Jumat, 08 Maret 2013

DIANTARA ILMU DAN HARTA

Banyak di antara manusia berandai dan berangan utk mendapat harta yg melimpah, dengan itu ia dapat beramal saleh, namun tatkala harta tersebut Allah berikan dlm rangka ujian, tdk sedikit yg berubah mnjd congkak, sombong, dan lupa daratan, lupa akan keadaan sebelumnya. Allah  Ta'ala berfirman, ''Harta & anak2 adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amal kebajikan yang istiqomah adalah lebih baik pahalanya diisisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan ". (QS Al-Kahfi : 46)

Imam Muhammad Al-Amin di dalam tafsirnya menerangkan, ''Ayat ini memberikan peringatan kpd manusia utk beramal saleh, agar tidakk sibuk dg hiasan dunia, dan dari apa yg jauh lebihh baik utk akhiratnya, yg berupa amal salih". Dan diantara amal salih adalah ilmu yg bermanfaat yg dpt dijadikan harapan di masa yang akan datang.

Diantara keutamaan ilmu atas harta adalah:
* Ilmu adalah warisan para Nabi, sedang harta merupakan tinggalan raja dan orang kaya.
* Ilmu yg manfaat akan menjaga pemiliknya dari aneka keburukan, sedangkan harta, sebaliknya akan membawa pd aneka kemurkaan.
* Ilmu akan bertambah bila digunakan, sedang harta tdk demikian.
* Ilmu yg bermanfaat akan turut serta menemani pemiliknya di alam kubur bahkan ke akherat, sedang harta, tatkala pemiliknya wafat, tdk akan ikut masuk ke liang kubur.
* Ilmu dibutuhkan oleh siapa saja tak kenal batas, sedang harta hanya dibutuhkan orang yg fakir/ miskin/ rakus/ paling tidak miskin hati dan perasaan.
* Jiwa akan mulia dg terkumpulnya Ilmu, berbeda dg harta, semakin terkumpul bisa jd semakin rakus dan bakhil.
* Ilmu akan mjdkn seseorang menghambakan diri kpd Allah, sedang harta banyak manusia diperbudak olehnya. "Celaka hamba dinar, hamba dirham...." HR Bukhary.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar