Kamis, 20 Juni 2013

SALAF DAN KHOUF

Allah Ta'ala berfirman, "Sungguh, orang-orang yang takut akan(adzab) Tuhannya, mereka berhati-hati. Dan mereka yang beriman dengan ayat-ayat Tuhannya. Dan mereka tidak mempersekutukan Tuhannya. Dan mereka yang bersedekah dengan hati penuh rasa takut (karena tahu) bahwa mereka akan kembali kepada Tuhannya. Mereka itu bersegera dalam kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang orang pertama menempuhnya". (QS.AlMukminun: 57-61).

'Aisyah suatu hari menanyakan ayat ini kepada Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, "Apakah mereka itu para peminum khomer, para pezina, para pencuri?" Maka dijawab, "Bukan itu wahai putri As-Sidik. Akan tetapi mereka orang-orang yg senantiasa puasa, menegakkan sholat, bersedekah, dan khawatir amal mereka tidak diterima, dengan itu mereka terus menerus berlomba dan bersegera dalam kebajikan". (HR.Tirmidzy).

Orang yang senantiasa takut kepada Allah adalah orang yang paling kenal terhadap Tuhannya. Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Demi Allah sesungguhnya aku adalah manusia yang paling kenal kepada Allah dan paling khosyah(takut) kepada-Nya". (HR.Bukhary-Muslim).

Berkata Imam Syafi'i, "Sesungguhnya manusia yang 'alim adalah yang paling khosyah(takut) kepada Allah Azza wa Jalla. Kemudian membaca firman Allah: "Sesungguhnya hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah para Ulama". (QS.Al-Fathir: 28)

Berkata 'Aisyah, bahwa Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bila mendengar hembusan angin kencang dan berubahnya cuaca, beliau khawatir dan masuk-keluar kamar karena takut akan adzab Allah turun. (HR.Bukhary-Muslim).

Diceritakan bahwa Sahabat Abu Bakar radhiyallahu 'anhu bila berdiri sholat tak bergerak seolah bongkahan kayu, dikarenakan khosyah kepada Allah. Diceritakan bahwa Sahabat Umar radhiyallahu 'anhu tatkala berdiri sholat membaca surat At-Thuur beliau menangis hinga sakit dan dijengguk para sahabat. Diceritakan Bahwa Sahabat Utsman radhiyallahu 'anhu bila ia berdiri dalam acara penguburan beliau menangis hingga membasahi jengotnya.

2 komentar: