Kamis, 28 Maret 2013

ILMU DAN KEUTAMAANNYA

Allah Ta'ala berfirman:"Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu dengan beberapa derajat". (QS. Al-Mujadalah: 11).

Allah Ta'ala berfirman: "Katakanlah (wahai Muhammad), Apakah sama antara orang-orang yang memiliki ilmu dan orang-orang yang tidak memiliki ilmu?" (QS. Az-Zumar: 9)

Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan, niscaya Allah fahamkan baginya agamanya". (HR. Bukhari Muslim).

Ilmu senantiasa membimbing pemiliknya pada jalan menuju surga dan akan menerangi dan menunjuki pada hidayah dan menjauhkan pada jalan kegelapan dan kesesatan. Berkata Al-Hasan: "Ilmu ada dua jenis, Ilmu secara lisan dan ini adalah hujjah bagi anak cucu Adam, sebagaimana terdapat dalam hadist yang berbunyi: 'Al-Qur'an hujjah yang akan menguatkan dirimu atau akan membinasakanmu'. (HR Muslim). Dan ilmu jenis yang kedua adalah ilmu yang akan menguatkan hati, dan ini adalah ilmu yang bermanfaat. Yaitu ilmu tentang Allah dan nama serta sifat-sifat-Nya, yang akan mendatangkan khosyah, mahabbah, tawakal dan seterusnya. Berkata Ubadah ibnus Shomith radhiyallahu'anhu: 'Ilmu yang akan pertama kali terangkat dari manuasia adalah khusyuk dan khosyah'. Bilamana ilmu yang berada di hati terangkat, maka tinggallah ilmu yang berada di lisan. Selagi manusia tidak mengamalkan ilmu lisan ini dan tidak memperhatikannya maka hilanglah ilmu secara keseluruhannya, dan tinggallah seburuk-buruk manusia dan dengannya tegak hari kiamat.

-- AL ILMU/ 26 --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar