Jumat, 21 Juni 2013

MENYAMBUT SYAHRUSH SHAUM ROMADLON

Kaum muslimin hendaknya menyambut bulan muliya ini dengan penuh semangat kegembiraan tentunya, karena bulan ini adalah penuh ghonimah/ kebahagiaan/ bulan yg penuh ampunan/ kemuliyaan/ perlombaan dalam kebaikan, yang tujuannya adalah meraih ketaqwaan. Sehingga sebagian salaf berkata, "Aku menangis karena orang-orang berpuasa karena Allah, sholat karena Allah, sedang aku bukan termasuk mereka".

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bila datang Ramadhon, maka dibukalah pintu-pintu surga". Dalam riwayat lain, "Dibuka pintu-pintu Rahmat, dan ditutup pintu-pintu neraka". Maka barangsiapa menghendaki kebahagiaan abadi, hendaknya berpegang erat dengan ubudiyah(penghambaan diri kepada Allah). Dan hendaknya dilakukan dengan penuh ikhlas dan tulus mencari wajah Allah.

Dan diantara bentuk ubudiyah seorang mukmin adalah Qiyamul-Lail, Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dan sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam".

Allah jadikan sholat malam sebagai perangai orang sholih. Allah berfirman, "Dahulu mereka sedikit berbaring di malam hari"(QS.Adz Dzariyaat: 17). Berkata Hasan Al-Basry, "Tidaklah seorang mukmin meninggalkan sholat malam, melainkan lantaran dosa yang ia lakukan di siang harinya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar