Rabu, 19 Juni 2013

ROJA' ATAU BERHARAP

Roja' artinya berharapnya hati untuk menanti apa yang dicintai disisinya. Jikalau harapan tersebut tanpa sebab musabab, maka berarti ia sedang tertipu, dan kepandiran lebih tepat untuknya. Sebagaimana dalam ungkapan sya'ir, "Engkau berharap tercapainya keberhasilan sedang dirimu tidak menjalani sebab-sebabnya. Sesungguhnya suatu bahtera tidak akan berlayar di pasir yang kering".

Demikian juga, jikalau sesuatu yang diharapkan tersebut dipastikan terjadi, maka ini bukanlah harapan, sebagaimana ucapan seseorang, "Aku berharap terbitnya matahari". Akan tetapi ucapan yang tepat, "Aku berharap hujan turun". Ia katakan disaat ia melihat mendung di langit.

Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, merekalah orang-orang yang sesungguhnya berharap kepada rahmat Allah, dan Allah adalah Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Peyayang". (QS.Al Baqoroh: 218)

Sesungguhnya mereka-merekalah yang berharap rahmat Allah. Dan barangsiapa yang harapannya membawa ketaatan dan menjauh dari maksiyat, maka harapan tersebut adalah benar, dan sebaliknya jika mengiring kearah maksiyat, menjauh dari ketaatan maka harapan tersebut adalah tipuan belaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar