Kamis, 26 Desember 2024

MENYIKAPI FITNAH 3


MANHAJ AS SALAF FI TA’AMUL 
MA'AL-FITAN 
/
METODOLOGI SALAF DALAM MENYIKAPI FITNAH


Oleh Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman hafizhahullah


Bagian 07

                TANYA  JAWAB:


أَخٌ يَسْأَلُ: أَحْسَنَ اللهُ إِلَيْكُمْ، قَالَ اللهُ: "بِقَائِكُمْ عَلَى عَمَلٍ صَالِحٍ أَمِينَ."
وَإِيَّاكُمْ.
مَا هُوَ ضَابِطُ إِمَامَةِ الْمُسْلِمِينَ؟ وَهَلْ إِمَامُنَا فِي إِنْدُونِيسِيَا مُسْلِمٌ؟ وَهَلْ يَلْزَمُ أَنْ نُطِيعَهُ؟


Seorang saudara bertanya: "Semoga Allah memberikan kebaikan kepada Anda. Allah berfirman: 'Tetaplah kalian dalam amal saleh, amin.'"
Semoga hal yang sama juga untuk Anda.
Apa kriteria seorang imam kaum Muslimin? Apakah pemimpin kita di Indonesia seorang Muslim? Apakah kita wajib menaatinya?


وَقَدْ سَأَلْتُ الْأُسْتَاذَ الشَّيْخَ الدُّكْتُورَ بَاسِمًا، وَهُوَ يُوَجِّهُنَا أَنْ نَسْأَلَ إِلَيْكُمْ يَا شَيْخَنَا الْحَبِيبَ.
أَوَّلًا: وَالْكَلَامُ طَوِيلٌ، وَتَحَمُّلِي، وَأَنَا مَعَكُمْ لِلْفَجْرِ، مَا عِنْدِي مُشْكِلَةٌ.


Saya telah bertanya kepada Syaikh Doktor Bassem, dan beliau mengarahkan kami untuk bertanya kepada Anda, wahai syaikh kami yang mulia.
Pertama, ini adalah pembahasan yang panjang, jadi mohon bersabar. Saya akan bersama Anda hingga fajar, tidak masalah bagi saya.


الْبِلَادُ الَّتِي تُجَاوِرُ إِنْدُونِيسِيَا: مَالِيزِيَا، سِنْغَافُورَةُ.
أَيْشَ أَيْضًا؟ مَالِيزِيَا مُسْلِمَةٌ، سِنْغَافُورَةُ مُسْلِمَةٌ.
طَيِّبٌ، عُلَمَاؤُنَا مُجْمِعُونَ أَنَّ أَحْكَامَ الْإِسْلَامِ إِنْ ظَهَرَتْ فِي بَلَدٍ مِنْ أَمْثَالِ: الصَّلَاةِ، وَالزَّكَاةِ، وَاللِّبَاسِ، وَالْعَادَاتِ وَالتَّقَالِيدِ الْمَأْخُوذَةِ مِنَ الْإِسْلَامِ...


Negara-negara yang bertetangga dengan Indonesia: Malaysia, Singapura.
Apa lagi? Malaysia adalah negara Muslim, Singapura juga memiliki komunitas Muslim.
Baiklah, para ulama kita sepakat bahwa jika hukum-hukum Islam tampak di suatu negara, seperti: shalat, zakat, pakaian, serta adat dan tradisi yang diambil dari Islam... (pembahasan ini berlanjut).


فَهَذِهِ دَارُ إِسْلَامٍ، وَهَذَا مَذْهَبُ جَمَاهِيرِ أَهْلِ الْعِلْمِ، وَهُوَ مَذْهَبُ الْأَئِمَّةِ الثَّلَاثَةِ عَدَا الْإِمَامِ أَبِي حَنِيفَةَ.
وَيَقُولُ بِهَذَا صَاحِبَا الْإِمَامِ أَبِي حَنِيفَةَ: أَبُو يُوسُفَ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْقَاضِي، وَمُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ الشَّيْبَانِي.
فَظُهُورُ الْإِسْلَامِ وَاضِحٌ فِي إِنْدُونِيسْيَا. تَرَى الْمَرْأَةَ تَقُودُ دَرَّاجَةً وَمُحْتَشِمَةً، أَوْ مُسْتُورَةً تُغَطِّي رَأْسَهَا. تُقِيمُ حُكْمَ اللهِ جَلَّ فِي عُلَاهُ، عَلَى تَفَاوُتٍ فِي الْمَعَاصِي.
فَالْإِسْلَامُ ظَاهِرٌ فِي إِنْدُونِيسْيَا، فَإِنْدُونِيسْيَا بِالْحَمْدِ وَالْمِنَّةِ بِلَادُ إِسْلَامٍ، دَارُ إِسْلَامٍ.


 Maka negeri ini adalah darul Islam (negeri Islam), dan ini adalah pendapat mayoritas ulama, serta merupakan mazhab tiga imam kecuali Imam Abu Hanifah.
Namun, dua murid Imam Abu Hanifah, yaitu Abu Yusuf Ya'qub bin Ibrahim al-Qadhi dan Muhammad bin al-Hasan al-Syaibani, juga berpendapat demikian.
Kejelasan Islam tampak di Indonesia; misalnya, seorang wanita mengendarai sepeda motor dengan pakaian yang sopan atau tertutup, mengenakan penutup kepala. Mereka menjalankan hukum Allah, meskipun terdapat perbedaan dalam kadar dosa.
Islam jelas tampak di Indonesia. Maka Indonesia, dengan segala pujian dan karunia, adalah negeri Islam, darul Islam.


وَهَذَا كَلَامُ جَمَاهِيرِ أَهْلِ الْعِلْمِ.
أَبُو حَنِيفَةَ رَحِمَهُ اللهُ اشْتَرَطَ فِي دَارِ الْإِسْلَامِ ثَلَاثَةَ شُرُوطٍ.
الشَّرْطُ الْأَوَّلُ: أَنْ يَأْمَنَ أَصْحَابُ هَذِهِ الدَّارِ بِالْأَمَانِ الْأَوَّلِ الَّذِي فُتِحَتْ فِيهِ الْبَلَدُ.
مَنْ الَّذِي فَتَحَ بِلَادَكُمْ؟
نَحْنُ أَهْلُ الشَّامِ، نَتَرَضَّى عَنْ أَبِي بَكْرٍ وَعَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ.
أَنْتُمْ تَتْرَضُّونَ الصَّحَابَةَ، وَعَلَى التُّجَّارِ أَخْلَاقُ التُّجَّارِ الَّتِي فَتَحَتِ الْبِلَادَ.


 Inilah pandangan mayoritas ulama.
Imam Abu Hanifah رحمه الله mensyaratkan tiga kriteria untuk sebuah negeri disebut darul Islam.
Syarat pertama: Penduduk negeri tersebut harus merasa aman dengan keamanan pertama kali ketika negeri itu ditaklukkan.
Siapa yang menaklukkan negeri kalian?
Kami, penduduk Syam, memohon keridhaan untuk Abu Bakar dan Abu Ubaidah.
Kalian juga memohon keridhaan untuk para sahabat, serta para pedagang yang akhlaknya menjadi penyebab tersebarnya Islam di negeri ini.


وَالْمُسْلِمُونَ فِي إِنْدُونِيسْيَا مُنْذُ أَنْ فُتِحَتْ بِالْإِسْلَامِ هُمْ فِي الْأَمَانِ الْأَوَّلِ.
فَهَذَا الشَّرْطُ مُتَحَقِّقٌ عِنْدَهُ.


 Kaum Muslimin di Indonesia, sejak negeri ini ditaklukkan dengan Islam, telah berada dalam keamanan pertama tersebut.
Oleh karena itu, syarat ini terpenuhi menurut pandangan Imam Abu Hanifah.


الشَّرْطُ الثَّانِي عِنْدَ الْإِمَامِ أَبِي حَنِيفَةَ: أَنْ تُتَاخِمَ الدِّيَارُ دَارَ إِسْلَامٍ، وَلَا يُمْكِنُ أَنْ تَكُونَ هُنَالِكَ دَارُ كُفْرٍ.
وَاسْتَدَلَّ بِقَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "الْإِسْلَامُ يَعْلُو وَلَا يُعْلَى عَلَيْهِ."


 Syarat kedua menurut Imam Abu Hanifah: Negeri tersebut harus berbatasan dengan darul Islam dan tidak boleh berbatasan dengan darul kufr.
Beliau mengambil dalil dari sabda Nabi ﷺ: "Islam itu tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya."


وَاسْتَدَلَّ بِأَنَّ الْأَمْوَالَ الَّتِي أَخَذَهَا الْكُفَّارُ مِنَ الْمُسْلِمِينَ حَالَ كَوْنِهَا دَارَ حَرْبٍ، لَمَّا يُهْزَمُ الْكُفَّارُ تَعُودُ إِلَى الْمُسْلِمِينَ.
فَالْإِسْلَامُ لَا يُقِرُّ بِهَا بِيَدِ عَادِيَةٍ.


 Beliau juga berdalil bahwa harta yang diambil oleh kaum kafir dari kaum Muslimin selama masa darul harb (negeri perang) akan kembali kepada kaum Muslimin ketika kaum kafir dikalahkan.
Islam tidak mengakui keberadaan harta itu berada di tangan yang tidak berhak.


وَاسْتَدَلَّ بِأَنَّ الْجِهَادَ لَمَّا يُحْتَلُّ الْكُفَّارُ الْبِلَادَ، يَجِبُ عَلَى كُلِّ أَحَدٍ.
وَفِي هَذَا الْوُجُوبِ دَلَالَةٌ بِالْإِيمَاءِ عَلَى أَنَّ الْبِلَادَ مَا زَالَتْ بِلَادَ إِسْلَامٍ.


 Beliau juga berdalil bahwa jihad diwajibkan ketika kaum kafir menduduki suatu negeri.
Kewajiban ini menjadi isyarat bahwa negeri tersebut tetap dianggap sebagai darul Islam.


وَقَدْ أَفْتَى عَدَدٌ مِنْ فُقَهَاءِ الشَّافِعِيَّةِ لَمَّا احْتَلَّتْ هُولَنْدَا بِلَادَ إِنْدُونِيسْيَا، أَفْتَوْا بِأَنَّهَا دَارُ إِسْلَامٍ وَلَيْسَتْ دَارَ كُفْرٍ بِالِاحْتِلَالِ.
فَكَيْفَ وَالنَّاسُ لَيْسُوا مُحْتَلِّينَ؟


 Beberapa ulama Syafi'iyah memberikan fatwa bahwa ketika Belanda menduduki Indonesia, negeri ini tetap dianggap darul Islam, bukan darul kufr karena pendudukan tersebut.
Lalu bagaimana sekarang, ketika rakyatnya tidak lagi dalam penjajahan?


وَقَدْ أَمْتَنَّ اللهُ تَعَالَى عَلَى أَهْلِ جَاوَةَ، أَوْ أَهْلِ إِنْدُونِيسْيَا بِتَعْبِيرٍ أَوْسَعَ، أَنْ دَحَرُوا الْكُفَّارَ الَّذِينَ احْتَلُّوا هَذِهِ الْبِلَادَ.
فَإِنْدُونِيسْيَا بِلَادُ إِسْلَامٍ، وَهَذَا مُدَوَّنٌ فِي الْكُتُبِ، كَمَا هُوَ مُدَوَّنٌ أَنَّ بَيْتَ الْمَقْدِسِ سُلِبَتْهَا.


 Allah Ta’ala telah menganugerahkan kepada penduduk Jawa, atau secara lebih luas penduduk Indonesia, kemampuan untuk mengalahkan penjajah yang menduduki negeri ini.
Indonesia adalah negeri Islam, dan ini tercatat dalam buku-buku, sebagaimana tercatat juga bahwa Baitul Maqdis pernah dirampas.


سَلَبَهَا الصَّلِيبِيُّونَ، وَاحْتَلَّهَا الْيَهُودُ، وَشَعَائِرُ الْإِسْلَامِ ظَاهِرَةٌ فِي فِلَسْطِينِ وَبَيْتِ الْمَقْدِسِ.
يَأُمُّهُ أُلُوفٌ مُؤَلَّفَةٌ فِي الصَّلَوَاتِ، وَلَا سِيَّمَا صَلَاةَ الْجُمُعَةِ.
وَلِذَا قَالَ الْإِمَامُ الذَّهَبِيُّ: "وَبَيْتُ الْمَقْدِسِ مَا زَالَ مُنْذُ أَنْ فَتَحَهُ عُمَرُ إِلَى يَوْمِنَا هَذَا بِلَادَ إِسْلَامٍ."
فَمَا اعْتَرَفَ بِكَوْنِ بِلَادِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ بِلَادَ كُفْرٍ.


Baitul Maqdis pernah dirampas oleh Tentara Salib dan dijajah oleh Yahudi, namun syiar Islam tetap tampak di Palestina dan Baitul Maqdis.
Ribuan orang beribadah di sana, terutama pada waktu shalat Jumat.
Karena itu, Imam Adz-Dzahabi berkata: "Baitul Maqdis sejak dibebaskan oleh Umar hingga hari ini tetap merupakan negeri Islam."
Ia tidak mengakui Baitul Maqdis sebagai negeri kufr.


وَهَذَا كَلَامُ عُلَمَائِنَا فِي الْبِلَادِ الَّتِي احْتُلَّتْ، كَعَدَنَ لَمَّا احْتَلَّتْهَا بَرِيطَانِيَا فِي الْقَرْنِ الثَّامِنِ عَشَرَ الْهِجْرِيِّ، وَكَذَلِكَ مِصْرُ لَمَّا احْتَلَّهَا نَابِلِيُونْ بُونَابَرْتْ مِنْ قِبَلِ الْفَرَنْسِيِّينَ.
فَعُلَمَاءُ مَنْ فَتَّشَ وَبَحَثَ فِي دَوَاوِينِهِمْ، وَيُوجَدُ كِتَابٌ تَحْتَ الطَّبْعِ الْآنَ حَوْلَ هَلْ فِلَسْطِينُ بِلَادُ إِسْلَامٍ أَمْ بِلَادُ كُفْرٍ؟ وَمَا هُوَ الْوَاجِبُ عَلَى الْمُسْلِمِينَ؟


Demikianlah pendapat para ulama kita tentang negeri-negeri yang dijajah, seperti Aden yang dijajah oleh Inggris pada abad ke-18 Hijriyah, dan Mesir ketika dijajah oleh Napoleon Bonaparte dari Perancis.
Para ulama yang meneliti dalam kitab-kitab mereka, ada pula sebuah buku yang sedang dalam proses penerbitan, membahas apakah Palestina adalah negeri Islam atau negeri kufr, serta apa kewajiban kaum Muslimin terkait hal ini.


فَصَّلْتُ هَذَا بِتَطْوِيلٍ.
فَالشَّاهِدُ أَنَّ الْبَلَدَ الْمُتَاخِمَ الْبِلَادَ الْإِسْلَامِيَّةَ هِيَ بِلَادُ إِسْلَامٍ.
فَبِلَادُ الْإِسْلَامِ بِلَادُ إِنْدُونِيسْيَا، الْمُتَاخِمَةُ لَهَا بِلَادٌ إِسْلَامِيَّةٌ كَمَالِيزِيَا.


Saya telah menjelaskan hal ini secara rinci.
Kesimpulannya adalah bahwa negeri yang berbatasan dengan negeri-negeri Islam tetap merupakan negeri Islam.
Maka negeri Islam seperti Indonesia, yang berbatasan dengan negeri Islam lainnya seperti Malaysia.


وَالْعَجِيبُ أَنَّ عُلَمَاءَنَا قَالُوا، وَنَصَّ عَلَى هَذَا أَحْمَدُ فِي مَسَائِلِ ابْنِهِ عَبْدِ اللهِ، وَنَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ فِي "الْأُمِّ"، أَنَّ الْبَحْرَ لَا يَقْطَعُ الْمُتَاخِمَةَ.
يَعْنِي إِذَا وُجِدَ بَيْنَ بَلَدٍ وَآخَرَ بَحْرٌ، فَهَذَا الْبَحْرُ لَا يَقْطَعُ الْمُتَاخِمَةَ.
وَكَذَلِكَ الْفِيَافِي وَالصَّحَارَى وَالْبِلَادُ الشَّاسِعَةُ، فَهِيَ لَا تَقْطَعُ الْمُتَاخِمَةَ.


Yang menarik adalah para ulama kita mengatakan, sebagaimana disebutkan oleh Ahmad dalam Masa'il Abdullah-nya dan oleh Imam Syafi’i dalam Al-Umm, bahwa laut tidak memutuskan keterhubungan wilayah.
Artinya, jika ada laut yang memisahkan dua negeri, laut tersebut tidak memutuskan hubungan antara keduanya.
Demikian pula dengan padang pasir, gurun, atau wilayah yang luas, semua itu tidak memutuskan keterhubungan wilayah.


فَبِلَادُ إِنْدُونِيسْيَا بِلَادٌ مُسْلِمَةٌ.
وَالْحُكْمُ عَلَى الْبَلَدِ: هَلْ هِيَ دَارُ إِسْلَامٍ أَمْ دَارُ كُفْرٍ؟
إِنَّمَا هُوَ بِقَوَاعِدَ.
لَيْسَ الْحُكْمُ مَحْكُومًا بِالْحُكْمِ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ.


Maka Indonesia adalah negeri Muslim.
Penentuan status suatu negeri, apakah darul Islam atau darul kufr, didasarkan pada kaidah-kaidah.
Bukan berarti status tersebut hanya ditentukan berdasarkan penerapan hukum Allah semata.


مَا عَرَفَ أَحَدٌ مِنَ السَّابِقِينَ أَنَّ الدَّارَ تُصْبِحُ دَارَ إِسْلَامٍ بِأَنْ تُحْكَمَ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ.
وَإِنَّمَا عُلِّقَتِ الْبِلَادُ: بِلَادُ إِسْلَامٍ أَوْ بِلَادُ كُفْرٍ بِالْحُكْمِ.


Tidak ada satu pun dari ulama terdahulu yang mengatakan bahwa suatu negeri menjadi darul Islam hanya jika diperintah dengan hukum Allah.
Status suatu negeri sebagai darul Islam atau darul kufr bergantung pada keadaan hukumnya secara umum.


جَمَاعَةُ التَّكْفِيرِ وَالْهِجْرَةِ أَخَذُوهُ مِنْ كَلَامٍ مُوهِمٍ مُبْهَمٍ لِسَيِّدِ قُطْبٍ فِي "ظِلِّ الْقُرْآنِ."
فَالْبِلَادُ بِلَادُ الْإِسْلَامِ، وَالْأَصْلُ فِي مَنْ حَكَمَ بِالْإِسْلَامِ أَنْ يَبْقَى مُسْلِمًا.


Kelompok takfiri dan hijrah mengambil pandangan mereka dari pernyataan yang samar dan ambigu dari Sayyid Qutb dalam tafsirnya Fi Zhilal Al-Qur’an.
Namun, negeri tetap dianggap sebagai negeri Islam, dan seorang pemimpin yang memerintah dengan Islam tetap dianggap Muslim.


وَلِذَا قَالَ الْعُلَمَاءُ: لَوْ أَنَّ رَجُلًا قَالَ قَوْلًا أَوْ فَعَلَ فِعْلًا يَحْتَمِلُ 100 وَجْهٍ، 99 مِنْهَا كُفْرٌ، وَوَاحِدٌ يُحْمَلُ عَلَى الْإِسْلَامِ، فَالْوَاجِبُ عَلَيْنَا أَنْ نَحْمِلَهُ عَلَى الْإِسْلَامِ.


Karena itu, para ulama berkata: Jika seseorang mengucapkan suatu pernyataan atau melakukan suatu perbuatan yang memiliki 100 kemungkinan makna, 99 di antaranya menunjukkan kekufuran, tetapi satu makna dapat ditafsirkan sebagai Islam, maka kewajiban kita adalah menganggapnya sebagai Islam.


وَهَذَا يُعْرَفُهُ مَنْ دَرَسَ التَّارِيخَ دِرَاسَةً مُفَصَّلَةً.
تَحَوَّلَتْ ثَلَاثَةُ دُورٍ مِنْ دَارِ إِسْلَامٍ إِلَى دَارِ كُفْرٍ:
الْأُولَى: الْأَنْدَلُسُ.
الْأَنْدَلُسُ أَصْبَحَتْ الْيَوْمَ إِسْبَانِيَا، وَسُمُّوا بِالْمُورِيسْكِيِّينَ أَوِ الْمُدَجَّنِينَ.


Hal ini akan dipahami oleh mereka yang mempelajari sejarah secara mendalam.
Ada tiga negeri yang berubah dari darul Islam menjadi darul kufr:
Yang pertama adalah Andalusia.
Andalusia kini menjadi Spanyol, dan penduduk Muslimnya disebut Morisco atau Mudéjar.


وَكَانَ بَعْضُ الْمُورِيسْكِيِّينَ مِنْ قُرَيْشٍ، حُمِلُوا بِالْقَتْلِ أَوِ النَّفْيِ، حَتَّى اسْتَطَاعُوا أَنْ يَجْعَلُوا السِّيَادَةَ لِلنَّصْرَانِيَّةِ وَلَيْسَتْ بِلَادَ الْمُسْلِمِينَ.
وَالْبَلَدُ الثَّانِي: أَنْطَاكِيَا، وَالْبَلَدُ الثَّالِثُ: صَارَ سُوص.
لَوْ أَنَّكُمْ قَرَأْتُمْ وَأَنْتُمْ شَافِعِيَّةٌ، مَذْهَبٌ يَقُولُ النَّاسُ شَافِعِيَّةٌ، لَوْ قَرَأْتُمْ فَتْحَ الْعَزِيزِ لِلرَّافِعِيِّ، وَهُوَ شَيْخٌ مِنْ شُيُوخِ الشَّافِعِيَّةِ.


Sebagian Morisco berasal dari suku Quraisy. Mereka diusir dengan cara dibunuh atau diasingkan, hingga mereka berhasil menjadikan dominasi berada di tangan Kristen, bukan di negeri Muslim.
Negeri kedua adalah Antakia, dan negeri ketiga adalah Saarsous.
Jika kalian membaca kitab Fathul Aziz karya Ar-Rafi'i, seorang ulama besar dalam mazhab Syafi'i, kalian akan menemukan penjelasan penting terkait hal ini.


شُيُوخُ الشَّافِعِيَّةِ: إِذَا اتَّفَقَا عَلَى قَوْلٍ فَهُوَ الْمَذْهَبُ.
مَنْ هُمَا؟ الرَّافِعِيُّ وَالنَّوَوِيُّ.
الرَّافِعِيُّ وَالنَّوَوِيُّ.
النَّوَوِيُّ اخْتَصَرَ فَتْحَ الْعَزِيزِ شَرْحَ الْوَجِيزِ.
أَبُو حَامِدٍ الْغَزَالِيُّ كَتَبَ الْوَجِيزَ، وَالْوَسِيطَ، وَالْبَسِيطَ.
وَطُبِعَ الْبَسِيطُ قَرِيبًا.


Ulama mazhab Syafi'i: Jika dua ulama sepakat atas suatu pendapat, maka itulah pendapat resmi mazhab.
Siapa mereka? Ar-Rafi'i dan An-Nawawi.
An-Nawawi merangkum Fathul Aziz, yang merupakan syarah dari kitab Al-Wajiz.
Abu Hamid Al-Ghazali menulis Al-Wajiz, Al-Wasith, dan Al-Basith.
Kitab Al-Basith baru-baru ini diterbitkan.


فَشَرَحَ الرَّافِعِيُّ فَتْحَ الْعَزِيزِ.
وَاخْتَارَ النَّوَوِيُّ فِي رَوْضِ الطَّالِبِينَ مُخْتَصَرًا لِـفَتْحِ الْعَزِيزِ.
وَزَادَ عَلَيْهِ بِقَوْلِهِ: "قُلْتُ".
فَإِذَا قَرَأْتُمْ رَوْضَ الطَّالِبِينَ، وَفِيهِ "قُلْتُ"، فَهَذِهِ "قُلْتُ" وَمَا بَعْدَهَا مِنْ زِيَادَاتِ الْإِمَامِ النَّوَوِيِّ.
وَمَا عَدَا ذَلِكَ: لَخَّصَ فِيهِ كَلَامَ الرَّافِعِيِّ فِي فَتْحِ الْعَزِيزِ.


Ar-Rafi'i menjelaskan kitab Fathul Aziz.
An-Nawawi memilih untuk merangkum Fathul Aziz dalam kitab Raudh At-Talibin, dan menambahkan komentarnya dengan menyatakan: "Saya katakan."
Jika kalian membaca kitab Raudh At-Talibin dan menemukan ungkapan "Saya katakan," maka itu adalah tambahan dari Imam An-Nawawi.
Selain itu, kitab tersebut merangkum pendapat Ar-Rafi'i dalam Fathul Aziz.


لَوْ نَظَرْتُمْ فِي مَبْحَثِ اللَّقِيطِ فِي فَتْحِ الْعَزِيزِ، وَغَيْرِهِمْ مِنْ كُتُبِ الشَّافِعِيَّةِ، قَالُوا: "اللَّقِيطُ فِي رَصُوصٍ وَاللَّقِيطُ فِي أَنْطَاكِيَا".
شُو يَعْنِي "رَصُوصٌ وَأَنْطَاكِيَا"؟
يَعْنِي: بِلَادٌ بَيْنَ الشَّامِ وَبَيْنَ تُرْكِيَا.


Jika kalian meninjau pembahasan tentang anak yang ditemukan (laqith) dalam Fathul Aziz dan kitab-kitab Syafi'iyah lainnya, mereka mengatakan: "Anak yang ditemukan di Rasous dan Antakia."
Apa maksudnya "Rasous dan Antakia"?
Itu berarti negeri yang terletak di antara Syam dan Turki.


الْآنَ، بِلَادٌ بَيْنَ شُو الْمُرَادُ؟
قَالُوا: لَوْ وَجَدْنَا لَقِيطًا فِي بَلْدَةٍ مِنْ هَاتَيْنِ الْبَلْدَتَيْنِ، كَيْفَ نَحْكُمُ عَلَيْهِ؟
قَالُوا: نُعَامِلُهُ مُعَامَلَةَ الْمُسْلِمِ، وَنَحْكُمُ بِالْإِسْلَامِ.
وَإِنْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّهُ لَا يُوجَدُ مُسْلِمٌ فِي هَذِهِ الْبِلَادِ.


Sekarang, apa maksudnya negeri-negeri ini?
Mereka berkata: Jika kita menemukan seorang anak di salah satu dari dua negeri ini, bagaimana kita memutuskan statusnya?
Mereka berkata: Kita memperlakukannya seperti seorang Muslim dan menetapkan statusnya sebagai Muslim, meskipun kita tahu bahwa tidak ada Muslim di negeri tersebut.


لَعَلَّهُ جَاءَ مِنِ امْرَأَةٍ أَمِ وَلَدٍ، وَأَبُوهُ مِمَّنْ هَرَبُوا.
وَالشَّاهِدُ مِنْ إِيرَادِي لِهَذَا الْمِثَالِ: أَنَّهُ مَتَى احْتَمَلَ أَنْ يَكُونَ الْإِنْسَانُ مُسْلِمًا، فَلَا يَجُوزُ لَنَا أَنْ نَنْقُلَهُ إِلَى الْكُفْرِ.


Mungkin saja dia berasal dari seorang wanita (umm walad) dan ayahnya adalah seorang Muslim yang melarikan diri.
Poin utama dari contoh ini adalah: jika terdapat kemungkinan seseorang adalah Muslim, maka tidak diperbolehkan bagi kita untuk memindahkannya ke status kufr.


حَتَّى اللَّقِيطُ.
وَهَذَا كَلَامٌ نَقُولُهُ دِيَانَةً وَفِقْهًا، وَلَا نَقُولُهُ سِيَاسَةً وَلَا لِنُرْضِيَ أَحَدًا أَوْ نُسْخِطَ أَحَدًا.
هَذَا كَلَامُ عُلَمَاءِ.


Bahkan anak yang ditemukan pun demikian.
Dan ini adalah pernyataan yang kita katakan berdasarkan agama dan fiqih, bukan berdasarkan politik, atau untuk menyenangkan atau membuat seseorang marah.
Ini adalah pendapat para ulama.


فَقَالَ عُلَمَاؤُنَا: أَنْ تُخْطِئَ فِي تَكْفِيرِ الْمُسْلِمِ، أَنْ تَجْعَلَهُ مُسْلِمًا، أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ أَنْ تُخْطِئَ فِي نَقْلِ الْمُسْلِمِ إِلَى الْكُفْرِ.


Para ulama kita berkata: Berbuat salah dengan tidak mengkafirkan seorang Muslim dan tetap menganggapnya Muslim lebih disukai oleh Allah daripada berbuat salah dengan memindahkan seorang Muslim ke status kufr.


فَمَتَى وُجِدَ احْتِمَالُ الْإِسْلَامِ، فَالْأَصْلُ أَنْ نُلْقِيَ النَّاسَ عَلَى الْإِسْلَامِ، وَلَيْسَ عَلَى الْكُفْرِ.
فَلَسْنَا مَطْلُوبًا مِنَّا أَنْ نَبْحَثَ عَنْ عُيُوبِ النَّاسِ.


Ketika terdapat kemungkinan seseorang adalah Muslim, maka asalnya adalah kita menganggap mereka sebagai Muslim, bukan sebagai kufr.
Kita tidak diminta untuk mencari-cari kesalahan orang lain.


مَعَ مُرَاعَاةِ أَنَّ هَذَا أَمْرٌ، وَلِلْأَسَفِ طُلَّابُ الْعِلْمِ يَغْفُلُونَ عَنْ الْأَحْكَامِ الدُّنْيَوِيَّةِ غَيْرِ الْأَحْكَامِ الْأُخْرَوِيَّةِ.
وَاضِحٌ؟ أَبْسِطْ؟ طَيِّبٌ، أَبْسِطْ.
انْتَبِهْ، تَكَلَّمَ فِي مَسَائِلِ دَقِيقَةٍ.


Namun harus diingat bahwa ini adalah masalah yang, sayangnya, sering diabaikan oleh para penuntut ilmu, yaitu perbedaan antara hukum duniawi dan hukum ukhrawi.
Jelas? Perlu saya sederhanakan? Baiklah, saya akan sederhanakan.
Perhatikan, ini adalah pembahasan tentang masalah-masalah yang sangat rinci.


وَمُهِمَّةٌ، قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي أَوَاخِرِ الْأَحْزَابِ:
{إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا}.
قَالَ اللهُ بَعْدَهَا:
{لِيُعَذِّبَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْمُشْرِكِينَ وَالْمُشْرِكَاتِ وَيَتُوبَ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا}.


Dan penting, Allah Ta’ala berfirman di akhir Surah Al-Ahzab:
"Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikulnya dan mereka takut akan amanah itu, lalu amanah itu dipikul oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan bodoh."
Kemudian Allah berfirman:
"Supaya Allah mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, serta orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan, dan supaya Allah menerima tobat orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


أَقْسَامُ النَّاسِ الْمِلِّيَّةِ ثَلَاثَةٌ، لَا أَرْبَعَةَ.
وَهَذَا مَذْهَبُ الْقُرْآنِ، وَهَذَا كَلَامُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، خِلَافًا لِلْخَوَارِجِ وَخِلَافًا لِلْمُعْتَزِلَةِ.
تَأَمَّلِ الْآيَاتِ. لَمَّا حَمَلَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ الْأَمَانَةَ فَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ، وَوَصَفَهُ اللهُ تَعَالَى بِأَنَّهُ ظَلُومٌ جَهُولٌ.
فَقَسَّمَ أَصْنَافَ مَنْ حَمَلَ الْأَمَانَةَ.


Manusia berdasarkan agama terbagi menjadi tiga kelompok, bukan empat.
Ini adalah mazhab Al-Qur’an, dan ini adalah sabda Nabi ﷺ, berbeda dengan pandangan Khawarij dan Mu’tazilah.
Perhatikan ayat-ayatnya: Ketika Allah menawarkan amanah dan manusia memikulnya, Allah menggambarkannya sebagai zalim dan bodoh.
Kemudian Allah membagi kelompok-kelompok orang yang memikul amanah tersebut.


فَالصِّنْفُ الْأَوَّلُ: مَنْ حَمَلَهَا فِي الظَّاهِرِ دُونَ الْبَاطِنِ.
فَقَالَ اللهُ عَنْهُمْ: {لِيُعَذِّبَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ}.
الْمُنَافِقُ: كَيْفَ يُعَامَلُ فِي الدُّنْيَا؟ مُؤْمِنٌ.
وَالْمُؤْمِنُ مُنَافِقٌ.
وَكَيْفَ يُعَامَلُ فِي الْآخِرَةِ؟
{إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ}.


Kelompok pertama: Mereka yang memikul amanah secara lahiriah tetapi tidak secara batiniah.
Allah berfirman tentang mereka: "Supaya Allah mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan."
Bagaimana orang munafik diperlakukan di dunia? Sebagai orang beriman.
Namun, di akhirat mereka diperlakukan sebagai orang munafik:
"Sesungguhnya orang-orang munafik berada di tingkat yang paling bawah dari neraka."


لَكِنْ كَيْفَ نُجْرِي الْأَحْكَامَ عَلَى الْمُنَافِقِ فِي الدُّنْيَا؟
نُجْرِي عَلَيْهِ أَحْكَامَ الْإِسْلَامِ.
أَحْكَامُ الْكُفْرِ.
إِذًا، أَحْكَامُ الْإِسْلَامِ وَأَحْكَامُ الْكُفْرِ: تَنْفَكُّ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ أَوْ لَا؟
تَقْبَلُ الْإِنْفِكَاكَ.


Namun, bagaimana kita menetapkan hukum terhadap orang munafik di dunia?
Kita memberlakukan hukum Islam kepada mereka.
Hukum kekufuran tidak diberlakukan kepada mereka.
Jadi, hukum Islam dan hukum kufr: apakah keduanya dapat terpisah antara dunia dan akhirat?
Ya, keduanya dapat terpisah.


الصِّنْفُ الثَّانِي: لَمَّا ذَكَرَ اللهُ الْأَمَانَةَ، قَالَ: {لِيُعَذِّبَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْمُشْرِكِينَ وَالْمُشْرِكَاتِ}.
مَنْ رَدَّ الْأَمَانَةَ فِي الظَّاهِرِ وَالْبَاطِنِ.


Kelompok kedua: Ketika Allah menyebut amanah, Dia berfirman: "Supaya Allah mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, serta orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan."
Mereka adalah orang-orang yang menolak amanah, baik secara lahiriah maupun batiniah.


الصِّنْفُ الثَّالِثُ: تَأَمَّلْ مَعِي، مَاذَا قَالَ اللهُ عَنِ الصِّنْفِ الثَّالِثِ؟
{وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ}.
لَا فِي مَنْزِلَةٍ بَيْنَ مَنْزِلَتَيْنِ كَمَا يَقُولُ الْمُعْتَزِلَةُ.


Kelompok ketiga: Perhatikan bersama saya, apa yang Allah katakan tentang kelompok ketiga?
"Dan supaya Allah menerima tobat orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan."
Tidak ada posisi di antara dua posisi seperti yang dikatakan oleh Mu’tazilah.


وَلَا يُوجَدُ أَنَّ الْمُؤْمِنَ أَنَّ الْكَبِيرَةَ تُكَفِّرُ.
لَوْ كَانَتِ الْكَبِيرَةُ تُكَفِّرُ، مَا قَالَ اللهُ: {وَيَتُوبُ}.
قَالَ: {وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ}.


Tidak benar bahwa dosa besar membuat seseorang menjadi kafir.
Jika dosa besar membuat seseorang menjadi kafir, Allah tidak akan berfirman: "Dan supaya Allah menerima tobat."
Allah berfirman: "Dan supaya Allah menerima tobat orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan."


فَأَصْنَافُ النَّاسِ الْمِلِّيَّةِ ثَلَاثَةٌ لَا أَرْبَعَةَ.
الْكَبَائِرُ لَيْسَتْ صِنْفًا.
أَصْحَابُ الْكَبَائِرِ دَاخِلُونَ فِي: {وَيَتُوبُ اللَّهُ}.


Maka, kelompok manusia berdasarkan agama hanya tiga, bukan empat.
Pelaku dosa besar bukanlah kelompok tersendiri.
Mereka yang melakukan dosa besar termasuk dalam firman Allah: "Dan supaya Allah menerima tobat."


لِأَنَّكَ فِي أَمْرِ الْكَبِيرَةِ، صَاحِبُ الْكَبِيرَةِ أَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ.
لَا نُكَفِّرُهُ.
إِنْ عَامَلَهُ بِعَدْلِهِ هَلَكَ.
عَذَّبَهُ فِي النَّارِ، وَلَمْ يُخَلَّدْ فِيهَا.
وَإِنْ عَامَلَهُ بِفَضْلِهِ، نَجَا.


Karena mengenai pelaku dosa besar, urusannya diserahkan kepada Allah.
Kita tidak mengkafirkannya.
Jika Allah memperlakukannya dengan keadilan-Nya, ia akan binasa.
Ia akan disiksa di neraka, tetapi tidak kekal di dalamnya.
Namun, jika Allah memperlakukannya dengan rahmat-Nya, ia akan selamat.


فَأَصْحَابُ الْكَبَائِرِ يَدُورُونَ بَيْنَ الْعَدْلِ وَالْفَضْلِ.
أَصْحَابُ الْكَبَائِرِ يَدُورُونَ بَيْنَ مُعَامَلَةِ اللَّهِ لَهُمْ بِالْعَدْلِ، أَوْ مُعَامَلَةِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لَهُمْ بِالْفَضْلِ.


Maka, pelaku dosa besar berada di antara keadilan dan rahmat Allah.
Mereka berada di antara diperlakukan oleh Allah dengan keadilan-Nya, atau diperlakukan dengan rahmat dan kemurahan-Nya.


{وَيَتُوبُ اللَّهُ}... الْمُعْتَزِلَةُ خِلَافًا لِذَلِكَ.


Firman Allah: "Dan supaya Allah menerima tobat..."
Berbeda dengan pandangan Mu’tazilah.


لَا نَحْكُمُ بِكُفْرِ النَّاسِ.
نَحْكُمُ لِمَنْ قَالَ: "لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ" بِإِسْلَامِهِ.
وَلَكِنَّ إِنْسَانًا زِنْدِيقًا لَمْ يَفْعَلْ شَيْئًا مِنْ خَيْرٍ، وَلَا يُحِبُّ هَذِهِ الْكَلِمَةَ، هَذَا أَمْرٌ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ.
فَعَدَمُ الْفِطْنَةِ إِلَى اشْتِبَاكِ حُكْمِ الدُّنْيَا عَنْ حُكْمِ الْآخِرَةِ سَبَبٌ مِنْ أَسْبَابِ انْتِشَارِ التَّكْفِيرِ وَالْجَرِّ عَلَى التَّكْفِيرِ.


Kita tidak menghukumi seseorang sebagai kafir.
Kita menghukumi Muslim bagi siapa saja yang mengucapkan "La ilaha illallah."
Namun, seseorang yang zindik, tidak melakukan satu pun kebaikan, dan tidak mencintai kalimat tersebut, urusannya diserahkan kepada Allah عز وجل.
Kurangnya pemahaman tentang perbedaan antara hukum dunia dan hukum akhirat menjadi salah satu penyebab tersebarnya fenomena takfir (mengkafirkan orang lain) dan dorongan kepada takfir.


وَبَعْضُ النَّاسِ التَّكْفِيرِيِّينَ أَصْنَافٌ.
بَعْضُ النَّاسِ أَبْلَهُ، يَقُولُ: "كُلُّ مُوَظَّفِ دَوْلَةٍ كَافِرٌ.
لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، الْمُدَرِّسُ كَافِرٌ."
بَعْضُهُمْ يَقُولُ: "إِمَامُ الْمَسْجِدِ كَافِرٌ."
نَعُوذُ بِاللهِ، نَعُوذُ بِاللهِ.


Sebagian orang takfiri (yang gemar mengkafirkan) terbagi menjadi beberapa golongan.
Ada yang bodoh dan berkata, "Setiap pegawai negara adalah kafir."
Ada yang berkata, "Guru adalah kafir."
Bahkan ada yang berkata, "Imam masjid adalah kafir."
Kita berlindung kepada Allah, kita berlindung kepada Allah dari ucapan seperti itu.


فَسُؤَالُكَ يَا أَخِي، بَارَكَ اللهُ فِيكَ:
لَيْسَ هُنَاكَ ارْتِبَاطٌ بَيْنَ الشَّرِيعَةِ الَّتِي يُحْكَمُ فِيهَا النَّاسُ، وَبَيْنَ كَوْنِ الدَّارِ دَارَ إِسْلَامٍ أَوْ دَارَ كُفْرٍ.
شَخْصٌ أَمْرُهُ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، مَا دَامَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ وَيَقُولُ: "لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ"، فَهُوَ مُسْلِمٌ.
هَذَا حُكْمُنَا عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا، وَهُوَ يُفْضِي إِلَى اللهِ، وَاللهُ هُوَ الَّذِي يُحَاسِبُهُ.


Maka pertanyaan Anda, wahai saudaraku, semoga Allah memberkahi Anda:
Tidak ada keterkaitan langsung antara penerapan syariat dalam pemerintahan dengan status suatu negeri sebagai darul Islam atau darul kufr.
Seseorang yang tetap mengucapkan "La ilaha illallah" adalah seorang Muslim, dan status itu yang kita tetapkan di dunia.
Namun, urusannya diserahkan kepada Allah, karena hanya Allah yang akan menghisabnya.


وَارْتَحْنَا وَخَلَاصٌ.
أَمَّا أَنْ نَدْخُلَ فِي التَّفَاصِيلِ وَالدَّقَائِقِ، وَبَعْضُ النَّاسِ يُكَلِّمُ عَنِ الْحُكَّامِ كَأَنَّهُ عَايِشٌ مَعَهُمْ 24 سَاعَةً، وَيَعْرِفُ إِنَّهُ يُصَلِّي أَوْ لَا يُصَلِّي.
وَإِذَا رَآهُ يُصَلِّي، يَقُولُ: "لَا لَا لَا، هَذَا يُصَلِّي بِدُونِ وُضُوءٍ."
مَا أَدْرَاكَ؟ تَعْلَمُ الْغَيْبَ؟ مَا أَدْرَاكَ؟
احْمَدْ رَبَّكَ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّ حَاكِمَكَ يُصَلِّي.


Dan kita merasa lega dengan hal ini, selesai.
Adapun jika kita ingin masuk ke dalam detail-detail yang rumit, ada sebagian orang berbicara tentang para pemimpin seolah-olah mereka hidup bersama mereka 24 jam sehari dan mengetahui apakah mereka shalat atau tidak.
Bahkan jika melihat mereka shalat, mereka berkata, "Tidak, tidak, dia shalat tanpa wudhu."
Bagaimana Anda tahu? Apakah Anda mengetahui yang gaib?
Bersyukurlah kepada Rabbmu bahwa pemimpinmu shalat.


احْمَدْ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ فِي السَّفَرَاتِ الْمَاضِيَةِ.
لَعَلَّهُ هَذِهِ سَفْرَةٌ رَقْمُ 21 أَوْ 22 فِي إِنْدُونِيسْيَا.
كُنَّا فِي سَرَايَا أَعْلَى الْمَسْؤُولِينَ فِي الشُّرْطَةِ وَالْجَيْشِ وَالْأَمْنِ.
جَزَاهُمُ اللهُ خَيْرًا، لَمَّا كَانَ رَبَّانِيًا يَسْتَقْبِلُنَا وَيُكْرِمُنَا، وَيَحْتَفِلُ وَيَفْرَحُ بِنَا.
جَزَاكُمُ رَبِّي خَيْرًا.


Bersyukurlah kepada Allah عز وجل atas perjalanan-perjalanan sebelumnya.
Mungkin ini adalah perjalanan ke-21 atau ke-22 saya di Indonesia.
Kami bertemu dengan para pejabat tertinggi di kepolisian, militer, dan keamanan.
Semoga Allah membalas mereka dengan kebaikan, ketika mereka menerima kami dengan ramah, menghormati, merayakan, dan bergembira bersama kami.
Semoga Allah membalas kebaikan Anda semua.


هَذَا شَأْنُ الْمُسْلِمِ.
أَصِيرُ أَدُورُ عَلَى قَلْبِهِ وَأَصِيرُ مَكَانَ اللهِ جَلَّ فِي عُلَاهُ؟
وَأَفْتِّشُ؟
إِذَا أَرَدْتَ تَدْخُلُ فِي الْبَاطِنِ، الْعَابِدُ تُجْعَلُهُ مُنَافِقًا.
لَيْسَ لَكَ الْبَاطِنُ.
الْبَاطِنُ لَيْسَ إِلَيْكَ.


Inilah sikap seorang Muslim.
Apakah saya harus mencari-cari isi hatinya dan menggantikan posisi Allah سبحانه وتعالى?
Haruskah saya menggeledah batinnya?
Jika Anda mencoba masuk ke dalam batinnya, Anda bisa saja menjadikannya munafik.
Batin seseorang bukan urusan Anda.
Batin adalah urusan Allah, bukan urusan Anda.


وَاحِدٌ مِنَ الْحُضُورِ، الْإِخْوَةِ الْفُضَلَاءِ، ابْتُلِيَ بِخَصْمٍ لَهُ.


Salah satu dari yang hadir, seorang saudara yang mulia, sedang diuji dengan adanya seseorang yang menjadi musuh baginya.


قَالَ: "هَذَا يَجِي يُحْضِرُ الدَّرْسَ، مَا بَدُّهُ الدَّرْسَ."
شُو مَا أَدْرَاكَ؟ "بَدُّهُ الدَّرْسَ، وَدَّكَ الدَّرْسَ؟"
لِمَاذَا دَخَلَ؟ وَلِمَاذَا؟ وَلِمَ شُ؟
فِي هَذِهِ الْمَسَالِكِ الصَّعْبَةِ الَّتِي لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا اللهُ، لَيْسَ هَذَا عَمَلَكَ.
الظَّاهِرُ: جَاءَ يُصَلِّي، وَيُسَجِّلُ، وَيَدْرُسُ.
الْحَمْدُ لِلَّهِ، هُوَ بِخَيْرٍ. رَيِّحْ رَأْسَكَ.


 Dia berkata: "Orang ini datang menghadiri pelajaran, tetapi dia tidak menginginkan pelajaran."
Bagaimana kamu tahu? "Dia ingin pelajaran atau tidak, itu urusan dia."
Kenapa dia datang? Untuk apa? Apa alasannya?
Jangan masuk ke ranah yang sulit dipahami, yang hanya diketahui oleh Allah. Itu bukan tugasmu.
Yang terlihat adalah: dia datang untuk shalat, mencatat, dan belajar.
Alhamdulillah, dia baik-baik saja. Tenangkan pikiranmu.


أَنْتَ تَظُنُّ أَنَّ اللهَ لَنْ يُعَذِّبَهُ وَلَنْ يُحَاسِبَهُ إِنْ كَانَ مُبْطِلًا؟
اتْرُكِ الْأَمْرَ لِلَّهِ، فَالْأَصْلُ فِي النَّاسِ الْإِسْلَامُ.
 


 Apakah kamu berpikir bahwa Allah tidak akan menghukumnya dan tidak akan menghisabnya jika dia salah?
Serahkan urusan itu kepada Allah, karena asalnya manusia adalah Islam.

Bersambung InSya Allah
Zaki Rakhmawan Abu Usaid
Di Ma’had IHBS Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar