekati munculnya fajar yaitu akhir malam.

Suatu saat sahabat Anas radhiyallahu`anhu ditanya antara selesai sahur Nabi sallallahu alaihi wa sallam dengan waktu dikumandangkan adzan? maka dijawab, "Sekitar bacaan lima puluh ayat". (HR Bukhari)

Diantara adab orang yang berpuasa adalah bersegera untuk melakukan berbuka puasa jikalau matahari telah terbenam, sebagaimana diriwayatkan dari sahabat Sahl ibnu Sa`ad radhiyallahu`anhu bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Umat ini akan senantiasa berada dalam kebaikan selagi menyegerakan berbuka puasa". (HR Bukhari dan Muslim)

Dan seyogyanya berdoa tatkala berbuka, Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak akan tertolak di waktu berbuka puasa". (HR Ibnu Majah)

Diantara adab orang yang menjalankan ibadah puasa adalah banyak membaca Al Qur`an, berdzikir, berdoa, sholat, dan sedekah. Diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu`anhu, suatu hari Nabi sallallahu alaihi wa sallam bertanya, "Siapa diantara kalian yang pagi ini berpuasa?" Abu Bakar menjawab, "Saya wahai Rasulullah", Nabi bertanya, "Siapa diantara kalian yang pagi ini telah pergi mengantar jenazah?" Abu Bakar menjawab: "Saya wahai Rasulullah", Nabi sallallahu alaihi wa sallam  bertanya, "Siapa diantara kalian yang telah memberikan makanan kepada kaum miskin?" Abu Bakar menjawab: "Saya wahai Rasulullah", Nabi bertanya, "Siapa diantara kalian yang telah menjenguk orang sakit?" Abu Bakar menjawab, "Saya wahai Rasulullah", maka Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah perbuatan perbuatan ini terkumpul dalam seseorang kecuali akan menghantarkannya ke surga". (HR Muslim)

Diantara adab orang yang menjalankan puasa adalah menyadari dan merasakan betapa banyak karunia Allah Ta`ala yang telah dilimpahkan ke pada dirinya, dimana ia telah diberikan taufiq hingga ia dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan baik, betapa banyak diantara manusia yang diharamkan oleh Allah Ta`ala hingga tidak bisa berpuasa dan berpaling dari ibadah mulia ini, sehingga dengan puasa ini kita bisa diampuni dosa-dosa kita dan diangkat derajat kita menuju surga yang penuh kenikmatan.

Semoga Allah memberikan kita ikhlas dan husnu amal, dan di berikan taufiq hingga mampu menjalankan adab-adab mulia dan dihindarkan dari kelalaian dan kesengsaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar