Kamis, 03 Juli 2014

TILAWATIL QUR`AN

» hari kelima «

Alhamdulillah, washolatu wassalamu ala Rosulillah, wa ba`du;

Allah Ta`ala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang membaca kitab Allah dan menegakkan sholat dan menunaikan zakat dari apa yang telah dirizkikan kepada mereka baik secara sembunyi maupun secara terang-terangan, mereka mengharapkan suatu perniagaan yang tidak pernah merugi.
Mereka berharap agar dipenuhi pahala mereka dan diberikan tambahan dari karunia-Nya, Sesungguhnya Dia Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Syukur".

Di dalam ayat di atas diterangkan tentang anjuran membaca dan tilawah kitab Allah Ta`ala yaitu Al Qur`an, dan tilawah ada dua jenis yaitu:

# Tilawah secara hukum yaitu membenarkan berita-beritanya, dan mengerjakan hukum-hukumnya, dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan di dalamnya.

# Tilawah secara lafal dengan membaca keseluruhan, maupun surat-suratnya maupun ayat-ayatnya.

Diriwayatkan dari sahabat Ustman ibnu Affan radhiyallahu`anhu bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur`an dan mengajarkannya". (HR Bukhari dan Muslim).

Diriwayatkan dari sahabat `Aisyah radhiyallahu`anha bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Orang yang mahir membaca Al Qur`an maka ia akan bersama para malaikat yang baik lagi mulia, dan orang yang tertatih-tatih dalam membaca Al Qur`an dan dia mendapatkan kesulitan maka ia akan mendapatkan dua pahala, pahala membaca dan pahala kesulitan yang ia dapatkan". (HR Bukhari dan Muslim).

Dari sahabat Abu Musa Al Asy`ary radhiyallahu`anhu bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Permisalan seorang mukmin yang membaca Al Qur`an seperti minyak wangi yang baunya harum semerbak yang rasanya enak, sedangkan orang mukmin yang tidak membaca Al Qur`an seperti perumpamaan buah kurma yang tidak beraroma namun rasanya manis". (HR Bukhari dan Muslim).

Dari sahabat Abu Umamah radhiyallahu`anhu bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Bacalah Al Qur`an, Sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat dengan meberikan syafaat kepada pembacanya". (HR Muslim).

Dari sahabat Ukbah ibnu `Amir bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Apa yang menghalangi kalian untuk pergi ke masjid dan membaca ayat Al Qur`an dua ayat yang pahalanya lebih utama dari mendapatkan dua onta, tiga ayat pahalanya lebih utama dari mendapatkan tiga onta..." (HR Muslim).

Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu`anhu bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah suatu kaum yang berkumpul di rumah Allah kemudian membaca kitab Allah dan saling mempelajari di antara mereka, kecuali diturunkan kepada mereka ketentraman, dan mereka mendapatkan rahmat, dan para malaikat memberikan naungan dengan sayap-sayap mereka, dan Allah senantiasa menyebut nama nama mereka di sisi para malaikat-Nya". (HR Muslim).

Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jagalah Al Qur`an, sungguh demi yang jiwaku berada di Tangan-Nya, ia lebih mudah lepas (dari hafalan) jika dibandingkan dengan seekor unta yang sedang diikat dalam kandangnya". (HR Bukhari dan Muslim).

Dari sahabat Abdullah bin Mas`ud radhiyallahu`anhu bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur`an maka baginya mendapatkan satu kebaikan, satu kebaikan akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan, Aku tidak katakan Alif lam mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf". (HR Tirmidzi).

Hadits-hadits di atas merupakan keutamaan membaca Al Qur`an bagi yang membacanya, sehingga merugilah orang yang mengabaikannya.

Semoga kita diberikan kekuatan dari Allah untuk Tilawah kitab-Nya yang mengantarkan menuju ridho-Nya dan jalan keselamatan dan dihindarkan dari kesesatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar