Sabtu, 22 Juni 2013

HIKMAH DI BULAN RAMADLON

Bulan puasa adalah bulan pendidikan bagi kaum muslimin, dimana seorang muslim diharuskan untuk berbekal dan memperbaiki jiwa dan raga sehingga menjadi makhluk yang mendekati kesempurnaan, terampuni segala dosa yang lalu untuk menuju yang lebih baik.

Betapa tidak, di bulan ini yang biasanya mengahirkan sholat subuh akan tetapi di bulan muliya ini, bisa melaksanakan berjamaah tepat waktu. Yang ia biasa makan di siang hari dilanjutkan banyak berbincang, ia duduk menunggu datangnya sholat duhur sambil melantunkan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan berdzikir. Di sore hari yang biasa banyak acara ia harus menunggu berbuka puasa bersama keluarga, sambil memberikan untaian nasihat dan petuah untuk bersama.

Sungguh Ramadhon mengajak muslim untuk meraih amal-amal kebajikan, menahan perkara mungkar, menguatkan semangat khoirot, mengajak untuk berusaha dekat dengan Robbnya, sehingga diampuni dosa-dosanya, dilipatlah tulisan kejelekannya, dan digantikan dengan pahala-pahala, hingga meraih derajat sempurna.

Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa berpuasa Ramadhon dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari-Nya, niscaya akan diampuni dosa masa lalunya". Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bila datang Romadhon dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu neraka".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar