Jumat, 28 Juni 2013

KEHIDUPAN YANG LAYAK

Allah Ta'ala berfirman: "Barangsiapa mengerjakan kebajikan baik lelaki atau wanita sedang mereka dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepada mereka kehidupan yang layak(baik) dan akan Kami balasi dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan".(QS.An-Nahl: 97).

Berkata Ibnu Qoyyim rahimahullah dalam Bada'iut Tafsir, "Dan sungguh Allah telah memberi jaminan bagi siapa saja yang mau beramal sholih agar ia mendapat kehidupan yang layak dan baik lagi terjamin, sedang Allah Ta'ala adalah Dzat yang Maha tepat janji yang tidak akan menyelisihi janji-Nya. Sebagian manusia salah dalam menafsirkan kehidupan yang layak, ia tafsirkan dengan kebahagiaan bergelimang makan/ minum/ harta/ pangkat atau jenis-jenis syahwat. Jikalau ini yang mereka inginkan maka sungguh tidak jauh dari keberadaan hewan peliaraan. Akan tetapi kehidupan yang baik lagi layak adalah kehidupan yang membawa ketenangan hati, jiwa dan raga. Sebagaimana keadaan Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam dalam kesehariannya, walau hanya memakan sebutir korma, bahkan berpuasa dan kesederhanaan pakaian yang Beliau kenakan.

Sehingga sebagian salaf berkata, "Kalau seandainya mereka mengetahui kebahagiaan hatiku niscaya mereka akan merampasnya dengan pedang-pedang mereka".


1 komentar: