Senin, 21 Juli 2014

PERANGAI AHLI SURGA

Alhamdulillah, was sholatu was salamu ala Rosulillah, wa ba`du;

Surga merupakan tempat yang kekal abadi yang penuh kenikmatan, untuk menggapai nya disana terdapat amalan amalan sholeh yang menuntun kedalam surga.

Allah Ta`ala berfirman, "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.  Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui ". (QS Ali Imran: 133-135).

Diantara perangai ahli surga adalah:

» Bertakwa, yaitu senantiasa menjauhkan diri dari siksa neraka dengan menjalankan ketaatan hanya mengharapkan pahala Allah Ta`ala semata, dan menjauhi larangan di karenakan takut akan siksa Allah Ta`ala.

» Menginfakkan harta dalam keadaan lapang dan sempit, baik zakat wajib, sodakoh, di jalan Allah dan jalan kebaikan, tidak terjerembab kepada cinta harta sehingga ia terjauhkan dari sifat kikir dan bakhil.

» Menahan amarah, sehingga tidak berbuat melampaui batas dan berbuat aniaya terhadap orang lain.

» Memberikan maaf kepada orang lain atas kedzaliman dan perbuatan aniaya, sehingga tidak memiliki dendam, walaupun sesungguhnya ia mampu untuk menuntut balasan.

» Jikalau berbuat keburukan dan aniaya, ia segera ingat Allah dan meminta ampunan kepada-Nya.

» Tidak terus menerus dalam kubangan dosa, yaitu tidak mengulang ulang perbuatan dosa, ia sadar dan tau bahwa perbuatan yang ia lakukan adalah keburukan, sehingga timbul rasa penyesalan dan berniat untuk tidak melakukan kembali.

Didalam ayat yang lain Allah Ta`ala mensifati perangai ahli surga yaitu dalam firman-Nya, "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya. Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan  orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi.  (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. (QS Al Mukminun: 1-11).

Didalam ayat mulia ini Allah terangkan para penghuni surga, mereka adalah :

° Orang yang beriman, yaitu iman kepada Allah, malaikat, kitab, Rosul, hari akhir dan iman kepada takdir.

° Orang yang khusyu` dalam mengerjakan sholat, tenang dan memahami isi bacaan sholat dan menyadari bahwa ia sedang berhadapan dengan Allah Ta`ala.

° Orang yang berpaling dari perbuatan sia sia, yaitu segala perbuatan yang tidak memiliki manfaat dan kebaikan.

° Orang yang senantiasa menunaikan zakat hingga mensucikan hati dan hartanya.

° Orang yang senantiasa menjaga kemaluan dari perbuatan zina dan liwath, termasuk di dalamnya larangan melakukan onani.

° Orang yang senantiasa menjaga amanah, baik amat berbentuk ucapan, perbuatan, dan barang yang di amanatkan kepadanya.

° Orang yang senantiasa menjaga sholat, mengerjakan dengan baik dan tepat waktu dan memenuhi syarat wajib, rukun, dan sunnah sunnah nya.

Dan didalam hadits banyak dijumpai amalan dan perangai ahli surga, diantaranya:

* Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Barangsiapa yang berjalan menyusuri jalan jalan ilmu, niscaya Allah akan mudah kan jalan menuju surga ".(HR Muslim).

* Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang membangun satu rumah Allah (masjid) maka niscaya Allah bangun kan rumah di surga". (HR Bukhari dan Muslim).

* Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah seorang muslim menjalankan sholat tathowu` bukan sholat wajib, setiap hari dua belas rakaat untuk Allah, niscaya Allah bangun kan untuk nya rumah di surga". (HR Muslim).

* Suatu hari Nabi sallallahu alaihi wa sallam ditanya tentang perbuatan yang paling banyak menghantarkan kedalaman surga, maka Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Takwa kepada Allah dan akhlak mulia". (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Semoga Allah memberikan taufik dan kemudahan dalam beramal sholeh, dan kita dikaruniai ikhlas dan mutabaah, dan semoga kita di berikan ampunan atas segala dosa dan di golongkan sebagai penduduk surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar