Selasa, 02 Juli 2013

TAUBAT

Taubat artinya kembali kepada Dzat Yang Maha Penutup aib Yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu. Taubat merupakan permulaan jalan untuk mengapai kemuliyaan, modal utama bagi suatu keberuntungan, kunci menuju keistiqomahan.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan bertobatlah kalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman, semoga kalian beruntung".(QS.An-Nuur: 31). Ayat ini adalah surat madaniyah, yang ditujukan kepada ahli iman dari kalangan generasi manusia terbaik, agar mereka bertaubat setelah menuntaskan keimanan dan kesabaran, merealisasikan perintah jihad dan hijrah. Jikalau ayat ini turun kepada mereka umat yang dirahmati, maka sesungguhnya ayat ini lebih pantas bagi kita agar merealisasikannya.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka sungguh ia termasuk orang yang dholim lagi aniaya".(QS.Al Hujurot: 11). Dari sini bisa disimpulkan bahwa manusia ada dua jenis, orang yang mau betaubat dan lawannya, orang yang tidak bertaubat, yaitu orang dholim. Dan disebut dholim, karena ia bodoh terhadap Tuhannya serta hak-hak-Nya.

Taubat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah, dengan penuh penyesalan atas dosanya, menjauh dan meninggalkan, serta tidak akan mengulang lagi di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar