Rabu, 13 Maret 2013

MENAHAN PANDANGAN

Mata dan Hati satu sama yang lain saling berhubungan. Jika salah satu baik maka akan baik pula yang lainnya. Menjaga mata merupakan sesuatu yang mesti dilakukan agar hati terjaga pula.

Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah menulis manfaat dari menjaga pandangan mata diantaranya:
* Dengan menahan pandangan mata berarti ia telah berpegang dengan perintah Allah Ta'ala: "Katakanlah kepada laki-laki beriman, agar mereka menjaga pandangannya". (QS. An-Nuur: 30). Menjalankan perintah Allah merupakan puncak kebahagiaan bagi hamba dalam kehidupannya dunia dan akhirat.
* Menahan pandangan akan mencegah sampainya pengaruh panah beracun kedalam hati seorang hamba.
* Menahan pandangan akan mewariskan kedekatan hamba dengan Allah Ta'ala.
* Menjaga pandangan akan menguatkan hati dan mewariskan ketenangan jiwa.
* Menahan pandangan akan menghasilkan cahaya bagi hati. Allah Ta'ala berfirman: "Allah pemberi cahaya kepada langit dan bumi ". (QS. An-Nuur: 35).
* Menahan pandangan akan mewariskan firasat yang benar yang dengannya ia akan mampu membedakan antara yang benar dan yang bathil, antara yang jujur dan yang dusta.

Ibnu syujja' Al-Kirmani rahimahullah berkata," Barang siapa yang memakmurkan dhohirnya dengan mengikuti sunnah dan memakmurkan bathinnya dengan muroqobah, menahan pandangannya dari perkara yang diharamkan, menahan jiwanya dari syubhat dan makan dari hasil yg halal, maka firasatnya tidak akan salah".

- Ad-Da'u wad Dawa' 277 -

1 komentar: