Jumat, 29 Maret 2013

KEUTAMAAN SAHABAT

Manhaj Ahlussunnah wal jama'ah adalah mencintai, berwala' dan loyal kepada para sahabat radhiyallahu 'anhum. Tidak memperbincangkan apa yang mereka berselisih dan berperang diantara mereka. Akan tetapi menahan diri dan menahan lisan atas mereka. Sebagaimana Allah Ta'ala terangkan bagaimana umat terdahulu dari kalangan para Tabi'in bilamana disebutkan para sahabat: "Dan Orang-orang yang datang setelah mereka (para sahabat dari kaum Muhajirin dan Anshor), mereka berdo'a: 'Ya Tuhan Kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan jangan Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman' ". (QS.Al-Hasyr: 10).

Jasa para sahabat dimasa Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam sangatlah amat besar sekali, mereka beribadah di malam hari, berjihad dan berjuang di siang hari. Harta mereka habiskan di jalan Allah, berlomba dalam segala jalan kebajikan tidak kenal lelah. Nabi shalallahu 'alaihi sallam bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah zamanku, kemudian setelahnya, kemudian setelahnya". (HR Bukhari dan Muslim).

Dari sini kita mengetahui keutamaan para sahabat dan keutamaan umat ini dari umat lainnya. Dan tidak tertipu dengan para rofidhoh yang mendekatkan diri kepada Allah dengan mencela, mencerca para Sahabat radhiyallahu 'anhum. Para rofidhoh di zaman sekarang ini telah menyebar dan berkembang, meski demikian mereka tidak punya nyali menampakkan wujud mereka, hingga dengan mudah mengacaukan barisan kaum muslimin. Allahul Musta'an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar